Senin, 02 Desember 2019

10 NEGARA TERKAYA DI DUNIA TAHUN 2019, DUA DARI ASIA.


NusanTaRa.Com
byAsnISamandaK,  02/12/2019

 
Kekayaan sumberdaya alam suatu Negara dan Kemapanan sumberdaaya manusianya akan sangat menentukan tingkat kesejahteraan suatu Negara.   Pengelolaan sumberdaya alam dengan baik serta kemampuan sumberdaya manusia tentunya akan melahirkan suatu peluang hidup dan sirkulasi ekonomi yang lebih sejahtera dan Negara dengan kemampuan tersebut yang terbaik tentunya akan menjadi deretan Negara terkaya di muka dunia dengan capaian berbagai kemajuan bukan Cuma dibidang ekonomi tetapi juga keamanan, kesejahteraan, kemanusian dan sebagainya.

10 Negara Terkaya di Dunia 2019 Pendapatan per Kapita Super Tinggi

Pergerakan ekonomi di tahun 2019  yang cukup dinamis d dunia membuat beberapa negara mengalami penurunan dan kenaikan posisi negara terkaya di dunia.    Perlu diketahui, gelar negara terkaya di dunia ini dinobatkan berdasar besaran pendapatan per kapita negara tersebut.   Pendapatan per kapita adalah hasil pembagian dari pendapatan negara dengan jumlah penduduknya.

Tahun 2019 ini di Negara di kawasan Asia Tenggara cukup beruntung karena salah satu negaranya termasuk dalam daftar 10 negara terkaya di dunia,  bermakna Negara tersebut dengan segenap potensi sumberdayanya mampu mencapai satu tingkat pendapatan yang tinggi dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa sebutan negara terkaya bergantung pada besaran pendapatan rata-rata penduduknya. Dilansir dari World Population Review, berikut 10 negara terkaya di dunia tahun 2019 dengan pendapatan per kapita yang super tinggi.

10. Australia (US$58.824)

Tahun 2019 negara Australia berada di posisi nomor 10 negara terkaya dengan  sumber penghasilan terbesar negara diperoleh daari hasil industri tambang, produksi wool, dan hasil perkebunan seperti anggur.    Meskipun kita ketahui bahwa ekonomi negeri Kangguru tahun ini sedang sedikit mengalami kemerosotan,  namun pendapatan per kapitanya masih terbilang tinggi dan masuk daftar Negara torkaya.  

9. Singapura (US$62.690)

Ternyata negara pulau kecil di Asia Tenggara ini memiliki keunggulan lebih dalam hal pendapatan per kapitanya dibandingkan negara maju lain yang lebih besar dan maju seperti Jepang, Tiongkok dan Korea.

Dengan  posisinya yang strategis Singapura menjadi Negara dengan aktipitas perdagangan yang maju,    Singapura selalu dijadikan tempat transit kapal-kapal pengiriman barang internasional dan distribusi ekonomi yang efektip.  Ini menjadikannya negara terkaya di dunia urutan ke-9 tahun ini. Singapura maju berkat perputaran uang yang cepat di bidang pariwisata, properti, dan logistik.

8. Denmark (US$63.434)

Good Government yang berjalan di negara Denmark sehingga  tidak ditemukan adanya kasus korupsi di Pemerintahan Denmark telah menjadi satu faktor pendorong kemajuan salah satu Negara Skandinavia ini dalam meraih kemajuan ekonomi.   Negara yang memiliki musim yang ekstrim ini justru dikenal makmur meskipun tidak memiliki kekayaan alam yang melimpah, semua ini tak lepas dari kualitas pendidikan Denmark yang baik dan melahirkan kualitas SDM-nya pun tinggi.

7. Amerika Serikat (US$64.906)

Pasar finansial AS yang kuat dan begitu mempengaruhi perekonomian dunia  serta cadangan mata uang global banyak diinvestasilan dalam dolar AS, membuat Negara perekonomian Negara ini kuat.    Dominasi  yang kuat negara Adidaya sekelas Amerika Serikat (AS)  membuat kita tak kaget dengan kemajuan Negara ini,   tahun ini AS menduduki peringkat ke-7 negara terkaya.

6. Qatar (US$65.062)

Qatar yang dulunya adalah negara miskin dan kering, namun setelah tahun 1930-an, salah satu Negara kecil di Timur Tengah ini menemukan sumber kekayaan minyak yang berlimpah di tanahnya, yang berdampak pada Transformasi kondisi perekonomian secara besar-besaran  dan sekarang Negara ini patut diacungi Jompol.   Buntut dari pertumbuhan itu membuat Qatar menjadi negara terkaya di dunia. Kini, bidang pariwisata dan properti juga mendorong kemakmuran Qatar.

5. Islandia (US$78.181)

Negara kecil  di tengah  Samudera Atlantik Benua Eropa ini masuk di posisi ke-5 negara terkaya di dunia,  dengan luas yang lebih kecil berbanding Pulau Jawa, Islandia mampu unggul di bidang perikanan dan peternakan, serta produk aluminum.   Islandia menjadi pemenuh kebutuhan produk ikan yang cukup penting untuk Belanda, Inggris, Spanyol, Jerman, dan Perancis.

4. Irlandia (US$81.477)

Beberapa sektor perekonomian membuat Irlandia unggul menjadi salah satu negara terkaya di dunia,   seperti bidang pelayanan, manufaktur, distribusi dan transportasi.   Selain itu, sektor perbankan dan produk farmasi, komputer, elektronik dan makanan juga terus dikejar Irlandia sebagai langkah untuk meningkatkan kondisi perekonomian mereka.

3. Swiss (US$83.832)

Kegiatan perekonomian di Swiss dikenal sangat modern karena melibatkan teknologi canggih, serta pertumbuhan  sektor perbankan di negara yang berdekatan dengan Perancis ini juga cukup baik.  Tingkat pengangguran di Swiss yang sangat rendah membuat SDM-nya sangat produktif ,  sehingga memiliki pendapatan rata-rata yang cukup tinggi.

2. Norwegia (US$86. 362)

Industri perikanan, minyak bumi dan gas alam dengan nilai tinggi membuatnya memiliki pendapatan per kapita tinggi,   Norwegia selalu masuk dalam jajaran negara terkaya di dunia dari tahun ke tahun.   Sumber daya alam Norwegia melimpah karena letaknya yang berada di Semenanjung Skandinavia yang berbatasan langsung dengan laut.

1. Luksemburg (US$119.719)

Sektor perekonomian yang paling terkenal di sini adalah perbankan dan industri baja dengan  rata-rata penduduknya memiliki penghasilan sebesar Rp29 juta per bulannya.  Wah, tertarik untuk bekerja di negara ini ?.   Meski terbilang sebuah Negara kocil, Luksemburg di Eropa Barat  tetapi dengan  jumlah penduduknya yang sedikit yang didominasi oleh imigran dari berbagai negara, mereka mencapai kemakmuran yang sangat berarti.


Hidup kaya tujuan LaDollah menjadi TKI,
10 Negara terkaya di dunia edisi tahun 2019 ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...