Minggu, 08 Desember 2019

MABUHAY DI FILIPINA !, DUTERTE MERESMIKAN SEA GAMES 30 2019 DENGAN SEDERHANA



NusanTaRa.Com
byPunGKadA,  30/11/2019

 
Opening Ceremonial  SEA Games ke 30 tahun  2019 dilangsungkan di dalam gedung serbaguna diikuti sekitaar  53 ribu penonton di Philippine Arena, Bulacan, Sabtu (30/11/2019).   Untuk kali pertama, opening ceremony SEA Games dilangsungkan di gedung tertutup dan pesta olahraga bangsa-bangsa se Asia Tenggara dibuka langsung Presiden Filipina, Rodrigo Duterte.   "  Saya menyatakan dibuka SEA Games 2019 untuk merayakan olahraga Asia Tenggara, Mabuhay Kayong Lahat!  ",  Ujar SiDin Duterte saat menyampaikan tanda SEA Games dimulai.

Kedatangan Duterte  di acara Seremoni pembukaan pesta  dimulai pukul 19.00 WIB  dengan  mengenakan kemeja putih, kehadirannya langsung disambut warga yang hadir di arena.    Menyanyikan lagu kebangsaan Filipina, Lupang Hinirang sebagai pembuka acara, yang dibawakan penyanyi populer, Lani Misalucha,  diikuti dengan penampilan tarian tradisional penduduk Maranou di bagian selatan Filipina, yakni singkil dance serta sejumlah hiburan lainnya.

Defile atlet. masing-masing kontingen mengitari panggung besar dengan diiringi tarian,   dimulai  barisan dari Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Singapura, Thailand, Timor Leste, Vietnam, hingga yang paling terakhir kontingen tuan rumah, Filipina.    Mereka berjalan dengan didampingi dua orang pembawa Arc, merupakan tanda seperti pigura yang  biasanya digunakan untuk  perayaan yang dilakukan setiap Mei untuk memperingati Bunda Maria, Santacruzan.


Pembukaan pesta olahraga yang mempertandingkan 529 nomor dari 56 cabang olahraga terkesan sangat sederhana  hamper  tidak ada multimedia yang membuat kita kagum. Tidak ada teknologi yang membuat pertunjukan terlihat modern. Bahkan dentuman musik dan permainan tata cahaya pun tidak ada istimewahnya.    Kemeriahan SEA Games  terasa sederhana  setelah kontingen Filipina hadir di panggung  mengenakan kemeja putih dengan kerah bergambar bendera Filipina diiringi lagu Manila, Manila yang dinyanyikan  bersama para penonton yang menyaksikan sambil  berjoget.  Serta  Presiden Filipina Duterte ikut berdiri  bernyanyi  sambil  berjoget. Duterte duduk berdampingan dengan Sultan Brunei, Hassanal Bolkiah, yang juga ikut menikmati acara tersebut.

Logo SEA Games 2019,   menurut Ketua Panitia Penyelenggar SEA Games 2019  Alan Peter Cayetano,  dirancang oleh biro iklan terkemuka di Hong Kong.   Peluncuran logo ini sempat menuai protes dari warganet yang tidak menyukai bentuknya dan meminta desain ulang  mereka  menyamakan logo SEA Games seperti potongan-potongan karet gelang yang disatukan secara serampangan dan bentuk yang ambigu.

"  Logo terbaik adalah yang dapat digambar oleh siswa kelas 5 dan siswa kelas 4  ",  Ujar SiDin Cayetano membela desain tersebut, pada sebuah wawancara tahun 2018.   Cayetano menjelaskan, makna logo SEA Games 2019 itu berarti dalam setiap pertandingan yang dimainkan, setiap peserta adalah satu, meskipun menang atau kalah.  "  Logo kami merupakan 11 lingkaran yang mewakili 11 negara yang terikat bersama dalam bentuk Filipina untuk melambangkan, di mana pun dan kapan pun permainan dimainkan, kami adalah satu dan kami menang sebagai satu  ",   Ujar SiDin  Cayetano.

Abraham N. Tolentino, NOC Filipina, menyampaikan terimakasih atas kehadiran seluruh kontingen dari negara peserta. Dia juga memberikan apresiasinya kepada para stakeholder yang membantu sampai acara SEA Games bisa berlangsung. Multievent olahraga bangsa-bangsa Asia Tenggara itu sempat dikabarkan tidak jadi digelar karena kondisi ekonomi.

"  Malam ini seluruh delegasi dari negara peserta telah datang untuk berpartisipasi. Selamat malam di Filipina. Saya ingin berterima kasih untuk seluruh pihak yang sudah bekerja keras sampai ajang SEA Games ini bisa terlaksana. Kepada seluruh volunter, seluruh panitia, atlet. Kamu membuat negaramu bangga. Lebih dari itu, semangat tetap dikedepankan  ", Ujar SiDin Abraham dalam sambutannya.

"  Setelah 14 tahun kami menjadi tuan rumah lagi untuk ajang SEA Games 2019. Kami berterima kasih kepada Presiden Duterte yang telah mendukung dan menjadikan kita sebagai tuan rumah terbesar dan terbaik dalam sejarah penyelenggaraan SEA Games  ",  Ujar SiDin laji.  Menambahkan "  Olahraga membuat kita bersama berdiri. Kita bisa mendapat pengalaman, jadi bukan hanya olahraga tapi lebih dari itu. We Win as One. Welcome to the Filipina, Mabuhai  ". 

Api kaldron semangat Sea Games 2019 dinyalakan di lokasi yang berbeda, di Clark Stadium 88 km dari caldron utama.   Atlit kebanggaan Filipina Manny Pacquiao dan Nesthy Pelecio yang bertugas menyalakan caldron di ikuti penyalaan pesta kembang Api distadion secara meriah hingga keatas atap bubungan stadion terang benderang dan gemuruh letupan kembang api.

 
Manusia karet gelang mascot Sea Games,
Olah raga membuat kita berdiri bersama di Sea Games.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERUNG TAKOKAK PERDU YANG NYAMAN DI LALAP, BERKHASIAT DALAM MENYEMBUHKAN ASAM URAT DAN PENYAKIT LAINNYA.

NusaNTaRa.Com      byAsnISamandaK,            S    e    l    a    s    a,       0    7        M     e     i       2    0    2    4 Perdu...