Kamis, 26 Desember 2019

ENRIQUE MALUKU PUTRA MALUKU TERNYATA PENGELILING DUNIA PERTAMA


NusanTaRa.Com
byBahrIHasupiaN,  08/12/2019


Hampir semua orang akan akan menjawab pertanyaan,  Pengeliling Dunia Pertama adalah Christopher Columbus, Vasco de Gama,  Magellan atau Sbastian de Elcano.     Tapi Said Assagaff menjawab lain dari yang lain, orang yang pertama kali mengelilingi dunia bukanlah Christoper Collumbus dari bangsa Eropa, tetapi putra Indonesia asal Maluku yang bernama Enriko Maluku.   "  Insya Allah, tidak lama lagi akan terbit satu buku karya Tantowi Yahya tentang Enriko Maluku, pengeliling dunia pertama, seorang Putra Maluku, orang Indonesia  ",  Ujar SiDin Said Assagaff Gubernur Maluku,  Sabtu (19/7/2014).

Di abad ke 14 dan 15, para penjelajah Eropa memang tengah berburu rempah-rempah langsung ke negara penghasilnya. Maluku dikenal sebagai kawasan penghasil rempah-rempah.   Portugal dan Spanyol, dua negara yang di masa keemasannya membagi bumi menjadi dua bagian untuk mereka dengan berlomba  mengirim penjelajah terbaik mereka mencari rute pelayaran untuk menemukan daerah penghasil rempah rempah yang memiliki harga sangat tinggi di eropah sehingga siapa yang menguasai Rempah ia menguasai eropah atau danien.
Sejumlah literatur dan pakar di perguruan tinggi Eropa telah menuliskan fakta-fakta tentang Enriko Maluku sebagai pengeliling dunia pertama.   "  Saya sendiri yang akan memberikan kata pengantar dalam buku itu. Ini fakta sejarah. Kesaksian serupa diberikan sejumlah tokoh Vatikan  "Ujar SiDin Said Assagaff.    Enrico adalah putra Maluku, bahkan keturunannya masih hidup hingga saat ini dinegara seperti Malaysia dan Filipina bahkan mereka mengklaim bahwa Enriko adalahwarga negaranya.

Buku karya Helmy Yahya dan Reinhard R Tawas meguatkan fakta historis itu dengan mengungkapkan bahwa  orang pertama yang berhasil berlayar mengelilingi lingkaran bumi adalah Enrique Maluku  dari Indonesia meski dalam pelayaran itu ia tidak bertindak sebagai kapten melainkan pendamping tidak seperti penjalajah lain yang memimpin pelayaran .   Adapun Pengeliling dunia bangsa Eropa yang sukses mengelilingi lingkaran bumi hanya Sebastian de Elcano  dan itupun ia capai  17 bulan setelah pencapaian Enrique.

Diperkirakan Enrique Maluku lahir pada tahun 1494,   sekitar tahun 1503 dia berlayar dari Ambon ke Palembang  sebagai titik awal pelayarannya  bertualang mengelilingi bumi.   Sekitar tahun 1509/1510 ia berlayar dari Pelembang ke Malaka dan sempat bekerja pada Sultan Mahmud Syah.     Portugis di bawah pimpinan Alfonso DAlbuquerque menaklukkan Malaka dan  saat pengepungan Malaka  13 Juli 1511,  Feerdinand Magellan  salah satu kapten armada Alfonso DAlbuquerque  berhasil menculik lelaki yang  mereka  beri nama  Enrique Maluku.   
Enrique Maluku oleh  Magellan  sang kepala ekspedisi penjelajah  dibawah ke Portugal pada pelayaran tahun 1512.  Di Porrtugal Magellan bersama Enrique menghadap raja Manuel I  dalam rangka mengajukan proposal proyek Armada Maluku, namun raja menolaknya.     Mereka pindah ke Sevila, Spanyol tahun 1517 dan Januari 1518  keduanya menghadap Raja Charles I (yang juga merangkap tahta suci Roma dengan gelar Charles V)  di istana Valadolid  menawarkan proyek Armada Maluku,  Raja terkesan dengan kehadiran  sehingga menyetuji proyek ini untuk menembus Daerah rempah di Indonesia dengan pelayaran kearah barat. 

Pada 31 Maret hingga 21 Agustus 1520 armada mampir di San Julian Argentina,  6 Maret 1521 tiba di Mariana dan Guam dan  7 April 1521  mereka tiba di Cebu, Filipina.  Di titik inilah Enrique sudah melengkapi putaran 360 derajat mengelilingi bumi dan menjadi orang pertama yang mengelilingi bumi.   Pada 27 April 1521  di Mactan, Filipina,    Magellan tewas bertempur dalam tragedi Mactan  sementara Enrique dan banyak anak buahnya mati diracun dalam acara perjamuan perdamaian.    Sbastian Elcano dan 17 awak kapal terselamatkan dan berlayar meneruskan pelayaran dan  6 September 1522 Elcano dan 17 awak kapal Vitoria kembali ke Sanclucar de Barrameda, Spanyol. Di sini  baru  Elcano melengkapi putaran 360 drajat, namun 17 bulan lebih lama dari pencapaian Enrique.

Fakta kebenaran historisnya ini  bersumber pokok pada  acuan kebenaran sejarah itu.   Pertama,  catatan Antonio Pigafetta  pengelana berdarah Italia salah satu yang ikut dalam ekspedisi Armada Maluku,    dalam catatan dikatakan Enrique Maluku adalah asisten Magellan. Pigafetta juga mencatat, pelayaran Enrique Maluku bersama Magellan menempuh jarak 80.340 km yang diterbitkan dalam buku di Paris tahun 1525 dengan judul Laporan Perjalanan Pertama Mengelilingi Dunia dalam bahasa Italia.  

Kedua, sumber Maximillianus Transylvanus  wakil tahta suci, menyimpulkan kisah perjlanan tersebut setelah mewawancarai 18 awak kapal yang selamat pulang ke Spanyol, di bawah pimpinan Elcano.

Anak Maluku menari Bambu Gila.
Enrique Maluku Pengeliling dunia pertama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PARI GERGAJI GIGI KECIL DAPAT SURVIVE DENGAN BAWAAN PARTHENOGENESIS BILA TERTEKAN

NusaNTaRa.Com byIrkaBPiranhA,         S     e    n    i     n,        0    6      M    e    i      2    0    2    4   Pari Gergaji Gigi Ke...