Rabu, 18 Desember 2019

ONGEN SAKNOSIWI PRAJURIT SATUAN AU MENDAPAT PERCEPATAN KENAIKAN PANGKAT DARI KASAU SETELAH JUARA DUNIA.


NusanTaRa.Com
byLaSikUAgaY,   16/12/2019


Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Yuyu Sutisna memberikan penghargaan kenaikan pangkat percepatan kepada Pratu Ongen Saknosiwi, petinju TNI Angkatan Udara yang beberapa waktu lalu berhasil meraih gelar juara dunia tinju kelas bulu 52 kg versi IBA (International Boxing Association) di Mabesau Cilangkap Jukarta (12/12/2019).   Selain percepatan kenaikan pangkat ke Bintara (mengikuti pendidikan Setukba) Pratu Ongen Saknosiwi juga diganjar piagam penghargaan, sabuk, dan uang pembinaan, yang diserahkan Kasau  Yuyu Sutisna di Mabesau.

Keberhasilan Ongen Saknosiwi merebut gelar juara tinju kelas bulu versi WBA Asian Boxing Council Continental  setelah dalam pertarungan mengalahkan petinju Thailand Nanthawat Mailochat yang berlangsung di Singapura, Sabtu 07/09/2019 malam.    Kemenangan Ongen S diraihnya dengan KO di ronde keempat setelah menjatuhkan lawannya dengan sebuah pukulan keras ke arah rusuk kanan.

Pertarungan ini merupakan pertarungan internasional pertamanya dan Ongen sekarang memiliki rekor tak terkalahkan dalam tujuh pertarungan, yang semuanya dimenangkan dengan KO/TKO.     Sejak amatir hingga profesional, saya belum pernah bertanding di luar negeri. Jadi terasa benar bedanya bertanding di luar negeri seperti ini karena suasananya berbeda  ”, Ujar SiDin Ongen usai pertarungan  tersobut.

Kasau mengucapkan selamat atas prestasi yang sudah ditorehkan prajurit TNI Angkatan Udara kelahiran Namlea, Provinsi Maluku 14 Juli 1994 ini.     Saya sangat bangga atas pencapaian Pratu Ongen yang merupakan cerminan hasil jerih payah berlatih, sehingga mampu mengharumkan nama TNI Angkatan Udara dan juga bangsa dan negara. Oleh karena itu kami berikan percepatan kenaikan pangkat. Hal ini juga diharapkan sebagai motivasi bagi prajurit TNI Angkatan Udara lainnya untuk berprestasi  ”,  Ujar SiDin Kasau Yuyu Sutisna.

Ongen Nanthawat bukan lawan sembarangan,  Petinju Thailand ini sebelum pertarungan ini memiliki rekor tak terkalahkan di enam pertandingan, yang semua juga direbut dengan menjatuhkan lawan.  Tapi dalam pertarungan yang berlangsung di The Ring Boxing Community itu, Ongen terlihat lebih unggul sejak awal.   Dua ronde awal digunakan Ongen untuk mengetahui gaya bertarung lawan,   memasuki akhir ronde ketiga  petinju yang juga prajurit aktif TNI Angkatan Udara ini mulai menekan lawan dan berhasil membuat lawannya tersungkur  melintir di pertengahan ronde keempat.

  Pukulannya biasa saja, tapi dia lumayan tahan pukul. Strategi saya terus mengejar dia untuk menutup pergerakannya karena dia terus menghindar  ”, Ujar SiDin Ongen dengan plabomoranya.   Atas kemengannya ini ongen menatakan bahwa,     Saya juga mempersembahkan kemenangan ini untuk kedua orang tua saya, Pak Okto, komandan saya yang sudah memberi dukungan penuh, tim Mahkota Promotion, dan rekan-rekan di Dirgantara Boxing Club  ”.

Ongen Saknosiwi sudah menekuni tinju sejak berusia 17 tahun setelah ayahnya memperkenalkan olah raga tersebut,   Hobi tinjunya berlanjut hingga dia pindah dari Pulau Buru ke Ambon untuk bersekolah dan memulai kariernya sebagai petinju amatir.   Atlet berusia 25 tahun tersebut  merantau ke Tangerang pada 2011 dan mendapat tawaran bergabung dengan sebuah sasana tinju milik Wiem Sapulette kemudian ia memutuskan masuk jalur profesioanal setelah mengikuti PON 2016. 

Pada tahun 2014 Ongen Saknosiwi mengikuti ujian masuk tamtama TNI Angkatan Udara, ia berhasil dan diterima dikesatuan tersebut.  Hingga kini ia menjadi salah satu tamtama yang membeli Indonesia di ajang olah raga nasional.

Atas prestasi tersebut Kasau berpesan  agar jangan cepat berpuas diri, tetapi terus berlatih penuh semangat,  sehingga mampu meraih prestasi lebih tinggi di masa depan dan menjadi kebanggaan bangsa.   Pratu Ongen Saknosiwi merupakan satu-satunya prajurit TNI dan TNI Angkatan Udara saat ini yang memegang dua gelar juara dunia tinju sekaligus, yaitu versi WBC dan IBA.


Anak Maluku meninju lawannya,
Ongen Saknosiwi Juara Dunia tinju IBA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...