Minggu, 15 Desember 2019

EDHY PRABOWO AKAN MEMBUKA EKSPOR LOBSTER DAN BENIHNYA, KARENA BANYAK LOLOS ILLEGAL.

NusanTaRa.Com
byMuhammaDNunukaN,  14/12/2019

Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mendukung langkah Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo yang berencana akan membuka ekspor benih lobster.  Menurutnya, ada dampak ekonomi yang besar dari rencana tersebut dibandingkan harus ditutup keran ekspornya.   "  Nilai tambah juga, daripada sekarang ini diselundupkan 80 persen, lebih bagus dikontrol. Kan ujung-ujungnya pengawasan  ", Ujar SiDin  Luhut, kamis (12/12/2019).

Di era kepemimpinan Susi Pudjiastuti sebagai Menteri KKP di periode sebelumnya, ada aturan yang melarang benih lobster untuk diekspor khusus ukuran di bawah 200 gram,  meski begitu  Edhy menemukan penyelundupan hingga ke Vietnam meski aturan tersebut berlaku.  "  Dulu ada masalah sekarang juga ada masalah. Apa nanti dengan gini nggak ada masalah, ya nggak lah ada masalah tapi masalahnya makin kecil, kalo pengawasan lebih bagus dan jelas  ",  Ujar SiDin L Panjaitan. 

Kebijakan ini jika terealisasi terasa sangat menggelikankarena persoalan yang ada bahwa kebijkan ini diera Susy Pujiastuti merupakan larangan untuk ekspor benih namun beliau melihat ada kebocoran sehingga terlihat pemasaran benih Lobster Indonesia di luar negeri.   Ada dua hal mendasar dalam hal ini pertama lemahnya pengawasan perdagang Internasional dan kedua lemahnya pengawasan terhadap Illegal Fishing bagi nelayan luar negeri.   Tapi melihat derasnya arus penangkapan Lobster berdampak bagi kelestarian maka melanjutkan kebijakan Susy Pujiastuti masih memungkin kalau kita dapat membenhi sistem pengawasan perikanan.

Tingginya harga benih lobster bukan hanya sedikit yang bisa dimanfaatkan oleh Vietnam. Karena stok benih lobster di negara tersebut mayoritas berasal dari Indonesia.   "  Kebutuhan baby lobster mereka 80% datang dari Indonesia. Celakanya 80% tidak langsung dari Indonesia, (namun) lewat Singapura  ", Ujar Sidin Edy  Politisi partai Gerindra tersebut.

Potensi itu baru disadari Edhy saat mengirim tim ke Vietnam untuk melakukan pemantauan harga benih lobster. Edhy mengaku kaget karena benih lobster yang dijual jauh meningkat dibanding harga jual dari nelayan di Indonesia.   "  Paling mahal itu Rp139 ribu satu benih. Gila, satu benih baby lobster itu Rp 139 ribu  ? 'iya pak susah barangnya sekarang. Biasanya hanya Rp 50-70 ribuan  ", Ujar SiDin  di Rakornas KKP Hotel Borobudur, rabu (4/12/2019).   Padahal, kata Edhy benih lobster yang dijual dari Indonesia hanya di kisaran Rp 3 ribu hingga Rp 5 ribu. Penyebab membengkaknya harga hingga puluhan kali lipat disinyalir karena rute perjalanan yang tidak langsung. Sebelum tiba di Vietnam, benih lobster tersebut harus lebih dulu melewati Singapura. Sehingga ada peningkatan harga di perantara.

Edhy mendorong petambak untuk menyediakan re-stok lobster dewasa sebanyak 5 persen,  harus  adanya kajian khusus terkait perkembangbiakan lobster jika kebijakan tersebut jadi diterapkan.   "  Lewat putusan ilmiah. lobster itu kalau tidak dipanen toh tumbuhnya (hanya) 1 persen  ", Ujar SiDin Edhy.  Harusnya hal ini menjadi pegangan bahwa resistensi kelestarian Losbter sangat peka sehingga eksploitasi harus dibatasi.

Namun L Panjaitan menaanggapi semua ini,  sangat mendukung wacana program Edhy itu dikarenakan peluang hidup benih lobster juga tidak besar, bahkan hanya 1% bila di alam bebas dari total telur yang dihasilkan.   "  Sebagian tetap dilepaskan. 5% ke habitatnya. Supaya benih nggak hilang. Sudah ada hitung-hitungan ilmiahnya lah, studinya sudah ada. Apapun studi itu, implementasi penting. Super penting pengawasan  ", Ujar SiDin  Luhut, tapi penetapan prosentasi tersebut merupakan satu problem yang lebih menyulitkan lagi..

Wacana kebijakan Edhy sempat dikritik oleh pengamat ekonomi Faisal Basri karena akan kembali mengekspor bibit lobster,  Bahkan Faisal menyebut keputusan Edhy itu hal yang gila.   "  Belum dua bulan kabinet ada justru ekspor benih lobster dicabut. Sekarang ? Jual jual, heh, lobster itu kita besarkan. Udah gila ini. Jadi mungkin kita yang berada di luar politik ini bisa matching kan gitu ya antara tuntutan dan tantangan yang kita hadapi dengan peluang-peluang yang ada. Dan ini kan pada akhirnya akan meningkatkan dosis pajak  ", Ujar SiDin Faisal Basri di Kemenkeu, Selasa (10/12/2019).


Lobster terancam Punah keberadaannya,
Pak Edhy akan membuka perdagangan Lobster dan benihnya.

1 komentar:

  1. Sebaiknya Lobster tidak diperdagangkan hingga batas stock yang membaik

    BalasHapus

PARI GERGAJI GIGI KECIL DAPAT SURVIVE DENGAN BAWAAN PARTHENOGENESIS BILA TERTEKAN

NusaNTaRa.Com byIrkaBPiranhA,         S     e    n    i     n,        0    6      M    e    i      2    0    2    4   Pari Gergaji Gigi Ke...