Jumat, 20 Desember 2019

MALAYSIA AKAN MENERAPKAN LARANGAN MEROKOK DI KAWASAN RESTORAN DAN KEDAI MAKANAN MULAI JANUARI 2020.



NusanTaRa.Com
byBambanGNunukaN,  14/12/2019


Gawat  jika anda berada di Malaysia, akan di donda hingga 10.000 ringgit setara dengan Rp 34,5 juta atau melakoni hukuman penjara sementara itu selama dua tahun  jika ketahuan secara telak merokok di area terlarang .     Aturan itu akan berkuat kuasa di Malaysia pada 01 Januari 2020  “,  Ujar SiGaluh Badriah Salman pemilik kedai di Tawau Malaysia,  Pemerintah Malaysia mulai  1 Januari 2019 resmi memberlakukan larangan merokok di semua restoran, kedai kopi, pusat jajanan, dan bahkan kedai makan terbuka disana. 

Rakyat Malaysia udah umum mengetahui  akan larangan merokok di kedai makan atau restoran  yang akan berlaku rasmi pada  01 Januari lalu,  malah, sudah banyak papan tanda larangan merokok di letakkan di kedai makan dan di tempat awam meski dalam pemberitahuan atau sosialisasi tanpa hukum.   Namu bermula 1 Januari 2020, tindakan undang-undang terhadap perokok yang ingkar akan larangan merokok di semua premis makanan akan mula dikuat kuasakan dengan snksi hukum.

Ikutan dari amaran kerajaan tersebut bahwa restoran yang mengizinkan pelanggan untuk merokok di restoran akan dikenai denda maksimum 2.500 ringgit setara dengan Rp 8,6 juta.   Di sisi lain, pemilik restoran wajib memasang peringatan "dilarang merokok" berukuran 40 cm x 50 cm. Ruang khusus untuk perokok dan asbak juga tidak diperbolehkan.

Pengenalan awal aturan baru ini membuat seorang karyawan restoran harus menerima perlakuan tak menyenangkan dari pelanggan, ianya  diwartakan Straits Times, Jumat (4/1/2019) bahwa seorang pelayan restoran di Shah Alam bernama Selvam menegur kepada sekelompok pria untuk berhenti merokok di restorannya.   Naasnya salah satu dari tiga pria itu justru marah dan menamparnya  Selvam  yang  hanya ingin mengingatkan mereka perihal aturan hokum  baru yang akan  berlaku awal tahun ini.

"  Saat itu, sekitar pukul 12.30 pada 1 Januari.  Kami telah memasang peringatan 'dilarang merokok', tapi beberapa pelanggan masih merokok  ", Ujar SiDin Selvam dan  betelnya lagi   "  Salah satu dari mereka berdiri dan tiba-tiba menampar saya. Saya terkejut. Kemudian mereka pergi  ", Ujar SiDin Selvam Laji,  pengenalan aturan tersebut membuat  
 Selvam juga dimarahi beberapa kali oleh pelanggan lainnya dengan alasan yang sama. 

Menteri Kesehatan Malaysia  Dato Dzulkefly Ahmad mengatakan penegakan hukum saat awal ini, akan lebih berfokus pada sosialisasi kepada masyarakat agar mereka mengerti dan mengamalkan kaedah amaran ini demi kesehatan seluruh negeri.    "  Kebijakan ini akan membutuhkan waktu untuk diterapkan sehingga kami ingin meningkatkan kesadaran terlebih dahulu  ", Ujar SiDin Dzulkefly.

Perbuatan merokok wajib dilakukan di luar  jarak tiga meter atau kira-kira 10 kaki dari setiap  restoran atau tempat yang tak diperkenan undang-undang untuk merokok.   Kementerian Kesihatan  yang menguat kuasakan aturan ini telah mengeluarkan  peringatan tercatat  kepada 31,422  pengusaha  makanan dari pada 146,607 pengusaha  yang telah diperiksa.

Dari jumlah tersebut, 27,759 buah pengusaha telah diberikan amaran kerana  tidak melaksanakan perintah berupa meletakkan tanda larangan merokok,  serta 3,889 notis dikeluarkan buat orang yang didapati merokok di kawasan kedai makan selama masa kempen aturan tersebut.

  
Merokok merusak kesehatan,

Malaysia No Smoking  Januari 2020  di restoran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...