Selasa, 26 November 2019

PERTUNJUKKAN BONEKA BERTALI MARIONETTE ALA MYANMAR, KEREN


NusanTaRa.Com
byMuhammaDNunukaN,  22/11/2019

Marionette bisa juga disebut sebagai satu kesenian boneka (wayang) bertali,   Marionette adalah sebuah boneka yang dapat digerakkan dengan menggunakan benang atau tali dari atas oleh orang yang disebut manipulator.   Manipulator dengan memegang tali penggerak boneka tampil ditengah atau didepan penontong meningkahkan Boneka sesuai dengan jalan cerita yang diperankan kadang serius atau lucu, setiap daerah tentunya memiliki kisah tersendiri.

Di Myanmar, Wayang dan boneka berwujut manusia yang digerakkan  mengikuti alur cerita  bisa dikatakan sebaagai seni yang universal, seni begini terdapat di banyak negara.    Seni Marionette  Myanmar ini bisa  biasa tampil di Mandalay Marionettes and Cultural Show,    Lokasi teater ini berada di tengah kota Rangoon tepatnya di 66th St Between 26th & 27th St Mandalay, Myanmar  dengan  harga tiket  10.000 kyat/orang banyak dikunjungi para isatawan.

Salah satu alat musik yang tampil mendampingi acara pertunjukkan Marionette ala Myanmar,  ketika panggung dibuka alat musik  khas yang dimainkan diatas panggung oleh seorang ibu dengan pakaian tradisional Myanmar,  sekilas mirip harpa namun ukurannya lebih kecil dan bentuknya lebih melengkung dari harpa.   Alunan musik indah terdengar ketika jari-jari yang lincah bermain disenar-senar alat music tersebut yang diletakkan diatas paha pemain tidak sebagaimana Haarfa yang diletakkan disisi pemain.

Setelah itu seorang gadis mengenakan penutup kepala dan sarung menarikan tarian Mynmar yang energik dan selaras dengan alunan musik,   Pertunjukkan ini mendapatkan tepuk tangan yang meriah dari seluruh pengunjung yang hadir.

Pada acara utama  pertunjukkan boneka marionette,  tampil  3 orang pria mengenakan pakaian khas Myanmar berwarna putih dengan penutup kepala diapit seorang wanita berpakaian putih dengan kain diselempangkan dipundaknya.   Keempat orang ini memegang benang yang terhubung ke boneka-boneka marionette,  seiring dengan alunan musik  dan narasi bonekapun digerakkan sehingga selaras dengan jalan cerita yang disampaikan. 

Sebagaimana kisah kearifan lokal yang banyak mengambil kisah daerah sendiri maka Marionette inipun mengambil  cerita rakyat Myanmar yang mengambil masa di zaman kerajaan dan pengembangan ajaran agama Buddha.   Dalam kisah tersebut akan ada tokoh seperti seperti raja, ratu, penyihir, putri raja, pangeran, ogre (siluman jahat), kuda, naga, dan makhluk lainnya,  sebagaimana kisah lokal umumnya selalu menampakkan kejahatan menang namun diakhir kisah kebenaran adalah kemenangan sejati dari yang kuasa, di panggung Myanmar ini setiap cerita diberikan penjelasan bahasa Inggeris.

Pertunjukkan di  Mandalay Marionettes and Cultural Show ini sangat menarik hingga tidak terasa waktu 1 jam terlewati. Tepuk tangan penonton yang meriah mengiringi akhir pementasan acara ini. Sebelum meninggalkan theater sempatkanlah berfoto bersama salah seorang pemain boneka Marionette.

  
Tali dimainkan boneka berulah,

Boneka Marionette Myanmar bergerak menurut kisah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

USTAD PROF. ABDUL SOMAD MENJADI PENCERAMAH DI TABLIK AKBAR MESJID AL-MUJAHIDIN NUNUKAN

NusaNTaRa.Com   byMuhammaDBakkaranG,           M   i   n   g   g   u,      1    9      M         e         i      2    0    2    4 Ustad A...