Kamis, 15 Juni 2023

SRI MULYANI MEMINTA RATUSAN ALUMNI LPDP YANG BELUM PULANG UNTUK KEMBALI DAN BERKONTRIBUSI

NusaNTaRa.Com

byMcDonalDBiunG,      J  u  m  a  t,    1   0     J   u   n   i     2   0   2    3    

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)  yang mengelola Program beasiswa bagi siswa-siswa yang melanjutkan study banyak menuai kontra saat ini,  karena  banyak mahasiswa yang berkuliah di luar negeri enggan pulang ke Indonesia.   Program beasiswa ini diselenggarakan LPDP bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah menyelesaikan pendidikan dengan jenjang D-4 atau S-1 untuk mendapat beasiswa magister (S-2)  yang  juga diperuntukkan bagi WNI yang sudah menyelesaikan jenjang S-2 untuk melanjutkan beasiswa doktor (S-3).

Tujuan diselenggarakannya program beasiswa LPDP ini adalah untuk menunjang sumber daya manusia yang ada di Indonesia  dengan harapan  Warga Negara Indonesia yang mengikuti program beasiswa ini diharapkan dapat membantu pemerataan pendidikan yang ada di Indonesia.   Menteri Keuangan, Sri Mulyani, meminta agar para alumni penerima LPDP  di luar negeri segera kembali ke Indonesia dan melakukan kontribusi seperti yang sudah disepakati dalam kontrak yang sudah tertulis.

Program Beasiswa ini  tidak hanya diperuntukkan untuk  WNI yang kurang mampu  tapi  juga buat  seluruh kalangan yang memenuhi persyaratan yang diajukan oleh LPDP,  meski banyak diperbincangkan di berbagai platform media sosial bahwa beasiswa ini seharusnya bagi  yang kurang mampu saja karena kalangan menengah atas masih memiliki dana untuk bisa berkuliah di luar negeri.  Penerima program beasiswa  LPDP dapat memilih universitas mana yang akan dituju,  baik universitas  di dalam negeri maupun universitas  di luar negeri.

Sebagaimana diketahui  413 alumni yang mengikuti beasiswa LPDP di luar negeri belum kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan studinya.  Hal tersebut ditegaskan  Direktur Utama LPDP, Andin Hadiyanto, saat menjawab pertanyaan dari anggota Komisi XI DPR dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang digelar pada Rabu (1/2/2023) lalu,  dari 413 alumni LPDP yang belum kembali ke Indonesia, 144 telah dipersilakan kembali oleh LPDP, serta Komite telah melakukan komunikasi intensif dengan 169 orang lainnya untuk membujuk mereka untuk kembali ke tanah air.

Jumlah alumni LPDP  belum kembali ke Tanah Air mencapai  400 orang,  Andin menyebut jumlah ini tergolong sedikit. Sebab, perbandingan antara total penerima beasiswa dan alumni yang belum kembali ke Indonesia tidak mencapai satu persen. Namun demikian, Andin menyatakan bahwa pihaknya masih berusaha untuk mengirim pulang ratusan alumni LPDP ke Indonesia.   Sebelumnya Sri Mulyani m mencemaskan  lulusan LPDP dalam acara  "Kuliah Umum :  Ketahanan Ekonomi dalam Perspektif Lokal, Nasional, dan Global",   yang digelar pada Kamis (02/02/2023),   "  Saya suka khawatir kalau ada orang yang semakin pintar sekolah ke luar negeri terus lupa menjadi orang Indonesia  ",  Ujar SiGaluH  Sri Mulyani.

Banyak alasan yang digaungkan  penerima beasiswa LPDP  tidak kembali ke Indonesia,  namun  persyaratan serta kontrak yang sudah disetujui, para alumni harus tetap kembali ke Indonesia untuk melakukan kontribusinya terhadap pendidikan di Indonesia.   Pasalnya dalam kontrak yang sudah disebutkan  penerima program beasiswa ini diwajibkan kembali dan harus memiliki kontribusi untuk Indonesia.  Kontribusi yang harus dilakukan pun sudah harus dituliskan pascastudi. Para penerima beasiswa oleh LPDP harus berkontribusi untuk Indonesia selama dua kali masa studi ditambah satu tahun (2n+1).

Sanksi yang didapatkan jika para alumni tidak kembali ataupun melanggar persyaratan/pernyataan yang sudah disampaikan adalah pemberhentian sebagai penerima beasiswa oleh LPDP, pengembalian seluruh dana beasiswa yang sudah diterima  dan pemblokiran pada program LPDP yang akan datang.   Sanksi yang diberlakukan, alumni yang berada diluar negeri harus mematuhi aturan dan kembali ke Indonesia selambat-lambatnya selama 90 hari semenjak kelulusan berdasarkan dokumen kelulusan dari universitas tujuan.

Sri Mulyano (Menkeu) dan Tri Rismaharini (Mensos) 
di Kec Pujon Kab Malang  (20/01/2023)

Program LPDP meningkatkan pendidikan Indonesia.

Banyak Alumni LPDP LN enggan kembali ke Indonesia.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...