Jumat, 30 Juni 2023

MENTAN SYAHRUL Y LIMPO MENGHADIRI PERTEMUAN G20 DI INDIA 2023, JADI MOMENTUM PERTANIAN BERKELANJUTAN

NusaNTaRa.Com

byRaisALembuduT,       S   a   b   t   u,    1   7      J   u   n   i     2   0   2   3

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menghadiri pertemuan dengan para menteri pertanian       negara-negara G20 di India.

Menteri Pertanian RI  Syahrul Yasin Limpo menghadiri pertemuan  para menteri pertanian negara-negara G20 di India. Syahrul mengatakan, pertemuan itu sebuah hal positif yang dapat menjadi momentum untuk memastikan pembangunan pertanian berkelanjutan.   “  Ini menjadi momen bagi kita untuk terus memastikan pembangunan pertanian berkelanjutan, dan pemenuhan pangan secara global sesuai arah yang tepat  ”,  Ujar SiDin Syahrul Yasin Limpo dengan Plabomoranya (hebatnya),  Sabtu   (17/06/2023).

Selain itu, dalam pertemuan G20 tersebut dia akan menyerahkan estafet kepemimpinan ke Brasil.  Diketahui, Indonesia menjadi bagian dari tiga serangkai atau troika bersama India dan Brasil salam presidensi G20. Tahun 2024 mendatang, Brasil yang akan menjadi Presidensi G20.     Sebagai troika bersama India dan Brasil, kita juga akan memberikan pernyataan sekaligus penyerahan estafet keketuaan pada Brazil yang akan menjadi Presidensi G20 tahun depan  ”,   Ujar SiDin  Syahrul Yasin Limpo Laji.

Presiden Joko Widodo sebelumnya menjelaskan  krisis pangan dunia  dan adanya  ratusan juta orang  yang terancam kelaparan akibat krisis pangan,   "  Hati-hati di sektor ini (pangan) juga sekarang ini sangat rawan kita tahu krisis pangan di mana-mana 345 juta orang di dunia terancam kekurangan pangan dan kelaparan  ",  Ujar SiDin Jokowi di pembukaan Sensus Pertanian 2023 secara virtual,  Senin  (15/05/2023).  Jokowi mengatakan, krisis pangan  akibat perubahan iklim dan kondisi geopolitik dunia karena perang,  sehingga  sektor pangan  strategis  dan  mampu menyediakan lapangan pekerjaan,  "  Peran yang sangat strategis ke depan dan menyediakan pekerjaan 40 juta orang hidup di sektor ini, ini sudah 29 persen dari angkatan kerja  ",  Ujar Jokowi.

Dalam pertemuan menteri pertanian G2O, Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengajak semua negara forum G20 untuk memperkuat kemitraan dalam mempercepat transformasi pertanian berkelanjutan melalui teknologi digitalisasi yang menurutnya  langkah tersebut penting dilakukan dalam menguatkan ketersediaan pangan dunia.   "  Saya optimis pertemuan ini bisa menguatkan komitmen kita dalam memperkuat ketahanan pangan dan gizi serta menciptakan pertanian berkelanjutan dan mempercepat transformasi pertanian melalui digitalisasi  ",   Ujar SiDin SYL di Forum G20 India, Minggu, 18 Juni 2023.

Syahrul Y Limpo  mengatakan, pertemuan tingkat menteri pertanian G20 ini harus memiliki fokus dalam merespon berbagai tantangan sektor pertanian secara global dan  semua negara juga wajib bergerak secara serenrak dalam merealisasikan dokumen deklarasi yang telah ditandatangani.   "  Di antaranya mendukung pembangunan pertanian berkelanjutan khususnya dalam menghadapi perubahan cuaca dunia dan berbagai cuaca ekstrem lainya   ",  Ujar SiDin Syahrul Yasin Limpo Laji.

Secara khusus, SYL menyampaikan terimakasih atas terselenggaranya G20 India yang menghasilkan solusi kongkrit dalam menghadapi persoalan dunia. Baginya, forum G20 ini adalah tonggak penting menuju pertanian berkelanjutan.   "  Saya ingin menyampaikan apresiasi atas deklarasi tingkat menteri pertanian G20 ini. Bagi saya, forum ini adalah tonggak penting dalam upaya mengatasi tantangan global sekaligus memperkuat kerjasama lintas negara  ",  Ujar Syahrul Yasin Limpo.

Mentan Syahrul Y  Limpo, sebelumnya juga berhasil melobi pemerintah Korea Selatan dalam membuka kerjasama program magang serta pengembangan kerjasama penerapan teknologi di Indonesia dan  kerjasama antar kedua negera ini sangat penting dalam peningkatan produktivitas.   "  Yang penting adalah baik menteri dan wakil menteri pertanian korea selatan menyanggupi untuk memberikan ruang bagi petani milenial magang sebanyak-banyaknya. Dan ini adalah bagian bagian yang akan kita tandatangani letters of intens nya antara Korea dan Indonesia  ",  Tandas SiDin Syahrul Y Limpo.

                              Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengunjungi India menghadiri pertemuan                                      dengan para Mentan negara G20

 

Krisis Pangan Dunia menjadi ancaman kelaparan.

Pertemuan G2O  2O23 India momentum pertanian berkelanjutan.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...