Kamis, 08 Juni 2023

KEMENAG : KEHADIRAN 32 BIKSU RITUAL THUDONG THAILAND KE BOROBUDUR DI HARI WAISAK DISAMBUT WARGA RAMAH

NusaNTaRa.Com

byLaSikUAgaY,      J  u  m  a  t,    2   6     M    e    i      2   0   2   3

32 warga Budha  melaksanakan ritual Jalan jaki Thudong dari Thailand

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Kementerian Agama atau Kemenag, Supriyadi menyatakan, keramahan warga saat menyambut biksu jalan kaki dari Thailand menunjukkan wajah asli Indonesia yang kuat dalam hal kerukunan.   "  Dampaknya menambahkan wajah kerukunan kita, wajah toleransi kita. Sehingga, hari ini orang yang berpikir untuk polarisasi agama, politik identitas, dijawab oleh masyarakat dengan baik  ",  Cakap SiDin Supriyadi di Jakarta, Jumat  (26/05/2023).

Para biksu tersebut menjalankan ritual thudong dari agama Buddha,  Ritual thudong dilakukan dengan berjalan kaki ribuan kilometer dengan  memulai perjalanan pada 23 Maret 2023 dari Nakhon Si Thammarat Thailand, melewati Malaysia, Singapura, dan tiba di Batam pada 8 Mei lalu  dam ritual ini baru pertama kali dilakukan Bikkhu Thailand  di Indonesia.   Rencana selanjutnya Ke-32 buksu tersebut  akan  melanjutkan perjalanan untuk tiba di Candi Borobudur yang menjadi pusat lokasi perayaan Waisak 2023.

Sebelumnya dalam perjalanannya ke Candi Borobudur tersebut, para biksu mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat sekitar yang dilalui para rohaniwan agama Buddha tersebut.  keramahan tersebut terlihat antusiasnya masyarakat  hingga memberikan makanan serta minuman untuk mengurangi rasa lelah mereka.   Di sejumlah lokasi, para biksu juga mendapatkan perawatan medis serta ditampung di sejumlah lokasi untuk beristirahat malam agar dapat mensukseskan proses ibadahnya.

Rombongan 32 biksu dari berbagai negara di Asia Tenggara diketahui  juga  telah tiba di Kota Pekalongan, Jawa Tengah,  yang  disambut antusias oleh ribuan masyarakat yang sejak siang menunggu di sepanjang jalur Pantura maupun jalan utama menuju Gedung Kanzus Sholawat.    Di Gedung Kanzus Sholawat para biksu langsung disambut wali kota Pekalongan dan jajarannya serta sejumlah tokoh lintas agama. Meski tidak bertemu langsung dengan tuan rumah Maulana Habib Luthfi Bin Yahya, namun sambutan luar biasa masyarakat dan pemerintah daerah membuat para biksu terkesan.

Panglima Tinggi Laskar Agung Macan Ali Kesultanan Cirebon, Pramudiaz, yang merupakan penanggung jawab perjalanan para biksu dari Thailand hingga Indonesia menuturkan, Thudong merupakan ritual keagamaan serta mencari jati diri.  "  Ritual ini bagian dari mereka mencari jati diri, seperti menahan lapar, menahan nafsu, dan menahan keluh kesah  ",   Ujar Pramudiaz bersama rombongan biksu ketika  tibanya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang,   Selasa (9/5/2023) lalu.

Salah satu biksu asal Indonesia yakni Bhante Effendi Wawan mengatakan hari ini rombongan biksu menginap di Gedung Kanzus Sholawat memenuhi undangan sekaligus permintaan dari Habib Luthfi Bin Yahya  dam  rombongan biksu akan kembali melanjutkan perjalanan ritual tudong menuju Borobudur esok paginya dan daerah berikutnya yang akan disinggahi adalah Kabupaten Batang.   Sebelum tiba di Kota Pekalongan para biksu dari Thailand, Malaysia, Singapura dan Indonesia tersebut sempat transit di Koramil 10 Wiradesa, Kabupaten Pekalongan untuk istirahat cek kesehatan.

Pengakuan para biksu tersebut bahwa mereka  terharu dengan sambutan hangat masyarakat Indonesia,   "  Kita analogikan sebagai tamu, orang luar datang ke Indonesia dan biasa orang Indonesia punya karakter menghormati tamu, sehingga banyak penerimaan terbuka. Kalau kita lihat di media sosial, bahkan mereka sangat terharu, Indonesia yang mayoritas Muslim, dia seorang biksu, ternyata diterima dengan baik  ",  Ujar SeUrang Biksu itu.

Supriyadi mengatakan, peringatan Hari Raya Waisak 2023  yang akan  dipusatkan di Candi Borobudur  di[rediksi  akan diikuti  sokitar 4.500 ummat Buddha   akan menghadiri perayaan tersebut.   Tak hanya diikuti oleh umat dari Indonesia,  tapi  umat dan biksu di sejumlah negara juga akan hadir dalam peringatan Waisak yang dipusatkan di Candi Borobudur tersebut.

Rombongan biksu ketika menginap di Gedung Kanzus Sholawat memenuhi undangan
sekaligus permintaan dari Habib Luthfi Bin Yahya, Kamis, 25 Mei 2023.

 

 

Thudong Ritual Budha berjalan kaki  di Thailand.

Waisak di Borobudur di ikuti peserta Thudong  dari Thailand.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...