Senin, 17 April 2023

SEJAK 18/04 PEMUDIK YANG MENYEBERANGI JAWA KE BAKAUHENI SUMATERA 339.340 PEMUDIK

NusaNTaRa.Com

byBakrIRoYMarteN,    S  e  l  a  s  a,   1  8    A  p  r  i  l    2  0  2  3

Arus mudik Lebaran di Pelabuhan Merak

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat sebanyak 339.340 orang telah menyeberang dari Pulau Jawa ke Sumatra sejak H-10 Lebaran 2023 hingga Selasa (18/04/2023) pukul 08.00 WIB ini.   Menurut Coorporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin, angka itu naik sembilan persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu, yaitu sebanyak 310.196 orang,   "  Total penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatra mulai dari H-10 hingga H-5 tercatat 339.340 orang  ",  Ujar SiGaluH Shelvy Arifin, Selasa.

Ia menuturkan jumlah kendaraan yang menyeberang juga meningkat. ASDP mencatat 78.522 unit telah menyeberang dari Jawa ke Sumatra,   "  Naik enam persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 74.156 unit  ".   Ujar Shelvy Arifin.   Shelvy A menambahkan, terdapat 43 unit kapal yang beroperasi. Adapun selama arus mudik Lebaran 2023 pada 15-21 April 2023, kendaraan roda dua dan truk golongan VI B yang akan menyeberang dari Jawa ke Sumatra akan melalui Pelabuhan Ciwandan  dan  kendaraan roda empat melalui Merak.  

Memasuki H-4 lebaran 2023, ribuan pemudik menggunakan sepeda motor asal Pulau Jawa memadati Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Selasa (18/04/2023) dini hari WIB,  dengan tertengo ribuan pemudik pengguna sepeda motor saling berdesakan ketika keluar dari kapal ferry yang mengangkut mereka berlayar dari Ciwandan, Banten, yang bersandar di dermaga 3 dan 6 reguler Pelabuhan Bakauheni.   Ribuan pemudik sepeda motor asal Pulau Jawa ini memadati Pelabuhan Bakauheni selama satu setengah jam yakni pukul 04.00 WIB-05.30 WIB pada Selasa pagi tadi.

Meski terjadi kepadatan lantaran bersamaan ingin keluar dari dalam dek kapal dan ramdoor (jembatan), namun tidak menimbulkan antrean terlalu lama sehingga kepadatan itu cepat terurai dan berjalan lancar.   Para pemudik motor yang melakukan perjalanan dari Pulau Jawa itu terlihat ada yang berkendaraan  sendiri tapi membawa barang bawaan cukup banyak.  Ada pula yang berboncengan dengan istri dan anaknya juga membawa barang bawaan banyak,  kemudian  melanjutkan perjalanannya menuju  kampung halamannya di berbagai wilayah di Sumatra.

Salah seorang pemudik sepeda motor, Kiswanto (40) mengatakan, perjalanan mudik lebaran tahun ini dari Pelabuhan Ciwandan menuju Bakauheni, sampai saat ini terbilang lancar dan nyaman.   "  Alhamdulillah  perjalanan lancar, tidak ada kemacetan atau penumpukan kendaraan yang parah saat di Pelabuhan Ciwandan  ",  Ujar SiDin Kiswanto kepada NusaNTaRa.Com  saat menepikan sepeda motornya di kantong parkir Pelabuhan Bakauheni untuk beristirahat sejenak, Selasa pagi.

Ia juga mengaku memilih mudik lebih awal bersama keluarga pada H-4 lebaran ini, yakni untuk menghindari kemacetan parah saat di perjalanan,   "  Mudik lebih awal, ya supaya tidak terkena kemacetan di jalan.  Saya dan keluarga dari Depok, Jakarta dan mau mudik ke Tulangbawang.  Berangkat dari Depok itu selepas magrib  ",   Ujar SiDin Kiswanto dengan Plabomoranya (hebat).  Pada tahun ini, pemerintah menerapkan kebijakan agar pemudik sepeda motor diseberangkan ke Bakauheni tak lagi lewat Pelabuhan Merak, melainkan diarahkan via Pelabuhan Ciwandan.

Korlantas Polri memprediksi kepadatan arus mudik akan mulai berlangsung sejak 18 April. Sementara puncak arus mudik pada 19-21 April,  Kementerian Perhubungan memperkirakan puncak arus mudik akan jatuh pada Jumat, 21 April 2023, sedangkan puncak arus balik terjadi pada Selasa, 25 April 2023.   Kemudian, Jasa Marga memperkirakan puncak arus mudik akan jatuh pada Rabu, 19 April 2023.  Puncak arus balik akan terjadi pada Selasa, 25 April 2023.

Pemudik sepeda motor lainnya dari Jakarta, Ardi (25),  bertutur perjalanan dari tempat tinggalnya di Jakarta sampai di Pelabuhan Bakauheni ini sekitar lima jam. Kalau untuk waktu perjalanan penyeberangan dari Pelabuhan Ciwandan menuju ke Bakauheni, kurang lebih tiga hingga empat jam lamanya.   "  Kalau untuk perjalanan aman,  hanya agak sedikit lama tadi perjalanan berlayarnya sekitar 3 hingga 4 jam sampai disini (Bakauheni)  ",  Cakap Ardi yang hendak pulang kampung ke Kabupaten Lampung Tengah.

Kendaraan keluar dari kapal di Bakauhani

 

Banyak warga kembali kekampung menyambut Idhul Fitri.

Menjelang Idhul Fitri  ratusan-ribu pemudik Jawa di Bakauhani.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEHEBATAN PULAU PAPUA YANG INDAH ALAMNYA DENGAN 7 DESTINASI WISATO

NusaNTaRa.Com byLaCappotttA, K a m i s, 1 6 M e i 2 0 2 4 Pulau PAPUA yang kaya akan keindahan alam d...