Sabtu, 08 April 2023

JEMBATAN TEMBURONG DI BRUNAI MENJADI JEMBATAN TERPANJANG DI ASIA TENGGARA 30 km.

NusaNTaRa.Com

byMuhammaDNunukaN,    K  a  m  i  s,   0  6     A  p  r  i  l    2  0  2  3

Jembatan Temburong Brunai Terpanjang se ASEAN

Jembatan Temburong atau  Jembatan Sultan Omar Ali Saefuddien (SOAS) sepanjang 30,0  kilometer   yang membelah sungai,  laut dan teluk Brunei Darussalam, saat ini tercatat sebagai jembatang terpanjang di ASEAN.   Jembatan SOAS Temburong yang melintasi Teluk Brunei   menghubungkan distrik Temburong ke  Bandar Seri Begawan,  diresmikan oleh Raja Brunei Darussalam Sultan Hasanal Bolkiah   untuk  umum  pada 17 Maret 2020, sekaligus menjadi kebanggaan masyarakat Brunai yang berjumlah 600 ribu jiwa.     Pembukaan jembatan ini sempena Hari Jadi Sultan yang Ke 74 tahun. Waktu tempuh dari Bandar Seri Begawan ke Temburong hanya 25 menit  ”,  Ujar SiDin Prof Gamal  Dosen di Universitas Brunai.

Brunei terbagi dua kawasan besar yaitu sebelah utara  dengan Kawasan Temburong berpenduduk 150 jiwa dan Kawasan Selatan dengan ibukota keramaiannya yaitu Brunai Darussalam  bependuduk sekitar  450 ribu jiwa.   Sebelumnya  kedua kawasan ini  dihubungkan oleh lintasan jalan darat dan  melintasi teluk laut untuk komunikasi terutama masyarakat Temburong  jika ingin ke Ibukota Brunei yang  cukup jauh,  Untuk melintasi jalan darat sejauh 100 km dengan waktu tempuh sekitar 2,5  jam dan melintasi kawasan Malaysia yaitu Libang Serawak dengan empat pos pemeriksaan Imigrasi sepanjang rute perjalanan dan melintasi Teluk Brunei dengan Perahu selama 45 menit.

Jembatan Sultan Haji Omar Ali Saifuddien menghubungkan kawasan  Mengkubau dan Sungai Besar di Daerah Brunei-Muara   dengan  kawasan  Labu Estate di Daerah Temburong.   Jembatan ini menjadi satu-satunya jalan yang secara langsung menghubungkan wilayah utama Brunei dengan  Temburong, yang secara fisik dipisahkan distrik Limbang,  Sarawak, di Malaysia  dan  Teluk Brunei  di Laut Tiongkok Selatan  dengan waktu yang relatip lebih singkat.  Dengan dibukanya jembatan ini, memungkinkan masyarakat Brunei bisa mengakses wilayah Brunei di sebelah timur tanpa harus menyeberang dulu  ke  perbatasan Malaysia.

Proyek yang dirasmikan Sultan Hasanal Bolkiah raja Brunei  yang mulai dibangun pada tahun 2014 dan diresmikan pada 2020  menelan biaya sebesar 1,6 miliar Dolar Brunei  atau sekitar Rp 17 triliun.   Jembatan ini mulai dibangun oleh Daelim, sebuah perusahaan asal Korea Selatan  dan China State Construction Engineering (CSCEC), badan usaha milik negara asal Republik Rakyat Tiongkok.  Kemudian pada 17 Juli 2020, Sultan Hassanal Bolkiah meresmikan  Jembatan ini  dan diberi  nama Jembatan Sultan Haji Omar Ali Saifuddien untuk menghormati mendiang ayahnya.

Dibangunnya jembatan Sultan Omar Ali Saefuddin  (SOAS)  tentunya akan memudahkan  komunikasi antara dua kawasan ini menjadi lebih singkat dan dinamis karena hanya dalam waktu 2,5 jam sahaja kedua daerah tersebut dapat dicapai dengan kendaraan mobil.   Sepanjang  melintasi  jembatan ini tidak ada  rest  area,  jadi sebelum melintasi jembatan SOAS-Temburong sepanjang 30,0  Km ini, harus melakukan persiapan seperlu ya  terlebih dahulu. 

Untuk kawasan  Asia Tenggara  yang  notabene terdiri dari kepulauan juga terdapat banyak  jembatan besar nan panjang sehingga  tercatat jembatan terpanjang di Asia adalah jembatan   DANYANG-KUNSHAN   yang menghubungkan kota Beijing  - Kota Shanghai  dengan panjang  164.8 kilometer.   Untuk kawasan Asia Tenggara kita mengenal  Jembatan terpanjangnya Jembatan Sultan Omar Ali Saefuddin, menyusul  Jembatan P Pinang Malaysia  Sultan Abdul Halim Muadzam Shah  panjangnya  24 km  yang menghubungkan Semenanjung dan P Pinang  dan Jembatan Suramadu 5,4  km  yang menghubungkan P Madura dan P jawa.

Dengan adanya Jembatan yang menghubungkan Bandar Sei Bengawan  Brunai  dan Temburong, membawa berkah bagi penduduk Temburong,  sehingga sejak itu  daerah Temburong sudah mulai menggeliat dan mengorak langkah ke hadapan.      Perkembangan sosio-ekonomi sangat dirasakan oleh penduduk di daerah ini. Pekan Bangar kini telah berubah. Yang dulu agak sepi kini telah ramai dikunjungi oleh orang tempatan. Apatah lagi di hujung minggu. Perekonomian rakyat semakin maju dan berkembang  ”,  Ujar SiDin Prof Gamal dengan Plabomoranya (Hebatnya).

Jembatan ini juga membuat Temburong  yang  terkenal dengan hasil-hasil pertanian dan makanan menjadi  lebih ramai dikunjungi,   seperti  Pengunjung  yang  ke Temburong tak akan melepaskan peluang untuk membeli beras, pulut, wajid Temburong serta sayur-sayuran yang merupakan hasil utamanya.  Begitu juga dengan makanan tradisionalnya  seperti   Udang Galang yang kini diolah menjadi menu favorit  :  Mie Rebus Udang Galah, Burger Udang Galah dan banyak lagi serba udang Galah.

Jembatan SOAS Temburong, Brunai Darussalam

 

 

Temburong ke Bandar Brunai melintasi teluk dengan sampan.

Jembatan SOAS Temburong Brunai terpanjang di ASEAN.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEHEBATAN PULAU PAPUA YANG INDAH ALAMNYA DENGAN 7 DESTINASI WISATO

NusaNTaRa.Com byLaCappotttA, K a m i s, 1 6 M e i 2 0 2 4 Pulau PAPUA yang kaya akan keindahan alam d...