Rabu, 19 April 2023

BISAKAH BERPIKIR KALAU TAK PUNYA OTAK ?.

NusaNTaRa.Com

byMapiroHBorrA,   S  e  n  i  n,   1  0    A  p  r  i  l    2  0  2  3

Ilustrasi. Otak biasa digunakan makhluk hidup untuk berpikir dan memproses informasi.

Proses berpikir dan belajar tidak harus membutuhkan otak. Hewan anemon laut berbentuk bintang mampu membuktikan hal tersebut.   Hubungan otak dengan tingkat kecerdasan  atau sebaliknya kebodohan, kerap diungkapkan dalam hardikan jika seseorang melakukan kesalahan. Lalu, apakah benar keduanya selalu berkorelasi ?.    Riset terbaru menunjukkan kendati tak memiliki otak, mereka mampu belajar hal-hal yang kompleks,  Anemon laut misalnya mampu mengingat hubungan antara aliran listrik dan air.

"  Inilah yang benar-benar kita sebut dengan pembelajaran asosiatif ()  ",   Ujar SiDin Simon Sprecher penulis riset tersebut,  neurobiolog dari University of Fribourg seperti dikutip dari Science Alert.   Pembelajaran asosiatif merupakan bentuk belajar yang paling dasar, yakni membuat suatu asosiasi atau hubungan baru dari dua fenomena,   "  Bukti bahwa bahkan binatang pun tanpa otak dapat menunjukkan perilaku yang kompleks berkat sistem saraf mereka  ",  Ujarnya dalam situs resmi University of Fribourg.

Dengan kemampuan otak, binatang bisa dengan mudah mengaitkan sebuah stimulus dengan respons tertentu dan mengubah perilaku mereka, berdasarkan apa yang telah mereka pelajari dan ingat,  contohnya, jika Anda kurang beruntung menyentuh benda panas.  Anda berharap tidak akan mengulanginya lagi dengan cara mengubah perilaku.   Kemampuan mengingat hal tersebut diduga karena evolusi sistem saraf yang mengatur kekuatan sinaptik dan plastisitas di otak. Namun, tidak semua binatang ternyata memiliki otak.

Cnidarians seperti anemon laut dan ubur-ubur hanya memiliki jaringan saraf yang terdesentralisasi. Alhasil, bisa diasumsikan bahwa mereka hanya belajar dengan cara non-asosiatif.   Para pakar pun menginvestigasi kemampuan pembelajaran asosiatif anemon laut lewat eksperimen yang memanfaatkan kejutan cahaya dan listrik. Pada pengkondisian klasik, sebuah kondisi yang netral akan dipasangkan dengan hasil biologis yang signifikan dalam bentuk hadiah atau hal negatif.

Sprecher dan timnya lalu secara acak mengumpulkan 10 hingga 18 anemon laut untuk, menjalani percobaan menghadapi aliran listrik dan cahaya yang diberikan berbarengan, dan diberikan secara terpisah.   Mereka menggunakan kejutan listrik yang kecil untuk membuat hewan-hewan tersebut mengerutkan tentakelnya. Para pakar melatih anemon tersebut dengan memberikan listrik atau cahaya secara bersamaan dan terpisah.

Kemudian, para pakar menguji reaksi hewan tersebut hanya dengan cahaya. Hasilnya, anemon yang menerima gelombang listrik dan cahaya secara bersamaan bisa menyesuaikan perilaku mereka dan bereaksi kepada cahaya saja setelah tahap pengkondisian.  Pada kelompok anemon laut yang lebih dahulu menerima gelombang kejut di waktu yang sama, 72 persen tentakelnya mengerut ketika hanya menerima cahaya.  Jumlah tersebut lebih dari dua kali tingkat reaksi (30 persen) anemon yang dilatih dengan listrik dan cahaya yang diberikan di waktu berbeda.

Dengan menggunakan software, tim peneliti juga mampu mengukur tingkat pengerutan tentakel tersebut. Mereka menemukan, tentakel maksimal mengerut jauh lebih panjang pada anemon yang dilatih menggunakan cahaya dan listrik secara bersamaan.  "  Secara keseluruhan, hewan-hewan ini menunjukkan perilaku yang berbeda secara kuantitatif dan kualitatif jika dibandingkan dengan anemon yang menerima stimuli tak bersamaan  ",   Tulis tim pakar.

Namun demikian, para pakar belum mengetahui pasti, apakah cnidarians berbagi neurotransmiter (penghantar impuls, mengaktifkan saraf dan ion) dan neuromodulator (mengatur aktivitas ion) yang sama dengan manusia, seperti hormon serotonin dan dopamin.   Selain itu, para pakar menduga mungkin saja pembelajaran asosiatif berevolusi secara independen pada hewan-hewan tersebut.(dr,CNNIndonesia 10/04/2023).


 

Bisakah mahluk bersikap positip tanpa otak.

Mahluk bisa bereaksi positip meski tak memiliki otak.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEHEBATAN PULAU PAPUA YANG INDAH ALAMNYA DENGAN 7 DESTINASI WISATO

NusaNTaRa.Com byLaCappotttA, K a m i s, 1 6 M e i 2 0 2 4 Pulau PAPUA yang kaya akan keindahan alam d...