Rabu, 19 April 2023

KEMENTRIAN HUKUM DAN HAM DAN KANTOR IMIGRASI BALI TIDAK MENEMUKAN KAMPUNG RUSIA DI PARQ BALI

NusaNTaRa.Com

byBakuINunukaN,    S  e  n  i  n,   1  7    A  p  r  i  l    2  0  2  3

Parq Ubud Jadi Kampung Rusia  ?  Imigrasi Denpasar: Tidak Ada Temuan

KanWil Kementerian Hukum dan HAM Bali dan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar menggelar operasi di Ubud untuk mencari kampung Rusia. Hasilnya nihil !.   Mereka menggelar operasi mandiri di Parq, Ubud pada Sabtu (15/4/2023) malam,  melalui Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora), operasi ini sudah tiga kali dilakukan di tempat yang sama,   "  Ini merupakan operasi mandiri yang rutin atau yang lazim kami laksanakan terhadap warga negara asing (WNA) di wilayah kerja Imigrasi Kelas I TPI Denpasar  ",  Ujar Tedy Riyandi Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Denpasar.

Timpora yang terdiri dari 24 orang gabungan dari Kanim Denpasar dan Kemenkumham menyasar Parq karena diduga menjadi salah satu tempat dengan berbagai kegiatan WNA di dalamnya.   Parq merupakan apartemen yang dilengkapi ruang kerja (coworking space), restoran, café  dan lain-lain,   "  Menurut kacamata kami, Parq ini merupakan salah satu tempat yang cukup besar di Ubud, di mana terdapat banyak kegiatan warga negara asing. Seperti itu kira-kira  ",  Ujar Tedy Riyandi dengan Soppenger (Jumawanya)

Disebut-sebut sebagai kampung Rusia di Bali, membuat manajemen Parq Ubud buka suara,   mereka dengan tegas membantah tuduhan tersebut.   General Manager (GM) Parq I Made Dwi Suryapermadi membantah bahwa Parq adalah kampung asing atau kampung Wong Rusia  dan ia mengaku Parq adalah sebuah tempat yang terbuka untuk siapa saja, termasuk masyarakat lokal,  bantahan tersebut dilontarkan lantaran sempat beredar di media sosial bahwa Parq adalah kampung Rusia.

"  Tipe orang atau tamu yang tinggal di sini (Parq), istilahnya tidak satu atau dua tahun sebagainya. Jadi, kategori yang mengatakan itu (Parq) adalah kampung mungkin belum tepat di sini  ",  Ungkap Dwi kepada wartawan,  Sabtu   (15/04/2023) malam.   Masyarakat umum, meski tidak menginap di Parq, lanjut Dwi, bisa masuk ke Parq,   "  Kalau hanya datang untuk menggunakan fasilitas, ini terbuka untuk umum.  Bahkan orang Indonesia, atau siapapun boleh ke sini  ",  Ungkapnya Laji.

Terkait hasil operasi di malam itu, Tedy Riyandi tidak menemukan  seorangpun WNA dengan paspor atau izin tinggal yang melanggar sembari menambahkan  tak seorang pun overstay.   "  Tim sudah memeriksa bahwa seluruh dokumen yang menginap di sini, baik paspor maupun izin tinggal, semuanya masih valid. Tidak ada yang overstay  ",   Ujar SiDin Tedy  Riyandi.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali Anggiat Napitupulu juga menegaskan tidak ada kampung Rusia di Bali. Menurut Anggiat, adanya hanyalah kawasan yang didominasi turis asing, tepatnya di Ubud, Gianyar, Bali.   "  Seperti saya sebutkan sebelum-sebelumnya, kampung (Rusia) ini tidak ada. Kawasan seperti ini (Parq) yang ada. Kami melihat ke mereka bahwa mereka jangan take it for granted, kami awasi sekali. Kami konsisten seperti ini  ",  Ujar SiDin Anggiat Napitupulu  saat mengikuti operasi imigrasi mandiri di Parq, Ubud, Sabtu (15/04/2023) malam.

Ia mengungkapkan operasi tersebut bertujuan menunjukkan konsistensi imigrasi dalam mengawasi warga asing di Bali,   "  Operasi malam ini, kita sama-sama saksikan, kami konsisten awasi kawasan-kawasan yang sempat di-declare sebagai kampung asing atau kampung Rusia  ",  Cakapnya  tegas.    "  Tim sudah memeriksa seluruh dokumen yang menginap di sini, baik paspor maupun izin tinggal, semuanya masih valid. Tidak ada yang overstay  ",  Ujar Kakanim Denpasar Tedy Riyandi di sela-sela operasi semalam.

Sementara itu, hasil operasi Kanwil Kemenkumham Bali dan Kanim Kelas I TPI Denpasar melalui Timpora, tidak menemukan WNA dengan paspor atau izin tinggal yang melanggar. Tim operasi juga tidak menemukan WNA yang overstay.   "  Tim sudah memeriksa seluruh dokumen yang menginap di sini, baik paspor maupun izin tinggal, semuanya masih valid. Tidak ada yang overstay  ",    Ujar Kakanim Denpasar Tedy Riyandi dengan Plabomoranya  (hebatnya).

Kanim Dempasar Bali operasi oram Asing di Parq Ubud

 

Bali tempat berlibur Wong asing juga warga kita.

Operasi di Parq Ubud Bali tidak menemukan kampong Rusia.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEHEBATAN PULAU PAPUA YANG INDAH ALAMNYA DENGAN 7 DESTINASI WISATO

NusaNTaRa.Com byLaCappotttA, K a m i s, 1 6 M e i 2 0 2 4 Pulau PAPUA yang kaya akan keindahan alam d...