Minggu, 02 April 2023

DOSEN UII YOGYAKARTA DILAPORKAN HILANG SETELAH MENGUNJUNGI KAMPUS USN NORWEGIA

NusaNTaRa.Com

byIrkaBPiranhA,       S  a  b  t  u,     1  8         F  e  b  r  u  a  r  i     2  0  2  3

Dosen UII Yogyakarta Ahmad Munasir Rafie Pratama dilaporkan hilang kontak setelah mengunjungi
University of South-Eastern Norway (USN) di Norwegia

Ahmad Munasir Rafie Pratama  (AMRP) seorang dosen Universitas Islam Indonesia  (UII)  dilaporkan hilang kontak setelah mengikuti aktivitas mobilitas global di University of  South-Eastern Norway (USN) di Norwegia  pada 12 Februari  2023 .    "  UII terus melacak dengan berbagai cara dan berkoordinasi dengan banyak pihak.  UII memohon doa dari seluruh pihak agar keberadaan AMRP segera diketahui dalam kondisi sehat dan baik  ",  Ujar SiDin Fathul Wahid Rektor UII  dalam  keterangannya yang diterima  di  Yogyakarta,   Sabtu  (04/02/2023).

Fathul  W menjelaskan kunjungan ke kampus negeri Norwegia  itu dilakukan oleh  tim dari  UII  Yogyakarta yang  terdiri atas empat orang,  termasuk dirinya, Ahmad Munasir   dan dua orang lain.   Kunjungan ke Norwegia tersebut untuk mempererat hubungan kerja sama antara UII Yogyakarta dan USN Norwegia, dengan dukungan pendanaan dari Uni Eropa melalui skema Erasmus,   setelah  beraktivitas  selama sepekan  di USN  sejak  Minggu (5/2), tim UII kemudian meninggalkan Norwegia melalui Bandar Udara Gardermoen Oslo (Oslo Airport) pada Minggu (12/02/2023).

Fathul Wahid  mengaku berjumpa terakhir kali dengan Ahmad Munasir di Oslo, Norwegia, pada Sabtu malam (11/2),   "  Tim terbagi dalam tiga penerbangan berbeda. AMRP sendirian dalam penerbangan kembali ke Indonesia, melalui Istanbul, Turki  ",  Ujar SiDin Fathul  Wahid dengan Ahmader (Manisnya).   Menurut rencana yang disampaikan secara lisan, Ahmad Munasir mengatakan kepada Fathul bahwa rute perjalanan pulangnya ke Indonesia adalah Oslo-Istanbul-Riyadh-Istanbul-Jakarta  dan  Ahmad Munasir tidak membagikan informasi penerbangannya secara detail kepada rekannya maupun kepada istrinya.

Perjalanannya ke Riyadh dilakukan karena sebagian  tiket dibayar oleh  panitia  konferensi  di  Arab Saudi yang mengharuskan rute tersebut,   sebelum ke Oslo, kata Fathul, Ahmad Munasir sempat memberikan pidato kunci pada  konferensi  internasional   di  Jeddah.   Fathul menambahkan komunikasi terakhir Ahmad Munasir dengan istrinya tercatat pada Minggu siang (12/02/2023) dalam perjalanan pulangnya yang saat itu berada di Bandara Oslo beberapa saat sebelum menaiki pesawat menuju Istanbul,   "  Menunggu boarding  ",  Ujar  bunyi pesan Ahmad Munasir kepada istrinya.

Hingga kini, Ahmad Munasir tidak pernah mengirimkan pesan lagi kepada istri dan rekan-rekannya,   "  Sejak saat itu, AMRP tidak pernah mengirimkan pesan lagi. Beragam upaya mengontak melalui beragam kanal daring, termasuk email, diupayakan; tetapi belum satu pun yang direspons oleh AMRP  ",  Cakap SiDin Fathul W Laji.   Rencananya, Ahmad Munasir mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Kamis (16/2) pukul 18.00 WIB,   "  Adik AMRP menunggu di pintu kedatangan dan tidak mendapati yang bersangkutan.   Setelah melakukan konfirmasi ke Angkasa Pura, nama AMRP tidak ada dalam manifes penerbangan tersebut   ",  Ujar SiDin Fathul Wahid.

Setelah sekitar lima hari tidak bisa dihubungi  baik oleh keluarga maupun kampus, kasus hilangnya Dosen UII langsung dilaporkan ke Polda DIY pada 17 Februari 2023  dan  pernyataan  Polda DIY  menyebutkan   Ahmad Munasir merupakan dosen UII yang selama ini tinggal di Karangwaru Lor TR II/135 B Yogyakarta.   Ciri-ciri fisik antara lain tinggi badan 175 cm, berat badan 68 kg, warna kulit sawo matang, rambut ikal. Selain itu ada ciri khusus berupa tahi lalat di pipi kanan dan di bawah mata kiri.

UII  Yogyakarta telah berupaya menghubungi berbagai pihak terkait untuk membantu mencari keberadaan Ahmad Munasir  bahkan  UII Yogyakarta juga menyampaikan informasi ke KBRI di Norwegia dan Turki, serta menghubungi panitia konferensi di Jeddah yang memesankan tiket penerbangan.   UII juga telah menghubungi Turkish Airline di Oslo untuk memastikan bahwa Ahmad Munasir telah naik pesawat,   keluarga Ahmad Munasir sudah melaporkan kejadian itu ke kepolisian secara resmi. Namun, karena tidak ada nomor referensi pemesanan tiket, maka pelacakan tidak mudah dilakukan.

Setelah dilakukan pelacakan aktivitas daring, terdapat jejak Ahmad Munasir di Turki pada 13 Februari 2023 sekitar pukul 03.00 dan 08.00 waktu setempat. Setelah itu, tidak ada jejak daring Ahmad Munasir yang dapat dilacak.   "  Saat ini, pihak UII masih menunggu informasi dari kantor Turkish Airline di Jakarta untuk membantu memastikan kota persinggahan terakhir  ",  Cakap SiDin  Fathul Wahid dengan Soppengernya (Jumawanya).

Ahmad Munasir Rafie Pratama Dosen UII Yogyakarta 

 

Kunjungan Kerja untuk menguatka  kerjasama  antar lembaga.

Ahmad M Dosen UII Yogyakarta hilang setelah dari USN Norwegia.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEHEBATAN PULAU PAPUA YANG INDAH ALAMNYA DENGAN 7 DESTINASI WISATO

NusaNTaRa.Com byLaCappotttA, K a m i s, 1 6 M e i 2 0 2 4 Pulau PAPUA yang kaya akan keindahan alam d...