Jumat, 21 April 2023

PRESIDEN DAN KELUARGA SHOLAT IED DI MASJID SHEIKH ZAYET SOLO DAN WAKIL PRESIDEN DI ISTIQLAL JUKARTA

NusaNTaRa.Com

byMuhammaDBakrI,    S  a  b  t  u,   2  2    A  p  r  i  l    2  0  2  3

Presiden Jokowi Sholat IEDUL fITRI 1444h di Mesjid Sheikh Zayet  Solo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Jokowi melaksanakan salat Idul Fitri 1444 H di Masjid Raya Sheikh Zayed, Kota Surakarta, Jawa Tengah, pada  Sabtu   (22/04/2023),  mereka berdua  ditomani  putra bungsunya Kaesang Pangarep beserta istri tiba di masjid sekitar  pukul 06.05 WIB serta  didampingi  Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.   Dilansir dari BPMI Sekretariat Presiden, tampak Presiden mengenakan pakaian koko berwarna hitam dengan corak etnik silver dan Ibu Iriana mengenakan pakaian muslim berwarna putih gading.

Tepat pada pukul 06.30 WIB, salat Idul Fitri pun dimulai,   K.H. Agus Maarif bertindak sebagai imam,   K.H. Maksum Ahmad Kamal bertindak sebagai bilal dan  bertindak sebagai khatib adalah K.H. Abdul Karim Al-Hafidz.    Setibanya Jokowi  di dalam masjid  beliau  menempati saf paling depan, sementara Iriana menempati tempat yang telah disediakan untuk jemaah wanita di lantai 2 masjid  yang telah  dipenuhi Jemaah yang telah hadir sebelumnya.

Dalam khotbahnya selepas salat, khatib menyampaikan khotbah yang bertema  Semangat Idulfitri untuk Memperkuat Tali Silaturahmi Anak Bangsa  menjelaskan bahwa  ibadah zakat fitrah dan puasa pada bulan Ramadan memiliki dimensi sosial dan mampu memperkuat persaudaraan antarmasyarakat.     Kedua ibadah ini, yakni zakat dan puasa memiliki tujuan yang mulia. Bukan hanya berdimensi vertikal sebagai penghambaan pada Allah, namun juga berdimensi horizontal yakni hubungan dengan sesama manusia  ,   Ujar SiDin Abdul Karim sebagai khatib.

Selanjutnya, khatib menyampaikan bahwa manusia merupakan makhluk yang senantiasa saling membutuhkan sehingga harus memiliki sifat gotong-royong dan saling memberi.     Seseorang tidak akan dapat hidup seorang diri. Sebab itu harus ada sifat gotong-royong dan saling memberi sehingga jurang pemisah antara yang kaya dan yang miskin dapat ditiadakan, persaudaraan dapat dipupuk dengan hubungan yang lebih akrab  ,  Lanjut ujar khatib.   Selesai menunaikan salat Idul Fitri, sekira pukul 07.30 WIB Presiden Jokowi dan Ibu Iriana kembali ke kediaman. Presiden pun tampak menyapa masyarakat yang hadir untuk salat Idulfitri di masjid tersebut.

Dalam waktu yang bersamaan  Maruf Amin Wakil Presiden  akan melaksanakan salat Ied di Masjid Istiqlal, Jakarta,   "  Usai sholat, wapres akan kembali ke rumah dinas wapres hingga siang sebelum berlebaran ke kediaman pribadinya di Tanara  ",  Kata Juru Cakap  Wapres Masduki Baidlowi.   Masduki mengatakan, Maruf Amin tidak menggelar open house atau halal bihalal pada Idul Fitri 1444 Hijriah,   meski demikian  beliau  akan tetap menerima  tamu yang akan mengunjungi kediamannya di Tanara, Banten.

Menurut Masduki, sebagai seorang kiai dan wakil presiden, maka Ma'ruf Amin selalu terbuka bagi siapapun yang ingin bertamu,   "  Wapres itu Kiai, selama di Tanara tentunya akan menerima tamu dari menteri, warga dan ulama setempat  ",  Ujar SiDin Masduki dengan Plabomoranya (hebatnya).   Rencannya, silahturahmi lebaran orang nomor satu dan nomor dua di Indonesia ini dijadwalkan akan dilakukan melalui panggilan video.

Masjid Istiqlal Jakarta mulai dipadati jemaah yang hendak menunaikan sholat Idul Fitri 1444 H.yang berdatangan dari  berbagai daerah dan sudut kota Jukarta  sejak subuh hari agar dapat melaksanakan ibadah sholat lebaran tersebut tanpa tergesa-gesa.    Ummat muslim semakin meramaikan pelaksanaan sholat Ied di Masjid Istiqlal semuanya terpantau dari banyaknya  antrean kendaraan mobil  yang   tampak mulai dari pintu masuk masjid hingga sekitarannya.  Bahkan  banyak  jemaah yang memilih lokasi parkir di samping Mabes TNI Angkatan Darat,  meski  biaya parkir untuk kendaraan jenis mobil itu dipatok sebanyak Rp30 ribu per kendaraan.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin Sholat Idhul Adha 1444H di Istiqlal

                                                      

Merupakan anjuran dalam agama Islam saling tolong menolong.       

Dalam sholat Ied Jokowi, khatib berpesan Puasa dan zakat ibadah Penting.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEHEBATAN PULAU PAPUA YANG INDAH ALAMNYA DENGAN 7 DESTINASI WISATO

NusaNTaRa.Com byLaCappotttA, K a m i s, 1 6 M e i 2 0 2 4 Pulau PAPUA yang kaya akan keindahan alam d...