Minggu, 09 April 2023

MENIKMATI GOSO KULINER WONOGIRI DENGAN GUDENYA YANG BERGIZI DAN LEZAT BIASA TERSAJI DI KENDURIAN

NusaNTaRa.Com

byRaisALembuduT,    R  a  b  u,   0  5    A  p  r  i  l    2  0  2  3 

Goso makanan khas Wonogiri yang biasa dihidangkan saat kenduri 
 

Wonogiri Jawa tengah tidak hanya dihiasi keindahan alamnya seperti  Waduk Gajah Mungkur,  Kampung Bali, Pantai Nampu,  Soko Langit dan lainnya tapi daerah ini juga memiliki kenikmatan Kuliner khasnya yang telah dikenal sejak zaman dahulu seperti  GOSO.    Goso  makanan yang terbuat dari biji-bijian kacang-kacangan ini disebut hanya ada di musim tertentu  khususnya kemarau  dan biasa dihidangkan dalam acara kenduri,   saat ini kuliner  ini  mulai sulit didapatkan di Wonogiri bahkan hingga  di warung-warung makan yang ada di Wonogiri belum tentu menjual makanan berwarna cokelat ini.

Kacang gude  dengan bahasa ilmiahnya Cajanus  cajan sp termasuk dalam tanaman kacang-kacangan yang memiliki potensi untuk digunakan sebagai alternatif untuk ketahanan pangan karena kaya akan protein, karbohidrat,  memiliki toleransi tinggi terhadap kekeringan dam stres lingkungan.   Umumnya Cayanus Cajan  menghasilkan polong pada musim kering (Sharma et al. 2011).   Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam memperkuat cadangan pangan nasional, pihak mendukung penuh penguatan pangan lokal khususnya di Gunung Kidul, apalagi memberikan pendapatan tambahan bagi petani. Guna mengamankan produksi tanaman aneka kacang  seperti  Kacang Gude dan umbi.

Dalam salah satu kunjungan kerja Menteri Pertanian dahulu mengatakan,     Saya rasa bagus untuk petani. Biasanya menanam kacang-kacangan setelah musim panen padi dan bisa mendukung pergiliran tanaman sebagai upaya pencegahan hama dan penyakit tanaman   ”,  Ujar SiDin SY Limpo Kementan dengan Plabomoranya (hebatnya),  Jumat   (05/06/2020).  Dan menambahkan,   "  Termasuk untuk mengoptimalkan lahan dengan menanam kacang-kacangan, sayur dan refugia disetiap pematang sawah     ",  Ujar SiDin SY Limpo tegas.

Kacang Gude  di Inggris dikenal dengan sebutan Pigeon Pea serta memiliki nama loal Indonesia yang banyak  (K Hiris/sunda, Ritiklias/ sumatera,  Gude, Kayu/Jawa,  Fou Hate (ternate) dll.   Tanaman ini merupakan tanaman perdu yang tingginya dapat mencapai 3 m. Batangnya berbulu halus dan bercabang banyak.  Daunnya adalah daun ganda yang terdiri dari tiga anak daun yang juga berbulu halus baik pada bagian bawah maupun atas  dengan  bunganya berwarna kuning, jingga atau kecokelat-cokelatan.   Bijinya kecil dan warna kulitnya bermacam-macam  dari  buahnya  yang  berbentuk polong  - polongan dengan panjangnya dapat mencapai 7.5 cm

SANI  adalah salah satu pedagang makanan di Wonogiri yang masih menjual goso,  untuk menemukannya ia sering berjualan goso di Pasar Dhoplang, Desa Pandan, Kecamatan Slogohimo, pada setiap Minggu pagi.   Makanan berbahan dasar gude  tumbuhan  di musim tertentu,  sebelum dimasak menjadi goso, gude dikeringkan terlebih dahulu,  stelah kering gude kemudian digoreng menggunkan wingko (terbuat dari gerabah),   "  Digoreng dulu menggunakan wingko agar aromanya sedap, jadi tidak langsung dimasak. Saat digoreng dijos pakai air. Nanti menggelembung membesar kemudian baru dimasak  ",  Ujar SiGaluH Sarni dengan Ahmadernya (Manisnya),   Selasa   (24/01/2023).

Biji-bijian  GUDE

Sarni mengatakan bahan membuat goso yaitu gude dan parutan kelapa  dengan  bumbu masakan yang digunakan seperti bumbu sayur pada umumnya,   "  Parutan kelapa ini dimasukkan memakai santan. Kemudian bumbu juga ikut dimasukkan. Sehingga baru bisa menyatu. Rasanya tidak terlalu asin dan tidak terlalu manis, sesuai makanan khas Wonogiri  ",  Ujar SiGaluH Sarni  Laji.   Pengelola Pasar Dhoplang, Abdul Wahid Ahmadi, mengatakan gude yang digunakan ada pada musim tertentu dan  beberapa petani yang  menyimpan gude tapi tak berlangsung lama  sekitar satu hingga dua bulan,   "  Gude ini kan tanaman musiman. Tapi ada petani yang bisa spekulasi menanam. Sehingga terkadang gude juga bisa didapat dengan mudah  ",  Ujar SiDin AW Ahmadi.

AW Ahmadi  menuturkan, biasa Goso dijadikan lauk makanan pada kegiatan kenduri.  Terkhusus pada acara brokohan, seperti sepasaran bayi, kelahiran anak, dan kelahiran hewan ternak (sapi).   "  Jadi memang adanya di momen tertentu saja. Orang nduwe gawe (resepsi atau hajatan) tidak ada makanan itu. Kalau di acara kenduri itu kan nasinya bancakan. Komposisinya ya itu cabuk, goso dan lain-lain  ",  Ujar SiDin  AW Ahmadi  dengan Plabomoranya (hebatnya).

Kacang Gude  di Inggris dikenal dengan sebutan Pigeon Pea serta memiliki nama loal Indonesia yang banyak  (K Hiris/sunda, Ritiklias/ sumatera,  Gude, Kayu/Jawa,  Fou Hate (ternate) dll.   Tanaman ini merupakan tanaman perdu yang tingginya dapat mencapai 3 m. Batangnya berbulu halus dan bercabang banyak.  Daunnya adalah daun ganda yang terdiri dari tiga anak daun yang juga berbulu halus baik pada bagian bawah maupun atas  dengan  bunganya berwarna kuning, jingga atau kecokelat-cokelatan.   Bijinya kecil dan warna kulitnya bermacam-macam  dari  buahnya  yang  berbentuk polong  - polongan dengan panjangnya dapat mencapai 7.5 cm.

Kacang Gude


 

Kacang Gude ramuan khas Goso menggoda hati.

Goso Kuliner bergizi khas dari daerah  Wonogiri.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEHEBATAN PULAU PAPUA YANG INDAH ALAMNYA DENGAN 7 DESTINASI WISATO

NusaNTaRa.Com byLaCappotttA, K a m i s, 1 6 M e i 2 0 2 4 Pulau PAPUA yang kaya akan keindahan alam d...