Jumat, 21 April 2023

PESULAP MERAH SAAT BICARA SOAL DUKUN MENIMBULKAN SALAH PAHAM, AKAN DISANKSI ADAT DAYAK KANAYATAN

NusaNTaRa.Com

byBakuINunukaN,     K  a  m  i  s,    2  0     A  p  r  i  l     2  0  2  3

Marcel Radhival alias Pesulap Merah dikenakan sanksi adat Dayak. karena Pesulap Merah dianggap
memicu kesalahpahaman saat bicara soal dukun

Marcel Radhival alias Pesulap Merah dikenai sanksi adat Dayak. Sanksi dijatuhkan karena Pesulap Merah dianggap memicu kesalahpahaman saat bicara soal dukun yang kemudian memicu persoalan.    Lawadi Nusah  sekretaris Umum Dewan Adat Dayak DKI Jakart,   mengatakan Pesulap Merah dinilai melecehkan masyarakat Adat Dayak saat bicara tentang dukun orang Dayak.  Pesulap Merah lalu diklarifikasi oleh Dewan Adat Dayak Jakarta pada  Sabtu  (15/04/20234).

"  Kata Dukun dalam masyarakat adat Dayak adalah orang yang berprofesi membantu warga dalam hal :  melahirkan disebut dukun beranak, ahli patah tulang disebut dukun patah tulang, mengobati orang yang sakit karena semberono/lalai  ",  Ujar SiDin Lawadi Nusah  saat dimintai konfirmasi,  Senin   (17/04/2023).   Dan   "  Semua dukun orang Dayak pada dasarnya menolong tidak untuk cari keuntungan pribadi  ",  Ujar SiDin Lawadi Nusah dengan Plabomoranya (hebatnya).

Lawadi Nusah melanjutkan kesalahan kedua Pesulap Merah diduga sengaja menantang suku etnis dari Dukun Dayak.   Usai diklarifikasi, Pesulap Merah pun menandatangani berita acara bersama perwakilan Dewan Adat Dayak Jakarta.   Poin-poin berita acara tersebut disampaikan tokoh masyarakat atau Timanggong Adat Dayak Kanayatan DAD Jakarta, Yopinus Jailim. Dalam pertemuan itu, Pesulap Merah mengakui kesalahannya.

"  Satu, Marcel Radhival Pesulap Merah mengakui telah menimbulkan kesalahpahaman di masyarakat adat Dayak pada khususnya dan atas informasi di medsos, yaitu YouTube dan TikTok tanggal  09 April 2023  ",  Ujar SiDim Yopinus Jailim menjelaskan.   Dia mengatakan polemik tersebut akan diselesaikan secara adat.   Proses penyelesaian sanksi adat akan diadakan pada 06 Mei 2023 di rumah adat Dayak atau betang di anjungan Provinsi Kalimantan Barat TMII Jakarta.

"  Meminta dan memohon maaf, bersedia untuk diselesaikan secara adat dari masyarakat adat dayak DAD DKI Jakarta  ",  Ujar SiDin Yopinus Jailim dengan Soppengernya (Jumawanya).    Dia mengatakan rincian sanksi adat Dayak akan dibacakan pada saat prosesi pemberian sanksi,    dia juga meluruskan bahwa Pesulap Merah tak bermaksud melecehkan adat Dayak.   "  Saudara Marcel kepada saudara-saudara saya orang Dayak di Pulau Kalimantan maupun di mana berada, bahwa tak ada niatan Saudara Marcel untuk melecehkan atau merendahkan orang suku dayak secara umum  ",  Ujar Timanggong Adat Dayak Kanayatan Jakarta.

Dia mengatakan kesalahpahaman itu terjadi juga karena ada pihak yang menyebarkan informasi tak bertanggung jawab di media sosial (medsos),   "  Kita di sini ingin membuat darah semuanya dingin, kita bersaudara, berharmoni dengan alam, menjaga jangan lagi ada hal gagal paham   ",   Ujar SiDin Yopinus Jailim Laji.

Yopinus  Jailim juga  mengatakan detail sanksi adat itu akan disampaikan pada pelaksanaan prosesi pada  Sabtu (06/05/2023)  nanti,  sanksi itu disampaikan setelah Pesulap Merah dimintai klarifikasi oleh Dewan Adat Dayak DKI Jakarta pada akhir pekan lalu.   "  Sanksi adat Dayak yang dilaksanakan tanggal  06 Mei nanti dari sub-suku Dayak Kanayatan untuk mewakili 405 sub-suku Dayak di Pulau Borneo.  Adat Dayak Binua Capala Kalimantan Barat  ",  Cakap menambahkan

Dalam prosesi itu, Pesulap Merah juga memohon maaf kepada masyarakat adat Dayak atas ucapan yang keliru. Sanksi dijatuhkan karena  Pesulap Merah  dianggap  memicu kesalah pahaman saat  bicara soal  dukun.   "  Sanksi adat perdamaiannya disebut  :   Pesulap Merah sorok/nyorok sambah ka binua talino   (Pesulap Merah memohon maaf kepada semua masyarakat adat Dayak atas ucapan yang keliru dan tidak benar)  ",  Cakap  Yopinus Jailim Laji.

Marcel Radhival alias Pesulap Merah


Medis dan supra Natural metode pengobatan Dukun.

Pesulap Merah bicara dukun disangsi Adat Kanayatan.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEHEBATAN PULAU PAPUA YANG INDAH ALAMNYA DENGAN 7 DESTINASI WISATO

NusaNTaRa.Com byLaCappotttA, K a m i s, 1 6 M e i 2 0 2 4 Pulau PAPUA yang kaya akan keindahan alam d...