Kamis, 02 Februari 2023

TANAMAN YANG DAPAT MEMBUNUH MANUSIA “GYMPIE – GYMPIE” BANYAK DITEMUKAN DI INDONESIA TIMUR

NusaNTaRa.Com

byIndaHPalloranG,    R   a  b  u,      3   0     N  o  v  e  m  b  e  r      2  0  2  2 

Gympie-Gympie Tanaman Beracun dan Mematikan yang Tumbuh di Indonesia

Gympie - gympie,  apakah kamu pernah mendengar tentang  nama Tanaman  ini   ?,   tanaman yang satu ini memang asing di telinga  dan satu hal lagi  yang harus kalian tahu, gympie-gympie merupakan jenis tanaman yang amat beracun dan mematikan.   Biasa hidup di hutan hujan tropis, ia dapat ditemukan di Maluku dan wilayah Timur Laut Australia,  tumbuh dengan ketinggian hingga ompat  meter  dan   gympie-gympie memiliki  daun berbentuk hati berwarna hijau  dan memiliki buah berwarna ungu.   Dikutip dari Odittycentral, tanaman ini dikenal sebagai pembunuh anjing, kuda  dan manusia.

Dimuat dari National Geographic, gympie gympie adalah empat spesies pohon penyengat ini biasa tumbuh di hutan hujan di Timur Laut Australia dan Maluku, Indonesia  dan  bagi kalian yang sering berkelana di hutan terutama di Maluku, patut diperhatikan dan diwaspadai.  Tiga spesies yang berkerabat dekatnya yang juga dari famili Urticaceae, adalah pohon penyengat raksasa (Dendrocnide excelsa), pohon penyengat daun mengkilap (Dendrocnide photinophylla) dan penyengat Atherton Tableland (Dendrocnide cordata).

Dendrocnide berasal dari kata Yunani Kuno dendron yang berarti pohon  dan knide yang berarti jarum menyengat. Penampilan tanaman yang kabur karena ditutupi oleh ribuan sengatan kecil seperti rambut ini membawa racun yang sangat kuat.   Karena itu akan membuat korbannya menggeliat kesakitan selama berminggu-minggu  bahkan sampai berbulan-bulan.  Ahli botani Marina Hurley yang mempelajari tanaman itu selama tiga tahun di hutan hujan Queensland menggambarkannya begitu mengerikan,     Sesuatu yang membakar seperti asam panas dan disetrum pada saat yang sama  ”,  Ujar SiDin Marina Hurley dengan Plabomoranya (hebatnya).

Gympie-gympie memiliki daun yang sangat unik karena bentuknya berbentuk hati lonjong dan lebarnya dapat mencapai 50 cm. Selain daun, tanaman ini juga memiliki buah berwarna putih atau ungu-merah.   Batang dan buahnya juga diselimuti bulu-bulu yang menyengat.   Gympie gympie merupakan semak berkayu lunak yang tingginya dapat mencapai 4-5 cm, namun sering dijumpai sebagai semak yang lebih kecil dengan tinggi sekitar 0,1-1m.

Setiap daun terlihat   memiliki bulu halus,  bulu - bulu halus itulah yang digunakan oleh tanaman untuk menyengat dan menyalurkan bisa mematikan ke tubuh korbannya.   Jika anda bersentuhan dengan tanaman itu, bulu-bulu halus tanaman Gympie-Gympie yang dalam bahasa Latinnya  Dendrocnide  moroides   akan menembus kulit Anda dan melepaskan racun moroidin  dam   torkadang-kadang, hanya berada di dekat tanaman itu saja  dan bernapas maka dapat menyebabkan gatal-gatal, ruam, bersin  dan mimisan yang mengerikan.    Setelah itu, persendian akan terasa sakit dan muncul benjolan yang sangat sakit di ketiak.  Dalam kasus berat, keracunan gympie gympie bisa menimbulkan kematian  selama  masih ada di kulit dan tidak segera.

Bagi yang  terkena  tanaman  ini yang dikenal sebagai tanaman mematikan, maka  akan  cukup beruntung jika dapat bertahan hidup  karena rasa sakit yang  timbul bisa berlangsung selama berbulan-bulan, bahkan hingga bertahun-tahun.  Bahkan jika tanaman ini sudah mengering ratusan tahun, racunnya dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.   Tanaman  Gympie-Gympie seringkali menjadi ancaman sangat berbahaya  bagi para pembuka hutan,  surveyor,  penebang kayu  dan  banyak aktifitas di dalam area hutan.

Itu sebabnya sebagian besar orang yang sudah mengetahui predikat yang disandang oleh  tanaman  Gympie-Gympie tidak berani masuk ke teritori mereka tanpa menggunakan respirator,  sarung tangan tebal   dan tablet antihistamin.   "  Mengalami tersengat adalah rasa sakit terburuk yang anda dapat bayangkan.   Seperti dibakar dengan asam panas dan listrik pada saat yang sama  ",  Ujar SiGaluH  Marina Hurley pakar  Entomologi dan Ekologi,  iapun  mengaku sempat disengat oleh gympie-gympie ketika bertugas selama tiga tahun di Queensland Atherton Tableland.

Pada saat itu  ia masih seorang mahasiswa pascasarjana di Universitas James Cook   dan tengah menyelidiki herbivora yang memakan tanaman penyengat tersebut.    Reaksi alergi berkembang dari waktu ke waktu, menyebabkan gatal ekstrim dan gatal-gatal yang akhirnya diperlukan pengobatan steroid,  pada saat itu dokter menyarankan bahwa saya seharusnya tidak memiliki kontak lebih lanjut dengan tanaman dan saya tidak keberatan.

Menariknya, tentara Inggris diduga pernah tertarik pada gympie-gympie dan berniat menjadikannya senjata biologis pada akhir 1960. Divisi Pengembangan Kimia di Porton Down mengontrak Alan Seawright pada 1968, meminta spesimen pohon penyengat itu,     Perang kimia adalah pekerjaan mereka, jadi saya hanya bisa berasumsi bahwa mereka sedang menyelidiki potensinya sebagai senjata biologis  ”,  Ujar SiDin Alan SeaWrihgt  dengan  Soppengernya (Jumawanya).

Dr Thomas Durek dan timnya di Institut for Molecular Bioscience baru-baru ini menemukan bahwa tanaman tersebut menghasilkan racun saraf yang mirip dengan milik laba-laba atau siput kerucut,  adapun pertolongan apabila sempat bersentuhan dengan tanaman mematikan ini, hal terpenting adalah tidak menggosok area tersebut karena ini dapat mematahkan bulu dan membuatnya sangat sulit untuk dihilangkan.  Kemudian untuk mengurangi keparahan dan durasi rasa sakit bisa menggunakan asam hidroklorat encer untuk menetralkan lapisan peptida rambut, diikuti dengan strip waxing untuk menghilangkan rambut yang menyengat akan memberikan kelegaan waktu.(dr.berbagai sumber)

Daun Gympie - Gympie 

 

 

Daun Pepayah obat malaria rasa pahit bujur.

Gympie-gympie tanaman mematikan dari Indonesia Timur.   


 NusaNTaRa.Com  Adverstesment 

                        Melayani pemasangan Iklan 

                                   Sila Dail Talian  0821 5385 8932 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...