Kamis, 09 Februari 2023

PASAR LEGENDA MAKASSAR “PASAR TERONG TERBAKAR”, MELUDESKAN 24 KIOS AKIBAT KORSLETING LISTRIK

NusaNTaRa.Com

byIrkaBPiranhA,   S e n i n,   0  6   F e b r u a r i   2  0  2  3   

Pasar Terong Makassar 

Kebakaaran Pasar Terong Makassar yang berada di Jalan Pasar Terong, Kelurahan Tompo Balang, Kecamatan Bontoala terbakar pada  Minggu   (05/02/2023) sekitar pukul 21.07 Wita.  Berdasarkan rekaman video yang beredar, sejumlah warga di Pasar Terong panik saat kebakaran terjadi,   "  Lantai Pasar Terong terbakar.  Mohon diinfokan  ",  Ujar SiDin pria dalam video tersebut.    Peristiwa tersebut menghanguskan 24  kios yang berada di Pasar Terong,   petugas damkar langsung turun ke lokasi kebakaran untuk membantu pemadaman api seketika kejadian bermula.

Kejadian  menghanguskan  sebanyak 24 kios  yang berada dalam Pasar Terong, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) saat  terbakar  dan kebakaran diduga terjadi karena korsleting listrik.   "  Laporan masuk pukul 21.07 (Wita) terus unit tiba di lokasi kebakaran pukul 21.13. Memakan waktu kurang lebih 40 menit  ",   Ujar Danton 1 Damkar Makassar,  Ramli dengan Boneer (rasa merinding),  Minggu (5/2/2023) malam,  dan  "  Yang terbakar itu barang pecah belah di lantai 2. Jadi jumlah kios yang terbakar 24 unit  ",  Ujar SiDin menyambung.

Pihak Damkar diterjunkan langsung ke lokasi kebakaran  seketika setelah menerima laporan kebakaran sekitar pukul 21.27 Wita,  Minggu   (05/02/2023) dengan menurunkan  sejumlah petugas damkar Makassar.   "  Laporan masuk pukul 21.07 (Wita) terus unit tiba di lokasi kebakaran pukul 21.13. Memakan waktu kurang lebih 40 menit  ",  Cakap  Danton 1 Damkar Makassar, Ramli,  Minggu  malam.   Kebakaran Pasar Terong Makassar berhasil dipadamkan dalam waktu 1,5 jam.  Petugas damkar berhasil memadamkan api pada pukul 22.31 Wita.

Kebakaran terjadi di gedung lantai dua Pasar Terong, pada Minggu (5/2) malam. Api begitu cepatnya menyebar ke kios lainnya lantaran diketahui pada umumnya menjual barang pecah belah.    Api kemudian dapat dijinakkan oleh petugas usai menerjunkan 78 personel damkar ke lokasi. Setelah petugas berjibaku hampir satu jam, kobaran api pun dapat dipadamkan,   "  Kendala tidak ada didapat. Armada yang kita terjunkan ada 22 unit dari carester Ujung Tanah, 4 unit dari posko Timur 3 unit, mako Damkar 17 unit, posko metro Tanjung bunga satu unit  ",   Ujar SiDin Ramli dengan Boneer (Rasa merinding).

Selama proses pemadaman  Pihak Damkar  menjalankan sebagaimana mestinya  dan tidak ada kendala  yang berat sekali saat pemadaman api pada kebakaran Pasar Terong Makassar.   Setelah meludeskan  24 kios  nyala api  baru dapat dipadamkan oleh sejumlah personel damkar di lokasi,   "  Kendala tidak ada didapat.  Armada yang kita terjunkan ada 22 unit dari carester Ujung Tanah, 4 unit dari posko Timur 3 unit, mako Damkar 17 unit, posko metro Tanjung bunga satu unit  ",  Cakap SiDin Ramli  Laji.

Sementara itu, kebakaran ini juga diduga dipicu akibat korsleting arus pendek listrik di salah satu kios,   "  Laporan sementara arus pendek listrik  ",  Ujar Ramli  Laji.   Diberitakan sebelumnya, kebakaran terjadi di Pasar Terong, Makassar,  Api kemudian dapat dipadamkan setelah 1,5 jam  petugas berjibaku dengan api bersama masyarakat sekitar,   "  Penyebab sementara kebakaran arus pendek  ",   Ujar SiDin Hasanuddin  Kadis Damkar Makassar,   Minggu   (05/02/2023).

Selaku penanggung jawab pasar, Syamsul akan mendiskusikan lebih lanjut nasib para pedagang yang terdampak.  Dia menyebut pihaknya belum bereaksi karena belum ada keputusan bersama dengan pihak-pihak terkait.   "  Kami kan penanggung jawab pasar yah, kita akan diskusikan bagaimana penanganannya. Bukan hanya yang terbakar kiosnya, tetapi bangunan ini kan masih belum ada kejelasan, belum ada berita acara dari pihak ketiga, sehingga langkah yang akan kami lakukan harus didiskusikan dengan matang  ",  Cakap Syamsul T Laji.

Petugas Damkar Makassar memadamkan kebakaran 
Pasar Terong Makassar

 

Pasar Legenda Makassar Pasar terong sejak dahulu.

Pasar Terong diamuk kebakaran  24 kios  tersisa Abu.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...