Selasa, 21 Februari 2023

GEMPA GUNCANG JAYAPURA BERMAGNITUDE 5,4, BERGEMPA SEBANYAK 1.072 KALI DAN MENELAN KORBAN JIWA 236 ORANG

NusaNTaRa.Com

byMuhammaDBakrI,    K  a  m  i  s,   1  6    F  e   b  r  u  a  r  i    2  0  2  3.

Gambaran kerusakan Gempa Jayapura

Gempa magnitudo  5,4  yang telah mengguncang Jayapura Papua pada   02/01 - 14 Februari 2023 telah menelan korban setotal  236  jiwa.  Tak hanya itu, gempq  yqng berakibat tanah longsor  dibeberapa titik berakibat banyak bangunan warga yang mengalami kerusakan dan sekitar seribu orang  telah  mengungsi ke tempat yang lebih aman.    Menurut data yang terkini saat ini  cukup banyak permukiman warga yang terdampak baik rusak ringan, sedang dan berat.  yaitu masing - masing  15 rumah rusak berat, 1 rumah rusak sedang, dan 28 rumah rusak ringan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua dalam keterangannya yang diterima, Jumat (13/02/2023) mencatat, ada  sekitar  2.136  orang meninggal dalam kejadian gempa Jayapura tersebut.  diantara  tercatat  Rista, Perempuan berusia 25 tahun, Pegawai Cirita Cafe.   Kemudian Ani, Perempuan 26 tahun, Pegawai Cirita Café,   Astrid, Perempuan berumur 25 tahun, Pegawai Cirita Caf e, dan Maya, Perempuan 27 tahun, Pegawai Cirita Café,  sebagai mana diketahui café ini runtuh tenggalam kedalam laut yang tak jauh dari lokasina.

Sementar beberapa  korban mengalami luka  serius ndiantaranya ada   limw belas orang diantaranya  Yaitu Jefri  Alamat : APO , Jean Real Karubaba (dari kantor statistik),Rahmat sulis dari Entropor,  Patrisius Redol (Hotel Swisbell), Samuel Kafiar (Biak) Alamat : Abepura, Jhon F Tobing (Tobing) Alamat : Dok V atas.  Madpng dari Kamp Dok  I  dan Dominggus nere dari Dok III dll.    Hingga Jumat (10/02/2023,   terdapat 15 titik lokasi pengungsian menurut data yang dirangkum oleh Pusat Pengendali & Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

BPBD Papua telah melakukan sejumlah  kegiatan  untuk menanggulangi dampak gempa Jayapura tersebut. Tenda-tenda dibangun di beberapa titik, yaitu di RS Dok II sebanyak tiga tenda, di B-One didirikan satu tenda, di Kejati satu tenda, bantuan Lampu Light Tower satu buah untuk Rumah Sakit Umum Dok II, Satgas BUMN menyediakan Lampu Penerangan dan aringan Listrik untuk Rumah Sakit Umum Dok II dan B-one.  Hasil rapat forkopimda menyebutkan Pj Walikota Jayapura menetapkan status tanggap darurat untuk bencana gempa bumi di Kota Jayapura.   Kebutuhan mendesak untuk para korban gempa adalah tenda, velbet, makanan siap saji, selimut, tikar, dan air mineral.

Gempa Jayapura

Sebelumnya  Gempa Magnitudo 5,4 yang  mengguncang Kota Jayapura, Kamis (10/02/2023), pukul 13:28:02 WIB. Laman Badan Meteorologi Kimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,2 dan tidak berpotensi tsunami.   Episenter gempa (pusat Gempa)  Jayapura ini terletak pada koordinat 2,50° LS ; 140,70° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada kedalaman 10 km.  Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif.

Tak hanya rumah dan cafe yang runtuh, tapi bangunan-bangunan layanan masyarakat pun ikut runtuh, 1 kafetaria roboh dan tenggelam, 5 gedung perkantoran rusak, RSUD Kota Jayapura rusak, 1 masjid, 2 gereja, 1 hotel dan 1 supermarket turut terdampak.  Daryono Kepala Bidang Gempa Bumi dan Tsunami BMKG  mengatakan, dari  hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip),   "  Dilaporkan ada kerusakan pada beberapa bangunan di Jayapura  ".   Ujar SiDin  Daryono dengan Plabomoranya (hebatnya).

Berdasarkan hasil pengamatan BMKG, sejak 2 Januari 2023 hingga Kamis, 14  Februari 2023 pukul 14:00 WIB, telah terjadi gempa bumi di wilayah sekitar Kota Jayapura sebanyak 1.072 kali dengan 128 kejadian diantaranya dirasakan oleh masyarakat.    "  Warga diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa  ",  Ujar SiDin Daryono Laji.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini  yang  mengecek  langsung penanganan dampak bencana tersebut di Kota Jayapura, Papua,  Selasa  (14/02/2023),  menyerahkan santunan untuk ahli waris dari empat korban meninggal.   Kemensos terus melakukan evaluasi untuk percepatan penanganan bencana di Kota Jayapura.   Kementerian Sosial juga berkoordinasi dengan Pemerintah Kab.  Mimika, Papua Tengah, untuk membuat gudang stok penyangga.     Sesuai dengan aturan itu Rp15 juta, kemudian kita bantu untuk sembako.  Nah, yang ada anaknya nanti kita akan coba selesaikan supaya anaknya bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah   ",  Ujar SiGaluH Rismaharini,  Selasa   (14/02/2023).

Dalam penanganan bencana gempa bumi di Kota Jayapura, Kementerian Sosial telah mengirimkan bantuan logistik darurat, yang terdiri dari makanan untuk anak sebanyak 1000 paket, 100 kasur dan 500 matras, 1000 paket sandang dewasa.   Kemudian ada 500 paket-pakaian anak-anak, 500 unit tenda gulung, 50 unit tenda serbaguna, 150 unit tenda keluarga portable dan 5 unit toilet portable,   "  Kita bisa pasang tenda sehingga saat-saat gempa yang bahaya tuh kan masyarakat saat malam dia kondisi tertidur atau dia kondisi ngantuk kemudian ada gempa bingung untuk menyelamatkan diri  ",  Ujar SiGaluh Rismaharini menyampaikan.

Kondisi Gempa di siring Laut  Jayapura



Gerakan Bumi yang keras  menjadi  bencana manusia.

Gempa Magnitudo  5,4  Rontokkan Jayapura dan sekitarnya.

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...