Selasa, 07 Juli 2020

TIGA MAHASISWA UNHAS DARI MAPALA FT, TAKLUKKAN PUNCAK ELBRUS RUSIA 2012 .


NusanTaRa.Com
byMapirOBorrA,                                                                        08  Juli  2020


Tiga pendaki dari Tim Ekspedisi Ewako Merah Putih Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) 09 Universitas Hasanuddin Makassar sukses menaklukkan puncak gunung Elbrus yang bersalju dan dingin  menusuk bagi para pondaki.   Cuaca dingin menjelang musim dingin di Rusia tidak membekukan semangat ketiganya untuk menaklukkan dan mengibarkan Merah Putih di puncak Elbrus pada 15 Oktober 2012.

  Ketiga mahasiswa dari Fakultas Teknik Unhas itu yakni Sofyan Bachtiar sebagai Koordinator tim, Aan Anggareksa, dan Achmad Ritauddin  ”,   Ujar SiDin Enjay Diana Sekretaris Dua Fungsi Pensosbud KBRI Moskow,   London  Sabtu (20/10/2012), sementara     Kami sangat senang bisa mencapai puncak. Cuaca sangat mendukung pendakian ini  ”,  Ujar SiDin Sofyan Bachtiar di KBRI Moskow, Jumat, usai pendakian sebelum mereka kembali ke tanah air dan  "  Terima kasih atas arahan, bantuan dan dukungan dari KBRI Moskow dalam ekspedisi kami selama di Rusia  ",  Ujar SiDin  menambahkan.

Tim Mapala 09 Unhas tiba di Moskow tanggal 6 Oktober 2012 lalu disambut dinginnya cuaca Moskow di bawah 10 derajat Celcius. Keesokkan harinya mereka bertolak ke Minerny Vody dan langsung menuju Elbrus untuk aklimatisasi.   Dalam ekspedisi pendakian Tim Mapala 09 Unhas kali ini tidak berjalan sendiri karena mereka bertemu pendaki dari negara lain seperti Jorman, Norwegia dan Inggris. 

Aan Anggareksa salah satu tim pendaki mengutarakan betapa sulitnya menaklukkan meski semua terbayar setelah mereka dapat mencapai puncak,     Siang hari tanggal 15 Oktober sekitar pukul 12 lebih kami berhasil mencapai puncak puncak Elbrus  ”,  Ujar SiDin Aan Anggareksa.  Dalam rombongan pendakian  Tim Mapala 09 Unhas, terdapat pula pendaki negara Jorman, Noorwagia daan Inggeris yang kemudian bergerak bersama. 

Elbrus berada di dekat perbatasan antara Rusia Georgia. Gunung ini memiliki ketinggian 5.642 mdpl atau 18.510 kaki dan puncaknya selalu diselimuti salju. Elbrus termasuk salah satu dari tujuh puncak gunung tertinggi dunia yang menjadi pilihan pendaki-pendaki dari berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia.   Beberapa pendaki Indonesia telah berhasil mengibarkan Merah Putih di puncak Elbrus, seperti pendaki tunadaksa Sabar Gorky, Tim UNJ, Tim UNNES, Tim Unair, Tim Wanadri dan Tim Ekspedisi Rakyat Merdeka-TRAMP.

Gambaran sekilas  untuk mendakian  Gunung Elbrus, pertama-tama  harus pergi ke Nalchik (1.652 kilometer dari Moskow) atau Mineralnye Vody (1.552 kilometer dari Moskow),  kedua kota ini memiliki sarana transportasi ke area wisata Prielbrusie  menggunakan mobil, kereta, atau pesawat terbang.   Dari sini menaiki ski lift yang akan membawa Anda setinggi 3.800 meter,  Ski lift ini juga memungkinkan yang bukan pendaki untuk mudah menikmati pemandangan Elbrus,   Pendakian Elbrus dimulai dari stasiun kereta gantung Gara-Bashi yang berada di ketinggian 3.850 meter.

Sebelum penaklukkan puncal Gunung Elbrus di Rusia,  Tim Ewako Merahputi Unhas 09 Fakultas tehnik sebelumnya melakukan banyak persiapan seperti pelatihan akhir di Puncak Gunung Bawakkaraeng Malino Gowa yang di ikuti sekitar 6 mahasiswa pendaki.   Meski pada penetapan pemberangkatan yang jadi hanya Tiga orang sebagaimana tersebut diatas dan keberhasilan ini menjadi satu kebanggaan mahasiwa Unhas khususnya.
dr. TribunNews.com, 24/10/2012.


Elbrus puncak tertinggi di Eropah,
FT Unhas 09 taklukkan Elbrus 2012 Tim Ewako MerahputiH.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...