Rabu, 22 Juli 2020

EKONOMI SINGAPURA TERPARAH SEJAK MERDEKA, RESESI MINUS 42 %.


NusanTaRa.Com
byIrkaBPiranhA,                                                                                             16  Juli  2020



Ekonomi Singapura  negara tetangga Indonesia mengalami krisis   jatuh ke jurang resesi, ini terlihat  setelah dalam kuartal II-2020 ini, pertumbuhan ekonominya minus lebih dari 40 % semua ini karena  ekonomi Singapura terhantam parah pandemi virus corona (Covid-19).     Para analis mengatakan kinerja ekonomi Singapura di kuartal II-2020 merupakan angka kuartalan terparah yang pernah ada sejak Singapura merdeka 55 tahun lalu,  sebagaimana dilansir AFP, Selasa (14/07/2020)

Singapura  yang selama ini sangat bergantung pada sektor perdagangan dan jasa,  pertumbuhan ekonomi kuartal I-2020  bila dibandingkan kuartal II-2019, ekonomi Singapura pada kuartal II-2020 minus 41,2  %.   Negara tersebut masuk ke dalam jurang resesi,  karena pertumbuhan ekonominya minus dalam dua kuartal berturut-turut dan  terakhir kali Singapura mengalami resesi pada 2009, saat terjadi krisis keuangan global.

Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura (MTI) pada Selasa (14/7) mengumumkan data awal (preliminary) pertumbuhan ekonomi mereka minus 41,2 persen pada kuartal II 2020 dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.   Secara tahunan, ekonomi Singapura sudah terkontraksi 12 persen. Penurunan itu lebih dalam dibandingkan dengan kuartal I 2020 yang hanya minus 0,7 persen. Apa yang dialami Singapura seharusnya merupakan sinyal keras bagi Indonesia.

Kerisis resesi yang menimpa  Singapura menjadi alarm bagi negara-negara di wilayah Asia Tenggara,   karena banyak negara yang perdagangannya juga bergantung pada Singapura.   "  Ini merupakan angka kuartalan terparah dalam sejarah 55 tahun Singapura. Namun ini bukan kejutan, karena Singapura memang sangat tergantung pada perdagangan barang dan jasa  ",   Ujar SiDin Song Sen Wun Ekonom dari CIMB Private Banking.

Kementerian Perdagangan Singapura mengatakan, kontraksi ekonomi yang dalam ini disebabkan oleh pembatasan aktivitas pada April hingga awal Juni 2020 untuk menahan penyebaran virus corona, termasuk penutupan banyak bisnis dan aktivitas ekonomi.   Secara figur, sektor konstruksi di Singapura pada kuartal II-2020 terkontraksi atau minus 54,7% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Atau minus 95,6% dibandingkan kuartal sebelumnya.

Sektor jasa minus 13,6% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, karena sektor pariwisata terhantam akibat pembatasan aktivitas.   Sektor manufaktur tercatat masih tumbuh positif 2,5% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya,  ini karena pertumbuhan sektor manufaktur biomedikal.   Singapura memang melakukan pengetatan kegiatan untuk mencegah penyebaran virus corona, dengan melakukan tes dan melacak jejak orang yang terinfeksi virus corona.

Setidaknya ada tiga faktor yang membuat Indonesia harus khawatir dengan resesi ekonomi yang terjadi di Singapura.   Pertama, Singapura adalah negara tujuan ekspor non migas ke lima terbesar Indonesia  dan yang terbesar di ASEAN.   Faktor kedua  tak kalah mengkhawatirkan adalah, Singapura merupakan negara penanam modal asing terbesar di Indonesia. Masih menurut data BPS, hingga kuartal I 2020, investor Singapura sudah menempatkan dananya sebesar AS$2,7 miliar ke 3.006 proyek di Indonesia.   Alasan ketiga kenapa resesi Singapura akan berdampak ke Indonesia adalah karena mereka merupakan penyumbang wisatawan mancanegara (wisman) terbesar kedua bagi Tanah Air.

Kebijakan Pemerintah Singapura mengatasi resesi tersebut  dengan mengguyur paket stimulus senilai US$ 72 miliar atau lebih dari Rp 1.000 triliun.   Beberapa kebijakan Pandemi mereka yang memperhatikan ekonomi mereka,  saat  ini ekonomi Singapura mulai kembali berjalan, setelah pembatasan aktivitas mulai dilonggarkan Juni lalu meski  sektor industri pariwisata masih akan menderita karena pandemi.


Singapura Pusat perekonomian asia tenggara,
Singapura mengalami resesi karena Pandemi Corona.

1 komentar:

  1. Semoga ceoat pulih dan kita di ASEAN terbebas dari resesi ....... itu

    BalasHapus

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...