Selasa, 14 Juli 2020

JOKOWI, NEW NORMAL MENGHADAPI CORONA DENGAN LEBIH BERSAHABAT


NusanTaRa.Com
byAsnISamandaK,                            07/05/2020


New normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal,   namun  perubahan ini ditambah dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19 sebagai mana dikatakan Wiku Adisasmita, Rabu  20/05/2020.   Protokol kesehatan menjadi aturan yang disebutkan dalam implementasi new normal,  yakni dengan menjaga jarak sosial dengan mengurangi kontak fisik dengan orang lain serta mengurangi keramaian umum hingga ditemukan vaksin penangkal virus Corona.

Akibat pandemi  masyarakat dunia dipaksa tinggal di rumah sehingga bekerja, sekolah, hingga beribadah juga harus dilakukan di rumah. Terkecuali bagi mereka yang memang harus beraktivitas di luar rumah,  perubahan ekstrem ini telah memberi dampak yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat, serta bagi banyak sektor yang dapat menjadi satu bencana besar bagi kehidupan masyarakat luas sehingga perlu kebijakan lebih bersahabat terhadap Pandemi Covid-19 sehingga kita dapat mengataasinya tanpa harus menghadapi problem sosial dan ekonomi yang dapat menghancurkan sendi kehidupan.

Kebijakan dalam mengatasi penyebaran virus Covid-19 sebelumnya  berupa stay Home,  Kurangi aktipitas hingga membatasi pekerjaan masyarakat secara ketat telah berdampak negatip bagi kehidupan.   Kehidupan massyarakt sangat tertekan dan perekonomian mulai terguncang, sehingga membuat sejumlah negara mulai melonggarkan kebijakan terkait mobilitas warganya, kendati virus SARS-CoV-2, penyebab Covid-19 masih terus mengancam.

Wiku mengatakan masyarakat akan menjalani kehidupan new normal hingga ditemukan vaksin,  yang dapat digunakan untuk menangkal virus corona dengan pola diharapkan kehidupan kitad dapat lebih stabil dan lebih baik dari sebelumnya.   "  Transformasi ini adalah untuk menata kehidupan dan perilaku baru, ketika pandemi, yang kemudian akan dibawa terus ke depannya sampai ditemukan vaksin untuk Covid-19  ",  Ujar SiDin Wiku.

New normal pada akhirnya menjadi kondisi yang harus dihadapi masyarakat agar dapat hidup berdampingan dengan ancaman virus corona,  hingga  Vaksin corona ditemukan.    Diyakini oleh para ahli dan pakar kesehatan dunia vaksin Virus Covid-19  akan tersedia pada tahun 2021 mendatang,   artinya, new normal yang harus dijalani oleh masyarakat harus dilakukan paling tidak hingga tahun depan, bahkan kemungkinan lebih. Presiden Jokowi ajak hidup berdamai dengan Covid-19.

Kehidupan new normal merupakan bagian dari exit strategy setiap negara dalam menghadapi pandemi virus corona,  strategi utama yang disarankan oleh organisasi kesehatan dunia (WHO), yakni test, tracing, treat, isolate dan masker.   Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyebutkan sejumlah hal yang perlu diperhatikan setiap pemerintah terkait pandemi Covid-19,  di antaranya, mendidik, melibatkan dan memberdayakan masyarakatnya untuk hidup di bawah new normal.

Epidemiologi dari Griffith University Australia, Dicky Budiman mengatakan new normal life adalah bagian dari strategi yang diterapkan sebelum vaksin atau obat untuk virus corona ditemukan.    "  Pembatasan jumlah kerumunan, batasan jarak, keharusan memakai masker di mana pun, dan bisa dilakukan skrining suhu di setiap kantor atau mal atau sekolah  ", Ujar SiDin Dicky Budiman, Sabtu (9/5/2020) dan menambahkan bahwa  perjalanan dinas atau pribadi harus dibatasi hanya pada keadaan yang benar-benar penting.

Pemerintah  RI telah menetapkan sistem kerja bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menyongsong era kenormalan baru (new normal) pada Jumat (5/6/2020).  Kebijakan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (PANRB) No. 58/2020 tentang Sistem Kerja Pegawai Aparatur Sipil Negara dalam Tatanan Normal Baru.

Surat Edaran yang ditandatangani Menpan RB Tjahjo Kumolo itu memuat penyesuaian sistem kerja bagi ASN guna menjaga keberlangsungan pelaksanaan tugas dan fungsi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik menyongsong tatanan normal baru yang produktif dan aman dari Covid-19.    Kebijakan  tertuang dalam Tugas dan fungsi ASN dalam tatanan normal baru dilakukan dengan tetap memprioritaskan aspek kesehatan dan keselamatan bagi ASN dengan cara menjalankan protokol kesehatan dalam aktivitas keseharian.


Penanganan Corona perekonomian morat-marit,
New Normal konsep hadapi Corona lebih bersabat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...