Selasa, 21 Juli 2020

GIBRAN RAKABUMING DAN BOBBY NASUTION MELANGKAH DI PILKADA SERENTAK 2020


NusanTaRa.Com
byDannYAsmorO,                                                                           10  Juli  2020

Gibran Rakabuming Raka untuk pilkada 2020 Solo

Memasuki pilkada serentak 2020 berbagai gejolak politik terjadi diantaranya yang cukup santer pencalonan dilingkup keluarga Presiden Jokowi yang mana anak dan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mendaftar sebagai bakal calon wali kota Solo dan calon wali kota Medan.    Gibran Rakabuming Raka akan mengikuti jejak ayahnya yang pernah menjadi wali kota Solo dengan mengendarai partai PDI Pejuangan, sementara  sang mantu Bobby Afif Nasution maju sebagaai calon wakil wali kota Medan dengan mengendarai Partai Golkar.

PDI Perjuangan Solo akhirnya resmi mengusung putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020,  Gibran didampingi Teguh Prakosa  yang  nantinya akan maju sebagai pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Solo.    Keputusan itu telah resmi dibacakan Ketua DPP PDI-P Puan Maharani dalam Pengumuman Tahapan II atas 45 Pasangan Calon Kepala Daerah Pilkada Serentak,  Jumat (17/7/2020).


Nama Gibran mulai terdengar terkait pilkada setelah Laboratorium Kebijakan Publik Universitas Slamet Riyadi atau Unsri mempublikasikan hasil survei mereka terkait Pilkada Solo pada Juli 2019.    Gibran muncul dengan angka tertinggi dalam kategori popularitas, yaitu 90 persen yang mengenal namanya,  disusul dengan Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo dan Kaesang, putra bungsu Jokowi.    Meski unggul dalam popularitas, Gibran dan Kaesang masih tertinggal dari sisi akseptabilitas dan elektabilitas dan  menjadi keunggulan Achmad Purnomo.

Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bobby Afif Nasution kader partai berlambang Moncong Putih sebelumnya telah digadang-gadang untuk maju Pilkada Kota Medan.   Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, dalam mengusung calon kepala daerah, partai politik pastinya melakukan hitung-hitungan dan melihat momentum di lapangan,   "  Untuk Kota Medan nanti tunggu momentum selanjutnya. Sama juga Kota Surabaya, Kota Banyuwangi, Kota Makassar dan lainnya. Jadi nunggu momentum dan arahan ibu Ketua Umum (Megawati)  ",  Ujar SiDin Hasto,  Jumat (17/7/2020).

Awalnya pada September 2019,  Gibran menemui Wali Kota Solo yang juga merupakan Ketua DPC PDI-P Solo FX Hadi Rudyatmo di Loji Gandrung dan ayah dari Jan Ethes  menanyakan mekanisme pencalonan wali kota Solo melalui PDI-P.   "  Cuma nanya-nanya biasa tentang bagaimana mekanisme pencalonan dan sebagainya. Ya saya beri paparan  ",  Ujar SiDin Rudyatmo, beberapa setelah itu  baru Gibran  mendaftarkan diri sebagai kader PDI-P di Kantor DPC PDI-P di kawasan Brengosan, Solo.

Pencalonan Gibran pada Pilkada Solo 2020 ini sebenarnya dinilai tak etis. Sebab, DPC PDI-P Solo telah menutup pintu untuk Gibran dengan mengacu pada Peraturan Partai (PP) Nomor 24 Tahun 2017 dan PDI-P Solo telah menerima usulan  mengusung Achmad Purnomo dan Teguh Prakoso.   Sekenario jadi berubah setelah Gibran bertemu Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri di kediaman Megawati, Menteng, Jakarta Pusat pada 24 Oktober 2019 dan  Desember 2019  Gibran  memastikan diri untuk maju di Pilkada Solo 2020 usai mendaftarkan diri sebagai bakal calon wali kota Solo di DPD PDI-P Jawa Tengah di Semarang.

Seiring berjalannya waktu, sejumlah partai pun menyatakan dukungannya terhadap Gibran, termasuk Partai Demokrat pada Februari 2020 yang memberikan dukungan pada Gibran tanpa syarat kata Supriyanto Ketua DPC Partai Demokrat Solo.    Alasan Partai Demokrat untuk mendukung Gibran adalah karena masih muda, sehingga program yang dibuat bisa berjalan cepat dan tepat sasaran.

Bobby Afif Nasution untuk Pilkada 2020 Medan
Wong padene presiden kok,
Gibran dan Bobby maju di pilkada 2020 serentak.

1 komentar:

  1. Apa ngga mungkin sih buah jatuh tak jauh dari pohonnya .......

    BalasHapus

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...