Rabu, 25 Juli 2018

INDONESIA TAWARKAN BANTUAN USD 2 JUTA BAGI PALESTINA TERMASUK BEASISWA PILOT BAGI PEMUDA PALESTINA

NusanTaRa.Com
byRyaNSyaHPutrA, 29/6/2018



Perkasa Flight School, sebuah sekolah penerbangan terbaik yang dimiliki Indonesia, Siap menyediakan beasiswa bagi generasi muda Palestina untuk mendapatkan pendidikan dibidang penerbangan atau untuk menjadi Pilot.  Founder and CEO Perkasa Flight School Septo Adjie Sudiro menjelaskan, beasiswa itu merupakan wujud konkret atas langkah pemerintah Indonesia yang sudah mengimplementasikan komitmen bantuan pembangunan kepada Palestina.   Beasiswa tersebut ditujukkan sebagai upaya mengurangi penderitaan rakyat Palestina yang selama ini tertindas oleh Israel

Pendidikan tersebut nantinya diharapkan dapat mempersiapkan generasi muda Palestina untuk mengisi kebutuhan penerbangan bagi Palestina dan keteraamppilan kerja bagi kehidupan mereka,    Harapan saya program pelatihan pilot ini dapat berjalan sesegera mungkin dan anak muda Palestina yang mempunyai bakat dan passion dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya agar mereka dapat berkarir sebagai pilot komersial dan akhirnya bisa membantu ekonomi keluarganya  ", Jelas Septo seperti dalam keterangan tertulis yang diterima kumparan, Minggu (1/7).

Bantuan tersebut tentulah sejalan dengan penggelontaran bantuan Indonesia untuk Palestina sebesar USD 2 juta atau setara Rp 28,4 miliar dalam bentuk pembangunan kapasitas kepada Palestina. Bantuan tersebut nantinya akan diwujudkan dalam pemberian pelatihan di beberapa bidang.   Bentuk bantuan lainnya  seperti  pelatihan pertanian, kewirausahawan, pemberdayaan perempuan, teknologi informasi dan komunikasi, tata pemerintahan dan pendidikan.  Komitmen terbaru Indonesia ini telah diungkapkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam pertemuan conference on Cooperation among East Asian Countries for Palestine Development (CEAPAD) III di Bangkok, Thailand, Rabu (27/6). 

Menurut Sapto, pihaknya telah membuka pendaftaran beasiswa tersebut hingga 31 Juli mendatang. Dalam pendaftaran gelombang pertama ini, kata dia, Perkasa Flight School menyediakan 10 beasiswa penuh yang bisa dinikmati generasi muda Palestina.   "  Mereka akan dididik mulai dari tingkat dasar sampai menjadi pilot komersial yang siap bekerja (from Zero to Hero), dan pada saatnya akan disalurkan untuk bekerja pada maskapai penerbangan di Indonesia ataupun maskapai internasional  ",   lanjut Septo.   "  Mudah-mudahan dukungan yang kecil ini bisa meringankan sebagian penderitaan mereka   ”, imbuhnya.

Duta Besar RI untuk Yordania dan Palestina, Andy Rachmianto, menyambut itikad baik pemberian bewasiswa tersebut.   Terlebih,  kata dia, dirinya memang menyaksikan sendiri kekerasan dan penindasan yang dialami rakyat Palestina  oleh sebab itu, dia berharap bantuan tersebut dapat sedikit membantu rakyat Palestina untuk bangkit di bidang penerbangan.   "  Kami sangat menghargai adanya inisiatif perorangan ataupun institusi yang ingin ikut bergabung hand in hand bersama pemerintah untuk memberikan bantuan yang konkrit kepada rakyat Palestina. We must take concrete and vigorous steps  ”,  Ujar Andy. 

Dubes Andy menambahkan, Indonesia akan terus berada di depan dalam mendukung Palestina. Tidak hanya di dunia internasional yang senantiasa mendukung perjuangan Palestina untuk memperoleh kemerdekaan, namun juga mendukung Palestina dalam banyak aspek nation building.  Sejak terpilih sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019-2020, Indonesia menempatkan Palestina menjadi isu prioritas.

Pemerintah Indonesia sejak tahun 2008 telah memberikan bantuan pengembangan kapasitas kepada lebih dari 1800 orang rakyat Palestina melalui 158 program kegiatan, senilai lebih dari US$ 10 juta.   Pertemuan Menteri Luar Negeri negara-negara anggota CEAPAD III (Conference among East Asian Countries for Palestinian) di Bangkok 26-27 Juni 2018 lalu. Dihasilkan sebuah Joint Statement yang berisi keprihatinan mendalam atas perkembangan di Palestina, dan juga komitmen untuk memperkuat koordinasi antar negara anggota guna meningkatkan efektifitas bantuan pembangunan kepada Palestina.


Jerit pedih Palestina,
Bantuan kemanusian kurangi beban derita.


1 komentar:

ANDI RENDI RUSTANDI ANAK BURUH DAN PENJUAL GORENGAN SERING TERUSIR BEKERJA DI LEMBAGA RISET BESAR JEPANG

NusaNTaRa.Com byAsnISamandaK,             S    a    b    t    u,      3     0        M     a     r     e     t        2     0     2     4   ...