Jumat, 06 Juli 2018

12 ANAK TERSESAT DALAM GUA THAM LUANG DI THAILAND TELAH DITEMUKAN

NusanTaRa.Com
byMcDonalDBiunG, 5/7/2018



Tim Penyelam dari Inggeris berhasil menemukan 12 anak dan 1 dewasa yang  terjebak oleh banjir  dalam sebuah Gua di Thailand, Selasa (3/7/2018),   mereka telah berada di sana selama 10 hari tanpa makan yang membuat mereka menjadi lemas.   Anak-anak itu ditemukan terjebak di ketinggian gua Tham Luang di provinsi Chiang Rai yang dibanjiri air.   Misi berikutnya adalah mengeluarkan mereka dari dalam gua   satu per satu dengan cara menyelam melalui lorong gua sepanjang 10 km yang berisi air dengan kedalaman  1,6  – 2,4 meter.

Tim penyelamat akan mengantarkan makanan dan obat-obatan untuk  dapat menguatkan pisik mereka yang membutuhkan energi besar untuk keluar nanti.  Menurut Kapten Angkatan Laut Thailand Anand Surawan bahwa jatah makanan yang dipasok kedalam untuk anak-anak itu,  diperkirakan dapat  memenuhi kebutuhan makanan  empat bulan dan mereka juga akan  menjalani latihan singkat menyelam dengan tabung oksigen agar mereka siap keluar melalui lorong gua yang berisi pull air saat banjir.

Diduga, mereka terjebak air hujan yang tiba-tiba membanjiri bagian dalam gua sepanjang 10 kilometer itu sehingga mereka tak tahu jalan keluar.   Tim pencari telah memasang pos pemantau di kedalaman 1,7 kilometer dari mulut gua untuk memudahkan koordinasi dalam penyelamatan nanti.  Untuk menguatkan peran Pos maka pasokan tabung oksigen harus ditambah karena udara di pos ini sudah menipis.

Keluar dari gua sepanjang 10 km itu tidak mudah karena selain lorong sempit,  berisi air sedalam 1,6-2,4 meter, jalanannya juga berliku dan bila salah berbelok bisa semakin tersesat ke dalam.    "  Kami akan mempersiapkan makanan tambahan yang bisa bertahan untuk setidaknya empat bulan dan melatih semua 13 orang itu menyelam sementara terus mengeringkan air  ",  Ujar SiDin Anand seperti dikutip AFP.

Narongsak Osottanangsak Gubernur Provinsi Chiang Rai Thailand, anak-anak tersebut hanya  luka ringan,  meski tidak makan selama 10 hari tapi secara garis besar kesehatan mereka masih baik.   Langkah lain yang diambil Tim penyelamat adalah akan mengirim Dokter kedalam tempat anak-anak terperangkap dan akan memompa udara kedalam gua uantuk meningkatkan kadar oksigen yang semakin menurun.

Anak-anak usia 11-16 tahun dan pelatih bola yang berusia 25 tahun itu dinyatakan hilang setelah  orang tua  anak tersebut melaporkan bahwa anaknya belum pulang,  Sabtu (23/6/2018) setelah memasuki gua usai latihan bola.    Pencarian ke-12 anak itu melibatkan 1.000 orang dari berbagai masyarakat dan organisasi, termasuk tim penyelamat dari angkatan laut Amerika Serikat, Inggris, Indonesia dan Jepang yang dijalankan secara serempak.



Gua lorong gelap di bukit,
Berada di Gua panjang dan berkelok mudah tersesat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ANDI RENDI RUSTANDI ANAK BURUH DAN PENJUAL GORENGAN SERING TERUSIR BEKERJA DI LEMBAGA RISET BESAR JEPANG

NusaNTaRa.Com byAsnISamandaK,             S    a    b    t    u,      3     0        M     a     r     e     t        2     0     2     4   ...