Rabu, 11 Juli 2018

MAT DAMON DAN GARY WHITE AKTOR HOLLYWOOD MENGAMATI JAMBAN " LEBIH BERMARTABAT ".

NusanTaRa.Com
byLaSikUAgaY,  10/7/2018.


Rabu,  4-5 Juli 2018,   Mat Damon dalam tugasnya ke Indonesia secara langsung melihat  sarana sanitasi “ Jamban Halikopter “ di Desa Denasri Kulon, Batang dan juga mengunjungi Kendal Jawa Tengah yang sebelumnya tak terduga mengunjungi kesebuah kopersi di Jagakarsa Pasar Minggu Jakarta Selatan (Selasa 3/7/2018).     Meski beliau seorang Bintang Film Hollywood tapi kedatangan beliau bukan untuk syuting Film,  melainkan untuk melihat langsung fasilitas air bersih dan sanitasi yang merupakan bagian kerjasama otorita setempat dengan Water.org.

Water.org,  sebuah lembaga sosial yang memusatkan perhatian pada upaya penyediaan air bersih dan sanitasi di banyak Negara dan Matt Damon dan Gary White menjadi salah seorang pendirinya.    Sejak didirikan 25 tahun lalu  sudah lebih dari 12 juta orang mendapat manfaat dari berbagai program Water.org, dalam mendukung untuk  mampu  mengakses air bersih dan memiliki fasilitas sanitasi yang memadai.   Krisis air bersih diketahui terkait erat dengan masalah pendidikan, kemakmuran ekonomi dan perbaikan kesehatan, lewat berbagai alternatif solusi.

Mat Damon dan Gary White didampingi Direktur Operasional Koperasi Mitra Dhuafa (KOMIDA), lembaga keuangan mikro yang menjadi mitra Water.org mengunjungi Kertosari, di Kabupaten Batang, Jawa Tengah.  Keduanya dengan seksama menyimak cerita anggota-anggota KOMIDA tentang fasilitas air bersih dan sanitasi yang berdampak positif pada keluarga mereka.  Wanuti (35),  mengajak keduanya datang ke rumahnya  dan  dengan semangat ibu tiga anak   itu menunjukkan fasilitas sanitasinya yang baru  dibangun dengan pinjaman dari KOMIDA.   

Menurut Wanuti Sebelumnya ia dan ketiga anaknya harus antre panjang untuk mandi dan buang hajat di kamar mandi umum, tapi kini  semuanya sudah dapat teratasi dengan memiliki fasilitas sanitasi dan kamar mandi yang disebutnya “  lebih bermartabat  ” di Desa  Denasri Kulon, yang masih terletak di Kabupaten Batang.   Hasil kerjasama dengan Water.org telah mengalami  peningkatkan sambungan saluran air bersih sejak tahun 2016 dan kini mencapai 41.528 sambungan rumah tangga kata Direktur PDAM yang mendampingi.

Kemudahan tersebutpun  mereka temukan saat mereka mengunjungi Pasantren Sabillun Najah di Desa Selopanjang Kab. Batang. Bahkan Mat Damon Bintang  “ JASON BOURNE  “ mendapatkan jawaban dari seorang santri  yang mengatakan    anadzho fatu minal iman, kebersihan itu sebagian dari iman. Hadis dari Rasulullah SAW  ” ditambahkannya “  bersih itu dari pakaian dan tubuh kita  ”,   Matt Damon tersenyum simpul dan berkata Fastabiqul khairat  mendengar jawaban para santri.

Setelah melihat  implementasi program WaterConnect   kerjasama dgn Water.org  berupa ketersedian air dan pelaksanaan sanitasi, bintang Hollywood ini juga datang ke BPR BKK Kendal guna membahas produk pinjaman berbasis komunitas.   BPR BKK Kendal adalah program lain yang digagas Water.org untuk membantu menyediakan akses pembiayaan bagi Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) di desa untuk memperluas jaringan air bersih bagi warga yang membutuhkan, terutama mereka yang berpendapatan rendah.

Secara keseluruhan, Kunjungan Matt Damon dan Gary White  dua pendiri Water.org ini, di Jakarta dan Jawa Tengah  untuk mendapatkan satu gambaran lebih dalam tentang sejauh apa kondisi akses air bersih dan fasilitas sanitasi sesungguhnya yang telah terimplentasi di Indonesia, serta bagaimana perkembangan  jalinan kerja sama yang dijalin dengan badan keuangan mikro, perusahaan air dan warga setempat untuk mencapai tingkat kehidupan yang lebih manusia akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin.



Sanitasi wujut kehidupan sehat,
Mat Damon dan Gary White mewujutkan hidup kuat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ANDI RENDI RUSTANDI ANAK BURUH DAN PENJUAL GORENGAN SERING TERUSIR BEKERJA DI LEMBAGA RISET BESAR JEPANG

NusaNTaRa.Com byAsnISamandaK,             S    a    b    t    u,      3     0        M     a     r     e     t        2     0     2     4   ...