Rabu, 18 Juli 2018

PETER M CHRISTIAN PRESIDEN MICRONESIA BERKUNJUNG KE INDONESIA, STILL DESCEDANT MALUKU.

NusanTaRa.Com
byJoneDPringgoNDandI, 18/7/2018

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Presiden Federasi Mikronesia Peter M Christian di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (18/7). Sebuah Negara kepulauan kecil di  selatan laut pasifik atau uatara papua yang beribukota  Pelikir.    Negara Federasi Mikronesia  tentunya masih asing di telinga publik Indonesia meski hubungan Indonesia dan Mikronesia telah terjalin sejak 1991, 27 tahun yang lalu, karena kurangnya jalinan komunikasi meski ia masih serumpun dengan warga Papua yang Polynesia dengan ciri-ciri Rambut keriting, tubuh gemuk dan kulit cokelat. 

Presiden Federasi  Mikronesia Peter M. Christian ternyata masih memiliki darah Indonesia sebagaimana  diungkapkan Presiden Joko Widodo dalam pernyataan pers bersama Christian di Ruang Teratai, Istana Presiden Bogor, Rabu (18/7/2018).  "  Indonesia merupakan negara yang tidak asing bagi Presiden Christian. Beliau memiliki darah keturunan Indonesia, yaitu keturunan Maluku, generasi ketiga di Mikronesia  ",  Ujar SiDin Jokowi.  Bahkan dalam kunjungannya ini nanti ia akan menyempatkan diri berkunjung kemaluku sekaligus kembali kekampung  halaman buyutnya.

Jokowi mengatakan, hal ini membuktikan bahwa Indonesia dan Mikronesia memiliki ikatan antarmasyarakat sejak puluhan, bahkan ratusan tahun lalu.   "  Kunjungan Presiden Christian ke Indonesia ini pun menjadi tonggak baru hubungan kedua negara, sebuah hubungan yang sangat saling menghormati dan saling menguntungkan  ",  Ujar SiDin Jokowi.   "  Saya juga mempertimbangkan menambah acara ziarah ke tempat garis keturunan keluarga saya di dalam kunjungan resmi saya ini. Terima kasih Pak Jokowi karena sudah membuat saya bisa mengunjungi Ambon  ",  Ujar SiDin  Christian.

 Presiden Mikronesia Peter Christian dalam knjungan tersebutb meminta bantuan Indonesia untuk membangun negaranya,  Ia  di Istana Kepresidenan Bogor menyatakan bahwa  bantuan Indonesia sangat penting untuk kemajuan Mikronesia. Sebab, di negaranya  beberapa faktor pendukung pembangunan sangat terbatas.  "  Saat kami berdiskusi mengenai pembangunan ekonomi dan bantuan teknis, tak seperti Indonesia kami tidak memiliki tanah, sumber daya alam terbatas, dan sumber daya manusia yang terbatas untuk melakukan pembangunan ekonomi dan social  ", Ujar SiDin Christian Rabu (18/7).

Lawatan Christian ke Indonesia, disambut baik Jokowi. Sebab, dengan itu RI bisa menunjukkan komitmen besarnya membantu pembangunan di negara tersebut   Salah satu upaya nyata yang dilakukan adalah membantu pembangunan konektivitas antar pulau di Mikronesia dan meningkatkan kerja sama maritim serta ekonomi.  "  Oleh karenanya kami sangat bersyukur adanya tawaran bantuan kerja sama teknis dan ekonomi yang bisa menolong kami menghadapi tantangan yang menghalangi kami dalam upaya pembangunan  ",   sambung SiDin.

Dalam lawatan tersebut  pemerintah Indonesia akan membantu Micronesia dalam pembangunan konektipitas ddi daerah tersebut  seperti pembangunan dermaga dan armada angkutan laut.  Serta   "  Indonesia juga menawarkan pesawat N-219 yang diproduksi oleh PTDI untuk dapat digunakan sebagai pesawat angkut antarpulau  ",  Ujar SiDin Jokowi  serta melanjutkan "  Di bidang ekonomi kita akan meningkatkan interaksi antar pengusaha kedua negara. Dalam hal ini, kami mengundang pebisnis Mikronesia berpartisipasi dalam trade expo 2018  ". Ujar SiDin. 

Federasi Mikronesia  sebuah negara di Samudera Pasifik selatan atau sebelah utara Pulau Papua.  Federasi Mikronesia termasuk sebagai salah satu Negara terkecil di dunia  yang merupakan negara kepulauan  terdiri dari 607 pulau,   memiliki luas 158,1 kilometer persegi yang  dihuni  sekitar 120 ribu orang saja.   Terdapat empat pulau utama di Mikronesia, yakni Yap, Chuuk, Pohnpei, dan Kosrae. Di setiap pulau tersebut dipimpin oleh seorang gubernur. Sedangkan untuk Ibu Kota Mikronesia, Palikir, terletak di pulau Pohnpei.

Mikronesia adalah negara yang tidak memiliki kekuatan militer tetapi perlindungan keamanan mereka berada di bawah Amerika Serrikat, karena pada 1986 Mikronesia telah melakukan perjanjian 'Compact of Free Association' dengan Amerika Serikat. Perjanjian tersebut menjadikan Mikronesia ada di bawah perlindungan AS.  Dengan demikian, apabila ada Negara atau persoalan keamanan  yang macam-macam maka akan langsung berhadapan dengan AS.

Federasi Micronesia yang terdiri dari empat negeri bagian dengan bendera warna biru muda dihiasi empat bintang lima, kedua Negara ini memiliki hubungan sejak  16 Juli 1991.   Meski demikian  hingga kini kedua Negara  belum memiliki perwakilan resmi di Mikronesia begitu pula sebaliknya.   Dalam pertemuan tersebut,  kedua Negara kedepan akan membuka  konsul kehormatan dinegara  Indonesia dan Micronesia untuk lebih melancarkan berbagai kepentingan.




Beta sudah bilang Beta tara tau,
Peter M Christian Presiden Micronesia Turunan Maluku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ANDI RENDI RUSTANDI ANAK BURUH DAN PENJUAL GORENGAN SERING TERUSIR BEKERJA DI LEMBAGA RISET BESAR JEPANG

NusaNTaRa.Com byAsnISamandaK,             S    a    b    t    u,      3     0        M     a     r     e     t        2     0     2     4   ...