Minggu, 23 Juli 2023

SALMIATI, S.Hi, PUTRI ENREKANG MENDUNIA DI “ EVEREST INTERNSTIONSL MODEL UNITED NATION 2023 KATHMANDU NEPAL

NusaNTaRa.Com

byIndaHPalloranG,     S   e   l   a   s   a,     1   9      J   u   l   i      2   0   2    3

Salmiati, Putri Enrekang yang Mendunia di Everest  IMUN  Nepal

Enrekang, Sulawesi Selatan, kembali mencatatkan prestasi gemilang di dunia internasional  setelah  Salmiati,  S.Hi, seorang putri asli Massenrempulu dan alumni SMA 8 Enrekang, telah sukses menjadi wakil Indonesia pada event International Model United Nations (IMUN) 2023 yang diselenggarakan di Kathmandu,  Nepal  dan kali ini diberi  tajok   “ Everest International Model United Nations 2023 “ atau IMUN.   IMUN merupakan ajang diskusi bagi para pemuda dari berbagai negara di seluruh dunia, yang bertujuan untuk membahas permasalahan serius yang dihadapi secara global. Mirip dengan sidang Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB),   IMUN mensimulasikan konferensi dari berbagai organisasi terafiliasi PBB seperti WHO, UNICEF, WTO, dan FAO, sehingga peserta dapat merasakan pengalaman menjadi pengurus PBB dalam beberapa waktu.

Alumni SMA 8 Enrekang ini mengikuti IMUN yang merupakan simulasi dari konferensi yang dilaksanakan oleh persatuan bangsa-bangsa (PBB) maupun konferensi yang dilaksanakan oleh organisasi yang terafiliasi dengan PBB seperti WHO (World Health Organization), UNICEF (United Nations Children's Fund), WTO (World Trade Organization), FAO (Food and Agriculture Organization), dan sebagainya.    Dalam salah satu rangkaian acara IMUN 2023,  Salmiati nampak memperkenalkan Deppa Tetekan kepada para delegasi negara lain  dan para peserta lainnya  tampak  menikmati Deppa Tetekan yang dibawa Salmiati dari Enrekang.

Salmiati, sebagai delegasi Indonesia, turut berperan dalam salah satu rangkaian acara IMUN dengan memperkenalkan Deppa Tetekan, produk unggulan dari Enrekang.    Partisipasi dalam IMUN memberikan kesempatan emas bagi para delegasi, termasuk Salmiati,  S.Hi, untuk melatih dan meningkatkan berbagai kemampuan, seperti berbahasa Inggris, public speaking, debat, keterampilan menulis, berpikir kritis, kerja sama tim, dan kepemimpinan.

IMUN 2023  merupakan ajang diskusi bagi para pemuda dari berbagai negara di seluruh dunia, yang bertujuan untuk membahas permasalahan serius yang dihadapi dunia  secara global,  setiap peserta akan mengeluarkan pendapat dan sarannya terhadap hal-hal yang menjadi topic bahasan.   Mirip dengan sidang Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), IMUN  2023  mensimulasikan konferensi dari berbagai organisasi terafiliasi PBB seperti WHO, UNICEF, WTO, dan FAO, sehingga  para peserta dapat merasakan dan menggambarkan  pengalaman  mereka  dalam  menjadi pengurus PBB dalam beberapa waktu.

Tak hanya itu, Salmiati berhasil membawa harum nama Indonesia dan Kabupaten Enrekang di panggung internasional yang diselenggarakan di Kathmandu yang berada di kaki gunung everest.    Prestasi gemilang Salmiati sebagai delegasi Indonesia dalam IMUN 2023 adalah bukti bahwa generasi muda Indonesia memiliki potensi besar untuk berkontribusi dalam permasalahan dunia. Kabupaten Enrekang patut berbangga memiliki putri berbakat seperti Salmiati, yang mampu berbicara dan berkompetisi di tingkat internasional, membawa semangat persatuan dan kerjasama bagi masa depan dunia yang lebih baik.

Peserta IMUN atau yang disebut sebagai delegasi berkesempatan untuk melatih atau meningkatkan beberapa kemampuan, di antaranya berbahasa Inggris, public speaking, debat, keterampilan menulis, berpikir kritis, kerja sama tim  dan kepemimpinan untuk meningkatkan kwalitas kepribadian mereka.   Pada IMUN tahun 2022  lalu  yang  diselenggarakan  di Amerika Serikat, Indonesia diwakili  oleh  MaharsyAlfath Izlubaid Qutub Maulasufa, siswa asal MAN 1 Jombang,   Jawa Timur.

Semoga keberhasilan Salmiati menjadi inspirasi bagi pemuda-pemuda Indonesia lainnya untuk terus berprestasi dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan dunia dalam mewujutkan masyarakat dunia yang  damai, berkeadilan  dan sejahtera.

Salmiati peserta Indonesia di evebt
Everest International Model United Nation 2023 Kathmandu

 

Mematangkan kepribadian diri  berdiskusi, menulis, berpidato dan bergaul.

Salmiati putri asal Enrekang mewakili Indonesi di event  IMUN 2023 Nepal.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...