Rabu, 19 Juli 2023

KISAH SUAMI TKW CIANJUR TENTANG AWAL MULANYA TERJEBAK DALAM DUNIA PROSTITUSI DI DUBAI

NusaNTaRa.Com

byLaCappotttA,     K  a  m  i  s,     1   3      J   u   l   i      2  0  2  3  

Ilustrasi perempuan dijual.
 

ID (38),  seorang tenaga kerja wanita (TKW)    asal  Kabupaten   Cianjur,   Jawa Barat menjadi  korban tindak pidana  perdagangan orang (TPPO),    selain   itu   korban juga dijerumuskan ke dunia prostitusi di Dubai  serta  di      Uni Emirat Arab  mendapat   tindakan kekerasan oleh para pelaku.    Suami korban,   SU (48),   menceritakan,   sebelum   terjebak sindikat prostitusi, istrinya bekerja  sebagai  asisten  rumah tangga (ART)  di Abu Dhabi,  Uni Emirat Arab,     Istri berangkat tahun lalu dan mulai bekerja di rumah majikannya itu sekitar bulan Mei  ”,  Cakap SiDin SU dengan Plabomoranya (hebatnya),  Selasa   (11/07/2023).

Namun, sepuluh bulan berselang korban memilih kabur dari rumah majikannya itu karena mengaku tidak kerasan,     Saya katakan waktu itu, tetap tinggal di rumah (majikan), jangan sampai kabur. Kalau memang sudah tidak betah dan ingin pulang mending bilang saja  ”,   Ujar SiDin SU  Laji.    Pasalnya, ia khawatir kondisi istrinya yang sedang bimbang tersebut dimanfaatkan pihak yang  tak bertanggungjawab, salah satunya oleh sindikat perdagangan orang yang kerap mengincar pekerja migran yang berada di sana.

Terlebih, korban pernah berkeluh kesah di media sosial perihal kondisi pekerjaannya tersebut,     Benar saja, waktu masih bisa teleponan, istri bilang katanya ada lima orang yang menawari pekerjaan di grup Facebook   ”,  Ujar SiDin SU yang pernah 13 tahun bekerja di Arab Saudi.   Dan     Katanya ayo kerja di sini, enak, kerjanya ringan, gaji besar, makan full, jam delapan (malam) sudah beres  ”,  Ujar SU menambahkan.

SU melarang dan mewanti-wantinya untuk tidak tergiur dengan bujuk rayu dan iming-iming tawaran pekerjaan seperti itu,   "  Tapi, istri ternyata tertarik dan pilih salah satu. Alasannya waktu itu, lihat statusnya seperti orang baik-baik, sudah tua juga  dan di profilnya juga pajang foto-foto keluarga   ”,  Ujar SU Laji.   Selanjutnya, pada Februari 2023 korban memutuskan kabur dari rumah majikan untuk dijemput TKI yang menawari pekerjaan tersebut,     Keluar dari rumah majikannya jam 11 malam saat buang sampah, lalu dijemput para pelaku pakai mobil.  Tapi, saat itu juga handphonenya dirampas, uang dan barang-barang berharga juga diambil mereka. Istri saya lalu dibawa ke Dubai  ”,   Ungkap SU.

Sejak itu, SU mengaku kehilangan kontak  dan semua akun media sosial istrinya diduga dalam penguasaan komplotan pelaku,     Selama disekap istri sempat menelepon sekali dan menceritakan apa yang dialaminya. Minta tolong untuk dipulangkan  ”,   Imbuhnya.    Ketika SU dan  kedua anaknya tengah menanti kepulangan istrinya, karena ID berhasil diselamatkan di sebuah apartemen yang diduga dijadikan tempat praktik prostitusi, Senin (10/07/2023).   SU berharap istrinya yang saat itu berada kantor KJRI setempat bisa dipulangkan segera,      Terima kasih untuk semua pihak yang telah menangani dan membantu istri saya. Semoga bisa cepat dipulangkan  ",   Ujar SU dengan Boneer (Rasa Takutnya).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno berkomitmen dirinya akan membiayai pemulangan tenaga kerja wanita (TKW) asal Cianjur berinisial ID, yang disekap menjadi budak seks di Dubai, Uni Emirat Arab.   Eddy Soeparno merupakan anggota DPR dapil Cianjur,   menyatakan siap membiayai pemulangan ID ke Tanah Air jika diperlukan,   "  Sebagai wakil dari rakyat Cianjur, insya Allah saya telah menyampaikan komitmen untuk membiayai kepulangan ID ke Tanah Air jika diperlukan  ",  Ujar Eddy Soeparno,   Selasa  (11/07/2023).   Eddy Soeparno menjelaskan, ID kini sudah ditemukan dan dalam perlindungan polisi setempat.

Eddy Soeparno juga  mengaku berkomitmen untuk mengawal pembebasan dan kepulangan ID kembali ke Indonesia,  iapun  akan mengupayakan berbagai cara yang diperlukan untuk segera memulangkan ID kembali ke Cianjur.   Eddy  Soeparno pun memuji kesigapan dari Konjen RI di Dubai dan ID sudah tersambung dengan keluarganya melalui video call dan mengabarkan keadaannya saat ini.  ID akan ditampung

Foto Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno
saat ditemui di Bogor, Jawa Barat



Iming-iming  Gaji  besar menjebak pekerja TKI.

ID TKW Cianjur hampir terjebak dunia prostitusi Dubai.

 

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...