Selasa, 11 Juli 2023

3.505 MAHASISWA UNAIR TERJUN DALAM KKN BBK DAN UGM TERJUNKAN KKN KOLABORASI DI PENGGANO

NusaNTaRa.Com

byIndaHPalloranG,    S  e  l  a  s  a,    1   1       J   u   l   i      2  0  2  3

Kampus Universitas AirLangga Surabaya dengan program KKN BBK

Universitas Airlangga (Unair) menerjunkan 3.505 mahasiswa ke 11 kabupaten dan kota dalam program KKN Belajar Bersama Komunitas (BBK) ke-2. Pada tahun ini, program baru pada BBK yakni KKN Kebangsaan yang bertempat di Pontianak, Kalimantan Barat.  Lokasi itu dipilih sebagai bentuk pengabdian Unair di luar Pulau Jawa. “Saat ini merupakan periode dengan penerjunan mahasiswa terbanyak. Harapannya, selama program BBK berlangsung mahasiswa dapat membantu dan menjadi penyelesaian atas masalah yang tersebar di 11 kabupaten dan kota  ”,   Tutur Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat LPPM Gadis Meinar Sari, Senin  (10/07/2023).

Selain itu, terdapat KKN Internasional yang merupakan bentuk kerja sama Unair dengan Hiroshima University dan Universitas Malaysia Terengganu. Harapannya, mahasiswa yang ikut serta dalam KKN Internasional dapat menjalin kerja sama baik dengan universitas mitra.     Kami berharap dengan kebaruan program ini, ke depan akan bisa bekerja sama dengan universitas-universitas lintas pulau dan negara lainnya serta program ini akan berlanjut hingga periode selanjutnya  ”,   Ujar SiDin  katanya.

Lain lagi,  sebelumnya Universitas Gadjah Mada (UGM) yang akan menginisiasi program Kuliah Kerja Nyata atau KKN kolaborasi merupakan program kerja tahunan  sejak sebelum pandemi pada 2019,  hal itu baru bisa terlaksana pada 2022 dan semakin banyak tersebar titik lokasinya pada di 2023.    Pada KKN kolaborasi inisiasi  UGM yang  bekerja bersama dengan perguruan tinggi lainnya di seluruh wilayah Indonesia serta pemerintah daerah dan mitra swasta setempat dalam mensukseskan program itu.

Dilansir dari situs UGM, pada 2023, lokasi KKN kolaborasi UGM berlokasi pada sepuluh titik yang tersebar di berbagai daerah seperti Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Sumatera Utara, Bangka Belitung, dan Bengkulu,   KKN kolaborasi UGM juga dilaksanakan di Gorontalo, Ternate, dan Maluku Utara serta Kalimantan Barat.   Program kerja yang dilaksanakan pada KKN kolaborasi disesuaikan dengan tema yang sama dalam satu wilayah kecamatan. Tema tersebut merupakan usulan dari kebutuhan masyarakat yang disampaikan kepada Pemda setempat kemudian dikomunikasikan dengan Universitas Gadjah Mada.

Unair dalam programnya itu  juga melakukan kerja sama dengan alumni yang nantinya akan ikut serta mengawasi kegiatan dari mahasiswa selama BBK berlangsung, kata Gadis sekalian sebagai wujud dedikasi alumninya  kepada Unair.     Dengan melibatkan para alumni dalam kegiatan BBK kali ini diharapkan hubungan alumni dengan mahasiswa dapat terjalin dengan baik sampai kapanpun. Sekali lagi, selamat untuk terjun pada masyarakat dan membawa dampak baik kepada mereka  ”,   Ujar SiGaluH Gadis Mainar Sari dengan Plabomoranya (hebatnya).

KKN Kolaborasi UGM di P Enggano, Lampung bekerjasama
Univ setempat, swasta dan Pomda setempat

Sementara  UGM juga menawarkan tema tersebut kepada perguruan tinggi setempat dalam  bekerja bersama membantu masyarakat. Kolaborasi ini saling melengkapi antarperguruan tinggi supaya program kerja dapat terlaksana dengan jangka waktu menyesuaikan dari kebijakan perguruan tinggi masing-masing.   Contoh KKN kolaborasi misalnya, mahasiswa UGM bersama mahasiswa Universitas Bengkulu mengadakan KKN di Pulau Enggano Bengkulu,  pulau yang  memiliki peran strategis dalam dunia pertahanan nasional, pembangunan infrastruktur, pengembangan transportasi, revitalisasi pelabuhan  dan jaringan 4G.  Pulau terluar Indonesia yang berpenghuni ini memiliki keanekaragaman budaya serta potensi  wisata yang menakjubkan.

Di wilayah Halmahera Utara yang juga menjadi lokasi KKN kolaborasi, Universitas Gadjah Mada bekerja sama dengan Universitas Khairun (Unkhair) Ternate dan  Universitas Halmahera (Uniera) juga akan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.    Lima desa di Provinsi Gorontalo juga akan menjadi lokasi KKN kolaborasi Universitas Gadjah Mada dengan Universitas Gorontalo (UNG). Lima desa tersebut tersebar di dua kecamatan yakni Batudaa Pantai dan Randangan yakni Desa Olimoo, Lamu, Tantoyuo, Sari Murni dan Banuroja. Di sana, mereka diminta untuk menjadikan daerah tersebut zero stunting.

Sekretaris Direktur Pengabdian Masyarakat Universitas Gadjah Mada Djarot Heru Santosa mengatakan inisiasi lokasi KKN kolaborasi di luar Pulau Jawa dilakukan karena jangkauan UGM yang terbatas sehingga memerlukan pendampingan.      KKN Universitas Gadjah Mada menjadi trendsetter yang diperhatikan oleh ratusan perguruan tinggi di Indonesia dan ingin mencontohnya disesuaikan dengan kondisi setempat  ”,  Ungkap SiDin  Djarot Heru Santoso dengan Soppengernya (Jumawanya).

Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti (tengah) bersama Rektor UGM Panut Mulyono (ketiga kanan)  bersama mahasiswa saat pelepasan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran dan Pemberdayaan Mayarakat (KKN-PPM)  2019 bertajuk "KKN-PPM UGM Mengabdi Untuk Indonesia, Menginspirasi Dunia" di Lapangan Pancasila, UGM, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat, 28/06/2019.


KKN Aplikasi kuliah mahasiswa di Masyarakat nyata.

KKN UNAIR DAN UGM  melibatkan PT  lain dan Pemda.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...