Sabtu, 15 Juli 2023

GOLLALU, MENGENAKAN EMAS 180 Gram PAKAIAN JEMAAH HAJI ASAL MAKASSAR TAMPIL GLAMOUR

NusaNTaRa.Com

byBakkaranGNunukaN,      R   a   b   u,     1   2      J   u   l   i       2  0  2  3

Suanati Daeng Kanang (46) salah satu jemaah haji perempuan asal Embarkasi Makassar, Sulsel kloter 1 tampak nyentrik dan glamor dengan emas 180 gram di tubuhnya saat tiba di Asrama Haji Sudiang Makassar,05/07/2023

 Suanarti Daeng Kanang, seorang jemaah haji asal Embarkasi Makassar, Sulawesi Selatan,   perempuan berusia 46 tahun itu tampil glamor tidak saja dengan mengenakan pakaian warna hijau zamrud,  pada  Rabu   (05/07/2023).   Tapi Suanarti Daeng Kanang  dalam kepulangannya dari Haji tersebut  juga memakai sejumlah perhiasan emas sangat banyak di sekujur tubuhnya,  mulai dari kalung, gelang, hingga cincin sehingga cukup menarik perhatian publik yang saat itu berada di Bea cukai embarkasi haji Bandar udara Hasanuddin Makassar.   

Kejadian yang sempat Viral di dunia maya menurut Humas Bea Cukai Makassar, Ria Novikasari  bahwa yang banyak beliau kenakan itu  adalah  emas imitasi  yang  sempat  Hajah Suanarti  beli  di Juddah  Arab Saudi ketika  berhaji saat itu.   "  Perhiasan yang diklaim emas oleh yang bersangkutan 180 gram yang dibawa dari Juddah hingga tiba di Makassar dan dibawa juga ke Bea Cukai pada saat pemeriksaan tadi (harganya) Rp  900.000-an por geramnya pada pembelian nilainya dari keseluruhannya  ",   Ujar SiGaluH Ria Novikasari saat dikonfirmasi via WhatsApp (WA) Senin (10/07/2023) malam.

Ria Novikasi  juga mengatakan, Suanarti Daeng Kanang  cukup kooperatif saat diperiksa Bea Cukai terkait ratusan gram emas yang digunakannya ketika  pulang dari Tanah Suci bahkan ketika  pihaknya mengunjungi rumahnya,   "  Jadi memang kami sudah mengunjungi kediaman yang bersangkutan.  Kemudian kami melakukan konfirmasi permintaan keterangan dan memang dari yang bersangkutan menyambut hangat dan kooperatif   ",  Ujar SiGaluH  Ria Novikasari dengan Soppengernya (Jumawanya).

Kepada NusaNTaRa.Com, Suanarti Daeng Kanang  mengungkapkan ada sekitar 180 gram perhiasan emas yang dia pakai. Namun, tidak semuanya dia beli dari Tanah Suci Mekkah,   "  Dari Makassar separuh (emas) saya bawa.  Sekitar 80 gram, kalau yang saya beli dari Tanah Suci mungkin 100 gram  ",  Ujar S Daeng Kanang kepada awak media di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar.   Dia menyatakan, dia membeli emas itu menggunakan mata uang riyal, dengan total Rp 1.200.000   per gramnya.

Pempemberitaan mengenai kepulangannya yang  cukup  glamor viral,  hingga ada netizen yang   menuduhnya hanya ingin pamer bahwa dia mampu pergi haji dan kaya.   Mendapat serangan seperti itu dari Netizen, Suarnati Daeng Kanang mengaku sedih dan malu,  iapun  menegaskan bahwa itu sudah menjadi nazarnya jika ia akan berhaji akan  membeli emas,   "  Iye kodong (Iya kasian) sebelum daftar (haji) memang sudah bernazar pakaian saya akan seperti ini (nyentrik dan memakai emas), tapi entah kenapa banyak yang hujat, (katanya saya) pamer  ",   Ucap S Daeng Kanang dengan Plabomoranya (hebatnya).

Perempuan yang merupakan seorang pengusaha Burger dan Coto Makassar ini mengatakan, dia sudah memaafkan orang-orang yang menghujatnya di media social karena menganggap belum mengerti keadaan na.   S Daeng Kanang  bahkan menganggap, hujatan itu merupakan pengingat supaya dia bisa lebih sabar lagi sepulang dari Tanah Suci.   Zaeni Rahman Kepala Bea Cukai Makassar menjelaskan, pihaknya sebenarnya sudah mendatangi kediaman Suanarti di Kecamatan Tammalate begitu beritanya viral,  meski ia tak mendapatkannya karena tengah bersilaturahmi dengan keluarganya di Jeneponto.  Namun Senin   (10/07/2023), Bea Cukai Makassar menerima Suanarti Daeng Kanang, untuk memeriksa keaslian perhiasannya.

Dia juga mengungkapkan alasannya membeli emas di Tanah Suci karena merasa ada kepuasan bathin tersendiri, bahkan beliau mengaku lebih berkarisma saat mengenakannya,   "  Karismanya beda.  Dan saya percaya kalau sakit terus pakai emas dari Tanah Suci bisa sembuh  ",   Ujar SiGaluH Suanarti Daeng Kanang.   S D Kanang mengaku harus menunggu selama 13 tahun untuk berangkat ke Tanah Suci. Bahkan dua hari sebelum berangkat  ibadah haji, dia mendapat cobaan karena harus menjalani operasi batu empedu,  "  Tapi alhamdulillah selama proses haji semua dilancarkan bahkan tidak pernah merasakan sakit pasca operasi  ",   Ujar S Daeng Kanang Laji.

Selama di Tanah Suci, Suanarti Daeng Kanang tak henti mendoakan seluruh keluarganya agar bisa juga berangkat ke Tanah Suci.   "  Semua saya doakan semoga bisa ke sana (Tanah Suci), bisa juga merasakan apa yang saya rasakan, semua keluarga dipanggil kesana kedua orangtua, adik-adik, kakak, termasuk usaha dilancarkan  ",  Ujar SiGaluh Suanarti Daeng Kanang mengakhiri temu bual kami.

Suanarti Daeng Kanang Jemaah Haji embarkasi Makassar

 

Naik Haji menunaikan yang kelima dari Rukun Islam.

S Daeng Kanang pulang Haji mengenakan  emas 180 gram.

 


NusaNTaRa.Com  Adverstesment 

                           Melayani pemasangan Iklan 

                                                  Sila Dail Talian  0821 5385 8932 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...