Minggu, 09 Juli 2023

MANDIE SOENGKONO JUARA DUNIA DI WORLD CUP TESTERS CHAMPIONSHIP 2023 YANG BERLANGSUNG DI ATHENA, YUNANI

NusaNTaRa.Com

byRyaNSyaHPutrA,      R   a   b   u,     0   5     J   u   l   i      2   0   2   3   

MANDIE Soengkono jadi juara tester kopi dunia 2023  di Yunani. 

INDONESIA Bukan hanya menjadi salah satu produsen kopi terbesar di dunia, Indonesia ternyata memiliki banyak talenta potensial yang bisa menjadi masa depan industri kopi nasiona tontunya yang sangat berkaitan dengan dunia Kopil.   Sebut saja Mandie Soengkono, talenta muda Indonesia yang berhasil mendapatkan juara kedua di kompetisi World Cup Testers Championship pada 24 Juli 2023 di Athena, Yunani.   Cup taster merupakan seorang ahli yang mempunyai kemampuan dalam menciptakan aroma dan citra rasa kopi yang nikmat dengan lidah mereka. Untuk mendapatkan specialty coffee yang luar biasa, para cup taster bekerja keras dalam melakukan pengujian rasa kopi dengan cara cupping test

Mandie S menjadi juara kedua setelah mengalahkan Andrii Vasyliev dari Ukraina dan Oretis Sfiris dari Yunani. Pada babak final, Mandie S berhasil menebak tujuh dari delapan gelas dengan benar  yang berarti  skornya  sama dengan juara pertama, Young Baek dari Australia  hanya terpaut waktu saja. Pencapaian ini tentu saja memberikan prestasi yang berharga bagi Indonesia, terlebih Mandie  S  menjadi satu-satunya Cup Tester perempuan yang masuk babak final.

Mandie Soengkono,  sebelumnya telah  menjuarai Indonesia Cup Tasters Championship yang berlangsung di  JIExpo Kemayoran pada kegiatan BRI & Pegadaian Indonesia Coffee Festival (ICF) 2023 pada awal Juni,   acara ini terselenggara merupakan hasil  kerja sama antara Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) dan PMO Kopi Nusantara,  platform multi-stakeholders partnership industri kopi di Indonesia yang diinisiasi oleh Menteri BUMN Erick Thohir,  sehingga acara ini dapat terselenggara dengan baik dan jadi ajang sebelum ke International  Taster Coffee.

Menurut Erick Thohir, kesuksesan Mandie menjadi contoh dari hasil investasi SDM yang dilakukan oleh Indonesia,    "  Investasi di sumber daya manusia, investasi di generasi muda, investasi riset dan pengembangan, investasi di inovasi adalah kunci menjaga pertumbuhan Indonesia hingga 2045  ",  Ujar SiDin Erick Thohir dengan Plabomoranya (hebatnya).    Direktur Utama BRI, Sunarso, menegaskan bahwa BUMN terus mendukung hilirisasi kopi nasional. Salah satunya dengan mendorong talenta-talenta berbakat untuk terus belajar dan menjadi juara dunia     Visi kita adalah menjual kopi dengan nilai tambah yang maksimal. Visinya itu, dan sudah barang tentu dijual secara global  ”,  Ujar SiDin Sunarso dengan tak kalah Plabomoranya (hebatnya).

Untuk mendukung aspirasi tersebut, BRI siap memenuhi kebutuhan industrialisasi produk pangan tersebut, terutama komoditas kopi bekerja sama dengan semua stakeholders di PMO Kopi Nusantara. Perseroan pun sudah memetakan strateginya.    Pertama, dari sisi on farm atau di ladang yang dibutuhkan mulai dari analisis tanah, rekomendasi dan penyediaan pupuk, benih hingga pestisida. Atau bahkan jika perlu bebas dari pestisida menjadi kopi organik.

Kedua, butuh teknologi untuk mekanisasi pertanian sehingga memungkinkan hasil pertanian di produk dengan lebih baik dan varian produk yang banyak,  semuanya itu tentunya dengan pendampingan agronomis dan budidaya.    Ketiga, begitu panen masuk fase off-farm maka harus ada pengolahan pasca panen, pemberian modal  kerja seperti KUR, distributor financing, kemudian menyediakan off taker, serta capacity building dan workshop.

Keempat, Sunarso melanjutkan, untuk membangun ekosistem bisnis yang berkelanjutan harus ada project leader untuk supervisi bisnis  hingga koordinasi kegiatan,      Hal ini pun perlu disokong oleh berbagai pihak diantaranya banking dan financial institution untuk pendanaan.  Kemudian penguatan sarana produksi, teknologi research and development, perlu adanya pendampingan budidaya dan off taker   dan harus di-cover asuransi supaya untung dan aman.  Hal ini sudah ada semuanya pada ekosistem Program Makmur Kopi yang kami jalankan di PMO Kopi Nusantara  ”.

Ketua SCAI, Daryanto Witarsa, menjelaskan bahwa ajang kompetisi dan pameran seperti ini akan terus di lakukan di Indonesia,       Antusiasme masyarakat Indonesia dalam pengembangan industri kopi nasional sangat besar.  Kita harus wadahi antusiasme ini dengan baik agar bisa menjadi mendorong potensi Indonesia menjadi kiblat kopi dunia  ”,   Ujar SiDin Daryanto dengan Ahmadernya (manisnya)  yang juga aktif sebagai Wakil Ketua II PMO Kopi Nusantara.

Menteri BUMN Erick Thohir di acara Indonesia Cup Testers Championship
dihelat di JIExpo Kemayoran kegiatan BRI & Pegadaian Indonesia Coffee Festival (ICF) 2023 


 

Indonesia  negara  penghasil Kopi terbesar di Dunia.

Mandie S juara Dunia  Cup Taster Championship 2023 Yunani.

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...