Kamis, 20 Agustus 2020

SRI MULYANI RESMIKAN UANG PECAHAN RP 75.000 BERGAMBAR BUSANA ADAT TIDUNG, DI HUT RI KE-75.


NusanTaRa.Com
byRaisALembuT,                                                                                       20    A g u s t u s    2020


Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo meresmikan secara virtual uang kertas rupiah khusus pecahan 75.000 sebanyak 75 juta lembar untuk memperingati HUT ke-75 Republik Indonesia.    Pengeluaran uang peringatan Kemerdekaan 75 tahun RI juga telah melalui perencanaan matang dilakukan tahun 2018  ”,  Ujar SiGaluh Sri Mulyani Indrawati Menteri Keuangan dalam peresmian uang rupiah khusus secara virtual di Jakarta, Senin (17/8/2020).

Menkeu menjelaskan perencanaan dan penentuan jumlah rupiah yang dicetak khusus itu sudah melalui koordinasi lintas sektor yakni BI, Kementerian Keuangan, Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Sosial dan para ahli waris pahlawan.   Adapun pahlawan yang ada di lembaran Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 Tahun Republik Indonesia itu yakni Proklamator Soekarno dan Mohammad Hatta.  
    
Sementara itu, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menjelaskan pengeluaran dan pengedaran UPK 75 tahun RI ini merupakan bagian dari rencana penciptaan uang tahun anggaran 2020 sesuai kebutuhan masyarakat dan berdasarkan ketentuan dan tata kelola sesuai UU Mata Uang. Peluncuran UPK 75 Tahun RI, kata dia, juga sekaligus sebagai persembahan kebahagiaan kepada masyarakat dan bangsa Indonesia.   “ Peluncuran hari ini menjadi bagian momentum kebangkitan untuk Indonesia semakin maju  ”,  Ujar SiDin Perry Warjiyo.

Sempena peluncuran uang pecahan Rp 75.000m dalam merayakan hari kemerdekaan ri ke-75,  Dr  H Irianto Lambrie Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) pun telah menerima selembar uang pecahan Rp 75.000 yang dikemas dalam bentuk plakat dari Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Kalimantan Utara, Yufrizal di ruang rapat Kantor Gubernur di Tanjung Selor, Selasa (18/7).

Penampakan uang tersebut di dalamnya terpampang 9 anak berbusana pakaian adat Nusantara yang salah satunya busana adat di Kalimantan Utara.    "  Bagi kita warga Kalimantan Utara tanpa terkecuali, ini suatu kebanggaan bagi kita karena pada uang tersebut juga ada foto seorang anak memakai salah satu busana pengantin adat lokal di Kalimantan Utara yaitu busana Tidung  ",  Ujar SiDin Irianto Lambrie Putra Banjar. 

Peluncuran uang ini  bermakna  untuk mensyukuri kemerdekaan yang telah di raih bangsa Indonesia hingga kini,  digambarkan  dengan foto tokoh proklamator Bung Karno dan Bung Hatta.  Juga terdapat foto pengibaran bendera Merah Putih  dan  foto pencapaian pembangunan Indonesia khususnya di bidang infrastruktur tol trans Jawa, jembatan di Papua, dan MRT Jakarta.    Di sisi lain terpampang foto 9 anak-anak yang mewakili seluruh anak-anak dari seluruh penjuru Indonesia wujut mencapai Indonesia Gomilang. Salah satunya dari Kalimantan Utara dengan busana pengantin adat Tidung. Anak-anak dengan pakaian adatnya ini mewakili  Aceh, Riau, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Timur, Gorontalo, Maluku, dan Papua. 

Uang rupiah khusus adalah uang yang dikeluarkan secara khusus oleh BI dalam memperingati peristiwa atau tujuan tertentu. BI beberapa kali mengeluarkan uang edisi khusus di antaranya 25 tahun Kemerdekaan RI, perjuangan angkatan 45, kemudian 50 tahun Kemerdekaan RI, Hari Anak, cagar alam, hingga 100 tahun pemimpin Indonesia.   Dalam kesempatan yang sama, setelah peluncuran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI, Menkeu dan Gubernur BI kemudian menyerahkan secara simbolis uang khusus itu kepada ahli waris kedua proklamator yakni Guntur Soekarno Putra dan Mutia Hatta.

Itu menggambarkan anak-anak Indonesia sebagai generasi penerus SDM unggul yang siap mewujudkan Indonesia emas 2045.   Ada juga peta Indonesia Emas yang melambangkan peran strategis Indonesia di ranah global. Satelit Merah Putih juga terdapat pada gambar uang pecahan itu, yang bermakna sebagai jembatan saluran komunikasi di NKRI.


Uang RI alat transaksi di perbatasan, 

Sri Mulyani meresmikan Uang baru pecahan RP 75ribuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...