Senin, 17 Agustus 2020

LETKOL REVILLA OULINA PILIANG, PEREMPUAN PERTAMA DIDUNIA MENJABAT UNAMID9 DI PBB


NusanTaRa.Com
byBahrIHasupiaN,                                                                                                               25  Juli  2020



Dunia militer Indonesia patut berbangga terlebih prestasi ini diraih oleh seorang Srikandi militer, adalah Letnan Kolonel (Sus) Revilla Oulina Piliang  seorang prajurit Wanita TNI Angkatan Udara (Wara) Indonesia, menjadi bagian dari tim Unamid (United Nation African Union Mission), bahkan wanita yang akrab disapa Uniang dan Villa  ini menjabat sebagai Chief U9 Unamid.   Untuk jabatan ini Revilla Oulina merupakan perempuan pertama di Indonesia bahkan di dunia yang mendapat jabatan itu dari Persatuan Bangsa Bangsa (PBB).

Umum anggapan bahwa Dunia militer identik dengan dunia lelaki karena tidak mudah dan keras untuk dapat memasukinya.   Tapi bagi  Perempuan kelahiran Kampung Dalam,  Pay Kabupaten Padang Pariaman  46 tahun lalu ini, membuktikan bahwa kaum hawa juga bisa berprestasi di dunia militer yang identik dengan kaum laki-laki bahkan dengan prestasi dunia,  "  Jabatan yang saya emban sebagai Chief Military Coordination pada Unamid di Darfur Sudan  ",  Ujar SiGaluh  Revilla Oulina, yang menerangkan jabatan U9 adalah jabatan di tingkat pusat,  kalau di tingkat sektor namanya J9.

  U9 bertugas di Kota Elfasher. Cukup banyak program yang sudah kami lakukan di kota tersebut.   Diantaranya, merenovasi klinik, masjid, dan layanan sosial serta fisik lainnya  ",  Ujar SiGaluh  Uniang  yang sudah bertugas di Sudan sejak 2017.   Uniang villa merupakan satu dari sembilan perempuan Indonesia yang bertugas di Sudan.   Ke-8 perempuan lainnya berasal dari institusi Polri dan ia menambahkan   sepanjang sejarah militer Indonesia ataupun dunia belum pernah ada perempuan yang menempati jabatan Cimic.

Dalam Misi PBB ini, ada 9 Chief, yaitu Chief U1 sampai Chief U9. Ia bertugas  di Chief U9 yang bergerak langsung ke tengah masyarakat di sana.     Jabatan yang saya emban sebagai Chief  Military Coordination pada Unamid di Darpur Sudan, yang mana Jabatan U9 adalah jabatan di tingkat pusat. Kalau di tingkat sektor namanya J9  ”,  Ujar SiGaluh Uniang menambahkan.

Ia pun bersyukur telah menjadi wanita pertama yang menempati jabatan itu. "  Saya bersyukur dan terharu sekali untuk jabatan ini ternyata belum pernah ada perempuan yang menjabat sebelumnya  ",  Ujar SiGaluh Villa.  "  Saya perempuan militer pertama di Indonesia, bahkan dunia yang mengemban jabatan tersebut  ",  Ujar SiGaluh dengan Plabomoranya (hebatnya). 


Uniang, punya latar belakang Sekolah Pendidikan Guru (SPG) 2 Padang, rasa empatinya tergugah saat melihat kondisi pendidikan jauh dari kata layak bagi anak-anak usia sekolah di Darfur,  kondisi miris di Darfur membuat putri ke-8 pasangan Mukhtar (alm) dan Hj. Nursina (almh) yang bertugas sejak tahun 2017 ini merasa termotivasi.    Bagi Uniang selama bertugas di U9 di Kota Elfasher,  cukup banyak program yang sudah dilakukannya di kota tersebut  seperti  merenovasi klinik, masjid, pendidikan  dan layanan sosial serta fisik lainnya.

Uniang yang bertugas di kota Elfasher sejak Juni 2017,  tercatat pernah jadi Menwa (Resimen Mahasiswa) Maharuyung asal FKIP Universitas Bung Hatta tahun 1990 ini, bertugas di Chief U9 yang bergerak langsung ke tengah masyarakat di sana.   Baginya kedisiplinan ala militer pernah ia lalui semasa di Menwa itu yang penuh kedisiplinan tinggi dan relatip lebih keras dan penuh tantangan lapangan berbanding disiplin aktipitas lain turut membekalkan dunia militer disini.

Sepanjang sejarah militer Indonesia ataupun dunia, belum pernah ada perempuan yang menempati jabatan Cimic. Karenanya, Letkol Sus Revilla Oulina sangat bersyukur telah menjadi perempuan pertama yang menempati jabatan itu.    "  Saya bersyukur dan terharu sekali  ",  tandas alumni Perwira Karir PAPK V  Tahun 1998 dan sebelumnya  telah mengikuti Pendidikan Seskoau tahun 2015 di Lembang Bandung. 


Uniang wanita padang dalam tentara,
Revilla Piliang di U9 PBB wanita yang pertama di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...