Rabu, 12 Agustus 2020

SHAFIE APDAL POLITISI SABAH CALON PM MALAYSIA DI DUKUNG MAHATHIR.


NusanTaRa.Com
byMuhammaDBakkaranG,                                                                    10   M e i   2020


Mahathir Mohamad mendukung Menteri Sabah, Shafie Apdal, sebagai kandidat Perdana Menteri Malaysia yang baru dari barisan oposisi, sebagai satu siri keputusan menyusul hasil pertemuan kelompok pendukung dan sekutunya pada hari Kamis kemarin.   "  Saya sepenuhnya mendukung proposalnya. Apa yang terpenting sekarang adalah kami memiliki fondasi kuat agar masyarakat tahu di mana posisi kami  ",   Ujar SiDin  Mahathir Mohamad,  Ahad, 28 Juni 2020.

Keputusan pertemuan tersebut tak hanya menetapkan  Shafie Apdal sebagai kandidat perdana menteri tapi juga mempersiapkan  Mukhriz Mahathir dan Anwar Ibrahim  sebagai deputi perdana menteri.   Karier Shafie Apdal kelahiran 20 Oktober 1956 mulai mencoleng  di pemerintahan Malaysia, manakala menjadi satu dari pejabat negara pertama yang menentang rezim Najib Razak yang kemudian digulingkan Mahathir pada tahun 2018 lalu.

"  Saya sepenuhnya mendukung proposal ini  ",   Ujar SiDin Mahathir,   28 Juni 2020.   "  Yang penting adalah kita harus memiliki yang kuat agar orang-orang mengetahui posisi kita  ",   Ujar SiDin dalam siri sambungan.   Sementara Kepala Menteri Sabah sekaligus Ketua Parti Warisan Sabah (Warisan), Datuk Seri Mohd Shafie Apdal, belum buka suara mengenai pencalonannya sebagai calon perdana menteri oleh beberapa pemimpin oposisi.

Mantan perdana menteri Tun Dr Mahathir Mohamad mengatakan sepenuhnya mendukung proposal  Parti Amanah Negara (Amanah), Warisan dan DAP untuk mencalonkan Mohd Shafie, yang juga anggota Parlemen untuk Semporna, sebagai calon perdana menteri dari oposisi.    Mahathir,  anggota parlemen Langkawi, mengatakan keputusan untuk mencalonkan Mohd Shafie sebagai kandidat perdana menteri dicapai pada pertemuan informal dengan sekutu-sekutunya (Amanah, Warisan dan DAP) di Sabah pada Kamis.

Karir Shafie Apadal di politik dimulai ketika bergabung ke Partai UMNO  tahun 1994,  Kala UMNO tengah membangun basis kekuatannya di Sabah untuk membantu kepemimpinan Mahathir Mohamad.   Kemudian Shafie Apdal maju sebagai calon anggota parlemen Sabah  dan berhasil  menjabatnya selama enam periode serta mengantarkannya sebagai deputi di sejumlah kementerian selama Mahathir menjadi Perdana Menteri dan  menjadi menteri diera Tun Abdullah Badawi memimpin.

Ketika giliran Najib Razak memimpin, Shafie Apdal adalah salah satu kritikusnya yang vokal diantaranya dalam kasus korupsi 1MDB di mana Najib Razak terlibat berakibat  Najib Razak memecatnya.    Pemecatan Najib Razak membuat Shafie Apdal menjadi dekat dengan Mahathir Mohamad,  kemudian membentuk Partai Warisan Sabah yang menjadi bagian dari koalisi pendukung Mahathir.

Keputusan untuk mendukung Shafie Apdal sebagai kandidat merupakan perubahan berarti dan terkini di kelompok oposisi,  dimana  sebelumnya  mereka terjebak pada pilihan apakah akan memajukan Mahathir atau Anwar.   Anwar  Ibrahim sempat dijanjikan posisi perdana menteri ketika masa pemerintahan Mahathir Mohamad usai,  konflik internal dimanfaatkan oleh Muhyiddin Yassin untuk menjadikan dirinya sebagai Perdana Menteri Malaysia yang baru.   

Ini julung – julung kali pertama perpolitikan Malaysia mencalonkan seorang pemimpin  dari Sabah  dan Serawak  diberi kesempatan menempati posisi terhebat di Malaysia sebagai Perdana Menteri.   Apabila tidak ada halangan, pemilihan umum di Malaysia akan digelar pada bulan September 2023.


Sabah Serawak Malaysia Timur,
Shafie Apdal calon PM Malaysia sokongan Mahathir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...