Selasa, 04 Agustus 2020

KERETA UAP LAWAS BUATAN JERMAN DIRESTORASI BUAT WISATA DI SURAKARTA.


NusanTaRa.Com
byMuhammaDNunukaN,                                           28  Februari  2020



PT. Kereta Api Indonesia (KAI) berhasil mengoperasikan kombali  lokomotif uap buatan Jerman tahun 1921 yang telah lama pension yang akan digunakan sebagai kereta wisata mengitari Kota Solo, Jawa Tengah.   Selama ini Kota Solo memang sudah memiliki lokomotif uap sebagai kereta wisata bernama “JALADARA”,  tetapi karena usia yang terus bertambah, kereta berjuluk sepur kluthuk berusia 124 tahun tersebut bolak-balik masuk perawatan.

Lokomotif uap kuno buatan Hanomag Hannover, Linden, Jerman, tahun 1921 itu direstorasi di Balai Yasa Yogyakarta selama delapan bulan yang dimulai sejak April hingga November 2019.   "  Lokomotif uap ini mulai hidup tanggal 5 November 2019. Sudah diuji coba di Balai Yasa  ",  Ujar SiDin Suharyanto di Stasiun Purwosari, Solo, Jawa Tengah, Kamis (6/2/2020).   Pengoperasian kembali lokomotif uap dengan kode lambung D1410 untuk memperkuat keberadaan kereta api uap Jaladara yang sekarang ini menjadi kereta wisata di Surakarta.

Suharyanto mengungkapkan, lokomotif uap yang menggunakan bahan bakar batu bara atau kayu jati tersebut mampu menarik empat gerbong kereta api.   Kepala PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Eko Purwanto menambahkan, lokomotif uap berangkat dari Stasiun Lempuyangan sekitar pukul 09.25 WIB dan berjalan sendiri membawa para wisatwan kota  dan  Lokomotif uap itu akan berhenti di Stasiun Klaten.     Padahal jumlah trip kereta Jaladara dalam setahun adalah 80 kali  ,   Ujar SiDin Hari Prihatno Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Hari Prihatno, Pemkot Surakarta.

 Untuk penggantinya atau temannya,  Pemkot Surakarta mendatangkan lokomotif uap dari Balai Yasa Yogyakarta,   sebelumnya  lokomotif bernomor seri D1410 itu terakhir kali beroperasi tahun 1958 di Jawa Barat, kemudian dibawa ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII).   Dari stasiun Lempuyangan Yogyakarta, lokomotif ini butuh waktu enam jam untuk sampai di Solo karena faktor usia.   Sewaktu di Klaten kereta ini mengalami gangguan sehingga harus didorong koreta lain dan untuk memanaskan mesinya menggunakan kayu bakar dibutuhkan waktu 2-3 jam.

Sekitar dua minggu lalu lokomotip uap ini  sudah menjalani  uji coba di Balai Yasa Yogyakarta dan ini sudah mulai beroperasi,    Suku cadang lokomotif uap tersebut dicarikan persamaannya menggunakan lokomotif uap yang lain di Balai Yasa. Selain itu, juga memesan suku cadang dari dalam negeri, ujar eko purwanto Kepala KAI daerah Yogyakarta,  termasuk teknologinya pakai tim uap,  Jadi, termasuk boiler, ketelnya harus kita pastikan sudah kita bawa ke metalurgi dan dinyatakan itu aman.

Lokomotif uap dioperasikan pertama kali sekitar tahun 1923,  kata Eko,  dan terakhir kali Lokomotif ini beroperasi sekitar tahun 1958.   Lokomotif uap dengan nomor pembuatan 9653 ini memiliki panjang 12.650 mm,  lebar 3.000 mm, dengan menggandeng ompat gerbong, untuk pemanasan membutuhkan waktu 3 jam dan tinggi 3.780 mm.   Operasionalnya menggunakan batu bara atau kayu jati dengan kecepatan maksimal 70 km per jam.

  Lokomotif ini akan digunakan bergantian dengan lokomotif Jaladara. Mungkin juga bisa dioperasikan jika rencana perpanjangan rute kereta api uap wisata hingga Wonogiri terealisasi  “, Ujar SiDin Suharyanto Ketua Tim Restorasi Balai Yasa.



Tut tut tut kereta api mengitari Surakarta,

Lokomotip tua buatan jerman direstorasi buat Pariwisata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...