Jumat, 07 Agustus 2020

HAKIM MAHKAMAH MALAYSIA MENETAPKAN NAJIB RAZAK 12 TAHUN PENJARA ATAS SKANDAL OneMDB.


NusanTaRa.Com
byBambanGNunukaN,                                                                                    30   J u l i   2020



Najib Razak dijatuhkan vonis penjara hingga 12 tahun penjara oleh hakim di gedung Mahkamah Kuala Lumpur 28 Juli 2020 untuk dakwaan penyalah gunaan kekuasaan yang telah ia lakukan,   putusan menjadikan Razak sebagai Perdana Menteri Malaysia pertama yang terkena vonis bersalah pengadilan dalam kasus korupsi.    Najib dinyatakan bersalah terkait tujuh tuntutan jaksa dalam kasus transfer dana dari SRC International, yang merupakan unit usaha di bawah perusahaan investasi negara 1Malaysia Development Berhad atau 1MDB ke rekening pribadinya.

"  Pengadilan memvonisnya dengan hukuman penjara selama 12 tahun plus denda sebanyak sekitar Rp 718 miliar atau sekitar 210 juta ringgit Malaysia  ",  sebagaimana dilansir Reuters pada Selasa, 28 Juli 2020.    Dalam kes ini hakim menyatakan Najib Razak bersalah atas tujuh tuntutan terkait kasus dugaan korupsi  1Malaysia Development Berhad atau 1MDB dan menjatuhkan hukuman penjara 12 tahun atas putusan ini Najib dan pengacaranya mengatakan akan banding.

Najib Razak  terlahir dari dinasti keluarga politik,  Ayahnya adalah Abdul Razak  menjabat sebagai Perdana Menteri dari 1970 – 1976 sedang  pamannya  Hussein Onn, menjabat sebagai Perdana Menteri dari 1976 – 1981.  Najib Razak sendiri menjabat sebagai Perdana Menteri Malaysia pada periode  April 2009 sehingga 2018, namun sebelumnya ia bekerja di Petrolium Nasional Berhad atau Petronas  setelah menyelesaikan pendidikan Strata satu bidang Ekonomi di University of Nottingham England.

Beliau kemudian menggantikan posisi ayahnya sebagai anggota parlemen yang wafat pada 1976 di Dewan Rakyat Malaysia.  Kariernya politiknya mulai cemerlang  mewakili Wilayah Pahang dari paratai penguasa saat itu United Malays National Organization or UMNO.   Kemudian memasuki kabinet dan menempati berbagai posisi,   seperti menteri Pertahanan dua periode pada 1991 -- 95 dan 1999 – 2004 dan pernah menjadi deputi Perdana Menteri Malaysia pada 2004.

Pada kongres UMNO Maret 2009, Najib Razak terpilih sebagai ketua umum UMNO.   Najib Razak menjadi PM pada 3 April 2009 dengan sokongan UMNO  yang didominasi Partai Barisan Nasional,   Pada 2013, UMNO kalah pemilu dalam popular vote atau jumlah suara pemilih tapi masih menguasai jumlah kursi mayoritas di parlemen,  membuatnya masih dapat menduduki  kursi PM  Malaysia.

Pada tahun 2006 terjadi satu skandal yang menghebohkan Malaysia dan mencoreng  populariti Najib Razak,   ketika terjadi skandal pembunuhan model asal Mongolia,  Altantuya Shaaribu yang  menyebutkan bahwa  tindakan kriminal itu terjadi atas perintahnya.   Pelaku pembunuhan adalah bekas Kepala Polisi Pengawal Najib yaitu Azilah Hadri, dikabarkan bahwa Najib dan Altantuya memiliki hubungan tertentu hingga kini kasus ini still misteri.


Terkait putusan Hakim di Mahkamah Kuala Lumpur yang menjatuhkan hukuman penjara 12 tahun dan denda Rp 718  milliar setara $ 210 juta Malaysia, merupakan satu siri peradilan yang cukup panjang bahkan pernah terhentikan karena kaburnya persoalan.      Putusan ini mendapatkan komentar dari para tokoh oposisi Malaysia dan pendukungnya  ”,  begitu dilansir Reuters pada Selasa, 28 Juli 2020.

Berikut ini beberapa komentar para tokoh terkait putusan vonis hakim untuk Najib Razak :

Pernyataan Koalisi Oposisi Pakatan Harapan pimpinan Presiden Partai Keadilan Rakyat, Anwar Ibrahim  :   “ Putusan ini menjadi kemenangan besar bagi warga Malaysia. Proses hukum ini tidak akan terjadi jika rakyat tidak bangkit untuk memberikan kemenangan kepada Pakatan Harapan dan mengalahkan Barisan Nasional pada Pemilu 2018 ”,   Ujar pernyataan resmi Pakatan Harapan.   Kepala Euroasia Group di Asia Tenggara, Peter Mumford :  Vonis itu tampaknya tidak akan menjadi kejutan besar bagi lingkaran politik Malaysia karena argumentasi terdakwa terlihat lemah.  Namun, ini merupakan capaian besar.  Najib Razak menjadi bekas PM pertama yang divonis bersalah dalam kasus korupsi  ”,  Ujar SiDin Mumford.

 Presiden United Malays National Organisation atau UMNO, Ahmad Zahid Hamidi  :  “ Atas nama UMNO, kami menerima putusan pengadilan terhadap Datuk Seri Najib. Tapi sebagai teman, saya bersimpati dan saya sedih oleh putusan pengadilan ini. Namun, dia mengatakan kepada saya bahwa ini bukan akhir segalanya. Saya yakin masih ada sesuai yang UMNO akan lakukan. Jadi tunggu untuk putusan yang akan kami buat  ”,  Ujar SiDin Hamidi.

Bekas politikus oposisi dan pembocor skandal 1MDB, Rafizi Ramli  :   “ Saya jarang berkomentar soal isu politik akhir-akhir ini. Tapi saya menghabiskan waktu bertahun-tahun di garis terdepan terkait skandal 1MDB dan SRC sebagai anggota parlemen. Saya tidak pernah berharap banyak pada waktu itu. Tapi saya merasa semua kekecewaan pada waktu itu terbayar hari ini. Selamat Malaysia ”.


OneMDB satu projek keuangan Malaysia,
Najib Razak atas OneMDB ditetapkan 12 tahun penjara.

1 komentar:

  1. Sebagai sesama rumpun Melayu pedih melihat perPolitikan di sana yg penuh prrseteruan dan pertikaian .............. semoga cepat pulih dgn pitik yg on the way doang

    BalasHapus

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...