Rabu, 02 Oktober 2019

WASI BERI KEBANGGAAN HUT RI KE-74 DENGAN TIGA REKOR SELAM DUNIA.

NusanTaRa.Com
byIndaHPalloranG, 18/08/2019



WASI  (Organisasi Wanita Selam Indonesia) berhasil memecahkan TIGA Guin-ness World Records Official Attemp hanya dalam hitungan hari saja dari tanggal 1 dan 3  Agustus 2019 di pantai Manado Kawasan Megamas Sulawesi utara.   Prestasi  yang dicapai  menjelang peringatan 74 tahun Ke­merdekaan Republik Indonesia ini,  sekaligus  menjadi  satu  kado terindah yang tak terlupakan bagi  Wasi dan Perayaan Hari Kemerdekaan RI  tahun 2019.   

Ketiga rekor Guinness World Records Official Attempt yang diraih WASI adalah rekor Rangkaian Penyelam Ter­panjang di bawah air dengan peserta 578 penyelam,  rekor Pembentangan Bendera Terbesar di Bawah Air dengan ukuran 1.014 meter persegi dan rekor Penyelaman Massal Terbanyak dengan jumlah peserta 3.131 orang. Penyera­han penghargaan rekor dunia tersebut diberikan langsung oleh Guinness Records Adjudicator, Solvej Malouf.

Frans Rattu Ketua Divisi 3 Bidang Penyelaman WASI,  menyatakan kegiatan pemecahan rekor Guinness World Records Official Attempt para penyelam latihan menyelam di kedalaman antara 7 hingga 9 meter.   Pihaknya melakukan pelatihan beberapa pelatihan, Termasuk pelatihan untuk mengibarkan bendera di dalam lautan.     Pada latihan pertama, ternyata kami mengalami kendala karena benderanya kami gulung dan saat dikibarkan bendera tersebut terlilit di bagian dalam dan tak bisa dibuka. Maka kemudian kami melipat bendera dan berhasil. Maka teknik ini yang kami pakai hingga dapat memecahkan rekor dunia  ”, Ujar SiDin  Frans.

Ketua WASI Tri Tito Karnavian menyatakan bangga dan senang atas keberhasilan Indonesia dalam memecahkan rekor dunia terse­but dan menjadi ini akan menjadi hadiah yang membanggakan di hari ulang tahun (HUT) ke-74 Indonesia.     Semoga apa yang kami persembahkan ini tidak berakhir di sini,  tapi bisa menjadi motivasi bagi semua orang untuk terus melakukan yang terbaik bagi bangsa dan Negara  ”, Ujar SiDin Tri di Jakarta, Kamis (15/8).

Tri menyebutkan  pemecahan rekor ini semakin menguatkan posisi Indonesia sebagai negara maritim yang kemampuannya melebihi negara lain di bidang kelautan.  Untuk memecahkan rekor tersebut, WASI telah mempersiapkannya sejak setahun lalu,  mulai dari seleksi penyelam dari berbagai daerah Indonesia maupun luar negeri, hingga pemilihan Manado sebagai tempat pemecahan rekor.   Motivasi WASI memecahkan rekor tersebut karena ingin Indonesia sebagai Negara maritime dan memiliki potensi sumberdaya dan wisata laut yang banyak  berkeinginan menjadi bagian dunia dalam kegiatan selam.

“Kita sudah melakukan survei ke seluruh Indonesia, sebelum memilih Manado sebagai lokasi. Karena dalam pemecahan rekor berskala internasion­al seperti ini, harus dipenuhi beberapa persyaratan antara lain fasilitas hotel, penerbangan dan tentu saja lokasi (venue) yang harus memenuhi prose­dur keselamatan. Manado beruntung karena terpilih menjadi tempat terbaik dalam memecahkan rekor dunia ini. Kami berharap penduduk di sini tak hanya menjadi penonton, tapi juga dapat menjadi pencinta laut,” katanya.

Tak sekadar memecahkan rekor, WASI juga menginisasi kegiatan tersebut untuk memajukan pariwisata bahari di Indonesia hingga menjadi satu incaran wisatawan selam dunia untuk dikunjungi,  sekaligus  kegiatan ini menjadi  pendorong bagi masyarakat agar aktif menjaga kelestarian lingkungan laut di Indonesia. Sehingga setiap warga wajib untuk menjaga lingkungan masing-masing guna mendapatkan lingkungan bersih, sehat dan nyaman, baik di darat dan laut.

Organisasi yang berdiri sejak 2018,  tidak hanya berhenti  di situ  dilanjutkan ke beberapa daerah seperti di Manado, Sulut pada 23 Februari 2019, ke Banda Naira  Maluku hingga penanaman mangrove di Balik Papan akhir Juli 2019., semua itu sebagai rangkaian acara pokok menuju puncak acara Guinness World Records Official Attempt yang akhirnya Indonesia dapat memecahkan 3 rekor dunia.   Sebelumnya  Wasi ini juga sudah memecahkan beberapa rekor antara lain Rekor MURI 2018 untuk kategori Penyelaman Massal Wanita yang diikuti 928 penyelam wanita dan Pembentangan Bendera Terpanjang Dalam Laut Indonesia sepanjang 500 meter.


Main olah raga air dilaut dalam,

Wasi sukses cetak tiga Rekor dunia Selam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...