Rabu, 16 Oktober 2019

GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN HADIRI URBAN 20 GLOBAL SUMMIT 2018 DI ARGENTINA


NusanTaRa.Com
byIndaHPalloranG, 02/11/2018


Anies Rasyid Baswedan, Gubernur DKI Jakarta  ketika menghadiri acara Urban 20 (U20) Global Summit di Argentina, Selasa (30/10/2018), mendapat gelar tamu kehormatan dari Parlemen Kota Otonom Buenos Aires, Argentina.      Sebuah penghargaan tersendiri diangkat menjadi tamu kehormatan. Dari seluruh peserta pertemuan U20, hanya tiga orang yang diangkat sebagai tamu kehormatan  ”,  Ujar SiDin Anies Baswedan, sebagai ungkapan terima kasih Gubernur DKI yang Plabomora.  

Selain Anies, penghargaan tamu kehormatan juga diberikan kepada Wali Kota Asuncion (Paraguay) Mario Ferreiro dan Wali Kota Montevideo (Uruguay) Daniel Martinez,  Acara itu digelar di ruang sidang utama di Palacio de la Legislatura de la Ciudad de Buenos Aires dan penyerahan oleh ketua parlemen dan para pimpinan dewan kota Buenos Aires.   Anies mengatakan, ia akan membahas sejumlah masalah di Jakarta dalam pertemuan U20 Global Summit. Selain penataan kota, ia juga akan berbicara mengenai kepadatan penduduk dan kemiskinan.

Saat Anies Baswedan menghadiri URBAN 20 (U20) GLOBAL SUMMIT yang berlangsung pada 29-30 Oktober 2018, beliau  kala itu menjadi salah satu pembicara pada pertemuan tingkat tinggi tersebut.  Dia memaparkan soal penataan kampung, peningkatan pelayanan kepada masyarakat, penataan ruang ketiga, hingga pengembangan kewirausahaan yang telah dikembangkan di kota Jukarta, bersama Anies Baswedan tampil juga Wali Kota Helsinki Jan Vapaavuori, Wali Kota Montevideo d Daniel Martínez, perwakilan Kota Buenos Aires, Portland, Madrid dan perwakilan kota lainnya.  Dalam kunjungan tersebut Anies juga menghadiri high level meeting tentang Open Government for Urban Challenges.

"  Gubernur Anies menyampaikan tantangan dalam membangun kepercayaan masyarakat kepada pemerintah dan pengalaman Jakarta untuk menampung aspirasi warga melalui pendekatan Community Action Plan dari level terendah  ", Ujar SiGaluh  Atika  Nur Rahmania Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik DKI Jukarta yang menyertai beliau.  Menurut Atika Nur  Anies juga memaparkan soal citizen relation management (CRM). Melalui CRM, warga juga bisa menyampaikan tanggapan, saran, dan keluhan kepada pemerintah dalam rangka membangun kepercayaan dan partisipasi warga dalam pengambilan kebijakan pemerintah.

Pada diskusi panel  berthema “  INTEGRASI SOSIAL “, Anies berbagi panggung dengan perwakilan dari kota Madrid, Berlin, dan Buenos Aires.  Pada sesi ini, Anies memaparkan bahwa tantangan besar yang dihadapi Jakarta dalam setahun terakhir adalah menghadirkan rasa persatuan bagi seluruh warga Jakarta.   "  Dalam mewujudkan ini, pemerintah mencoba untuk mentransformasi cara pandang birokrasi dari pemerintah yang berperan sebagai penyedia layanan menjadi pemerintah yang menjadi kolaborator dan masyarakat sebagai co-creator  ",  Ujar SiGaluh Atika. 

Partisipasi Jukarta di U20 di pertemuan itu membuat Anies mendapatkan gelar Huéspedes de Honor de la Ciudad de Buenos Aires atau tamu kehormatan Kota Buenos Aires dari Parlemen Kota Otonom Buenos Aires, Argentina, pada Selasa (30/10/2018).   Anies berterima kasih kepada Parlemen Kota Otonom Buenos Aires yang telah memberikan penghargaan sebagai tamu kehormatan dan berharap agar hubungan kedua kota bisa semakin meningkat.   Wakil Ketua Dewan Kota Buenos Aires Francisco Quintana mengaku yakin dengan adanya kerja sama dan perbandingan dengan kota-kota lain, termasuk Jakarta, pihaknya mampu membuat kebijakan publik dengan standar tertinggi bagi masyarakat.

Dalam pertemuan itu, Anies juga melakukan beberapa pertemuan bilateral. Salah satunya dengan Executive Director C40 Cities Climate Leadership Group (C40) Mark Watts yang membahas dukungan C40 atas komitmen Jakarta dalam menurunkan emisi gas rumah kaca sampai dengan 30 persen pada tahun 2030.   Anies juga bertemu dengan Senior Director for Social, Urban, Rural, and Resilience Global Practice World Bank, Ede Ijjasz-Vasquez mereka berdua membahas permasalahan urban di Jakarta, seperti banjir dan land subsidence, land consolidation, urban renewal, dan peluang kerja sama antara Jakarta dengan World Bank.

Kemudian, Anies bertemu CEO Open Government Partnership (OGP) Sanjay Pradhan untuk membahas pentingnya membangun kepercayaan masyarakat kepada pemerintah melalui pemanfaatan teknologi informasi dan inisiatif open data and government.   "  Juga ada pertemuan dengan Wali Kota Buenos Aires Horacio Rodríguez Larreta. Keduanya menandatangani Letter of Intent (surat kesepahaman) mengenai kerja sama antara kedua kota di bidang sport, culture, social integration and housing, investment and finances  ",  Ujar SiGaluh  Atika.

  
Benyamin sueb actor Betawi,
Anies Baswedan di U2O dapat penghormatan bergengsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...