Minggu, 06 Oktober 2019

PUAN MAHARANI JADI KETUA DPR RI PERIODA 2019-2024 DAN JADI PEREMPUAN PERTAMA KETUA DPR RI INDONESIA

NusanTaRa.Com
byAsnISamandaK, 04/10/2019



Sidang Paripurna yang dipimpin Ketua DPR sementara Abdul Wahab Dalimunthe dan Wakil Ketua DPR sementara Hillary Brigitta Lasut, berhasil menetapkan politisi PDI-P Puan Maharani secara resmi  sebagai Ketua DPR periode 2019-2024 dalam Sidang Paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019). Penetapan ini sekaligus menandai bahwa Puan Maharani menjadi perempuan pertama yang berhasil menjabat sebagai ketua DPR RI.

"  Apakah hasil rapat mengenai penetapan pimpinan DPR dapat disetujui dan ditetapkan? Setuju?  ", Ujar SiDin  Abdul Wahab Dalimunthe saat memimpin Sidang Paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019), yang diamini seluruh peserta dan bertepuk tangan. Sementara, empat Wakil Ketua DPR adalah Aziz Syamsuddin dari Fraksi Partai Golkar, Sufmi Dasco Ahmad dari Fraksi Partai Gerindra, Rachmat Gobel dari Fraksi Partai Nasdem dan Muhaimin Iskandar dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa.

DPR kali ini trending selain karena tuntutan mahasiswa, aliansi masyarakat sipil dan pekerja melalui gerakan Senayan Memanggil mulai dari tanggal 23-24 September dan 30 September lalu, tanggal 1 Oktober 2019 sebanyak 575 anggota DPR dilantik untuk periode 2019-2024.  Hal terbaru kali ini karena adanya pelantikan anggota DPR tahun ini, karena untuk pertama kalinya Indonesia memiliki Ketua DPR perempuan, yaitu Puan Maharani dari fraksi PDI-P.

Prosesi penetapan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah janji jabatan yang dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali,  kemudian penyerahan kepemimpinan DPR secara simbolis dari Abdul Wahab kepada Puan Maharani.  Setelah itu kelima pimpinan DPR sempat berfoto bersama dengan Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri yang juga hadir dalam Sidang Paripurna, diikuti penyampaian pidato pertama Puan Maharani sebagai Ketua DPR RI.

Sepak terjang karier Puan Maharani,  sempat menjabat Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo periode 2014-2019, di kepartaian ia sudah terlibat sejak tahun 2008 dan di Internal PDI sendiri Puan menjabat menjadi Ketua Bidang Politik & Hubungan Antar Lembaga.   Hal yang cukup menraik dari Puan Maharani, bahwa beliau  adalah putri dari Presiden Indonesia ke-5, Megawati Sukarnoputri, yang juga merupakan Presiden perempuan pertama di Indonesia. Beliau juga merupakan cucu dari Presiden Indonesia ke-1 sekaligus Proklamator Indonesia, Sukarno.

Pada pemilu 2009 beliau mencalonkan diri mewakili PDIP dapil Jawa Tengah V  beliau berhasil meraih 242.504 suara ditempatkan di Komisi IV DPR (bidang pertanian, pangan, maritim, dan kehutanan) dan tahun 2014 daerah pemilihan yang sama kembali menang dengan  369.927 suara, ditempatkan di Komisi VI DPR (bidang industri, investasi dan persaingan usaha). 

Hillary Lasut 23 tahun tormuda
Hillary Lasut satu yang membanggakan di DPR, karena sempat menjabat wakil ketua sementara DPR RI 2019-2024 dalam sidang paripurna pemilihan ketua DPR, merupakan anggota DPR termuda dan kebetulan perempuan. Hillary yang masih berumur 23 tahun yang memutuskan terjun ke dunia politik, seperti sang ayah dan ibu. Berpendidikan S1 Fakultas Hukum di UPH, Universitas Pelita Harapan,  melanjutkan S2 di Washington University, Hillary memiliki keinginan untuk masuk di Komisi III, yang membawahi bidang hukum, HAM, dan keamanan.

Kelebihan lain DPR RI perioda 2019-2024 dibandingkan DRR sebelumnya jumlah anggota DPR perempuan jauh lebih banyak.  Dari 575 anggota DPR yang dilantik pada 1 Oktober 2019, ada 118 anggota DPR perempuan yang berhasil tembus ke Senayan. Dibanding tahun 2014, hanya ada 97 anggota DPR perempuan, yang artinya ada peningkatan yang cukup signifikan keanggotaan wanita sebagai anggota legeslatip meski target kuota perempuan 30 %.

  
Burung indah karena bulu dan bunyinya,

Puan Maharani ketua DPR RI Perempuan pertama Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...