Selasa, 08 Oktober 2019

INDAH CAHYA SARI JAMIL, SALAH SEORANG TIM INDONESIA DI KEJUARAAN DUNIA BADMINTON JUNIOR 2019 ASAL BUGIS BONE.


NusanTaRa.Com
byLaDollaHBantA, 06/10/2019

 
Untuk pertama kalinya Tim Bulutangkis Indonesia menjuarai  Kejuaraan Dunia Badminton Junior 2019 usai menaklukkan China dengan skor 3-1 di Kazan Gymnastics Center, Rusia, Sabtu (5/10/2019), sebelumnya kejuaran ini selalu di menangkan Tim Junior China.  Apa yang cukup menarik dari Tim Bulutangkis Junior Indonesia yang menjuarai Piala Suhandinata di Rusia tersebut, bahwa salah satu pemainnya adalah seorang atlit bulutangkis Putri dari BUGIS BONE yaitu INDAH CAHYA SARI JAMIL.
    
Daniel Marthin dkk memastikan meraih juara dunia setelah mengalahkan China 3-1. Pertandingan dibuka pertarungan Daniel Marthin/Indah Cahya Sari Jamil yang sukses menaklukkan Feng Yan Zhe/Lin Fang Lin dengan skors  21-11, 18-21 dan 21-11. Partai ke dua tunggal putri Putri Kusuma Wardani mengalahkan Zhou Meng dan partai ke Tiga tunggal putra Bobby Setiabudi harus takluk ditangan Liu Liang.            Di partai ke Empat yang menentukan Indonesia, Febriana Dwipuji Kusuma/Putri Syaikah turun menghadapi Li Yijing Tan Ning dengan skors  16-21, 25-23 dan 21-13.

Kemenangan Indah Cahya Sari ini menjadi modal penting bagi tim Indonesia dalam meraih juara di Rusia tersebut. Ini sekaligus membuat Indonesia mengakhiri dominasi Tiongkok yang  selalu menguasai nomor beregu dalam lima edisi terakhir Kejuaraan Dunia Junior Bulu Tangkis.  Sejak tahun 2000, para pebulu tangkis Indonesia hanya mampu melanggeng ke final tanpa juara, yakni  edisi 2013, 2014, dan 2015.

Indah Cahya Sari Jamil menjadi salah satu pebulu tangkis unggulan junior milik PB Djarum. Sejak bergabung pada 2014 lalu, Indah telah beberapa kali naik podium pada laga bertaraf internasional. Diantaranya menjadi Juara Pembangunan Jaya Raya Junior Grand Prix 2019 (ganda campuran), Semifinalis German Junior International 2019 (ganda campuran), Semifinalis Dutch Junior International 2019 (ganda putri), Runner up Turkey International Series 2018 (ganda putri), dan yang terakhir Juara Asia Junior Championships 2019 (ganda campuran) bersama rekannya Leo Rolly Carnando.

Prestasi yang cukup menarik pernah diraih Indah Cahya Sari Jamil ketika bersama rekannya Leo Rolly Carnando berhasil menjuarai Asia Junior Championships 2019, Minggu 28 Juli 2019 yang digelar di Suzhou Olympic Sports Center, China.  Kemenangan tim ganda campuran ini didapat Leo/Indah setelah sukses mengalahkan ganda tuan rumah, Feng Yan Zhen/Lin Fang Ling, dengan skor dramatis 16-21, 22-20, 22-20.

Karirnya di PB Djarum tidaklah begitu mulus karena sebelumnya ia pernah gagal saat mengikuti tes kategori single, kemudian ia mencoba kembali mengikuti tes pada kategori ganda dan akhirnya berhasil masuk di 2014 serta menjadi asuhan PB Djarum. Indah Cahya Sari telah memulai menekuni dunia Bulutangkis sejak kelas III SD karena sang oher adalah pelatih bulutangkis di sana.

Ayahnya bernama Jamil, seorang guru olahraga di salah satu sekolah di Kabupaten Bone sekaligus menjadi pelatih bulutangkis di sana, sehingga ia sering mendapat pelatihan yang cukup disiplin dan menjadi pembentuk sikap olahragawan yang pertama.  Sementara Sang  ibu adalah Amriati Rauf dari Kabupaten Gowa yang cukup perhatian dalam memberikan dorongan baginya.

  
Bola Bulu Bulutangkis,
Indah Cahya Sari Pebulu Tangkis Bone Bugis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...