Kamis, 31 Oktober 2019

ERICK THOHIR MENTERI BUMN PERIODA 2019-2024, SIAP MERAMBAH DUNIA GLOBAL.


NusanTaRa.Com
byBambanGNunukaN,  26/10/2019


Erick Thohir salah satu tokoh pengusaha nasional,  dipercaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagi Menteri Badan Usaha Milik Negara ( BUMN )  setelah pelantikannya dalam Kabinet Indonesia Maju perioda 2019-2024, Rabu 23 oktober 2019.   Dalam menjalankan tugasnya yang diembankan ini, Erick mengaku siap mengerahkan semua kemampuannya,  bahkan  di hari pertama menjabat mantan Ketua INASGOC ini mengaku akan segera melakukan rapat koordinasi dengan jajaran Kementerian BUMN.
Sosok Erick cukup dikenal luas publik sebagai salah satu konglomerat Indonesia. Mahaka Group yang ia dirikan adalah perusahaan swasta yang bergerak di bidang media, telekomunikasi, rumah produksi hingga olahraga.  Pria berusia 49 tahun panyandang gelar Master of Business Administration dari Universitas Nasional California ini juga aktif dalam bidang olahraga mulai basket hingga sepak bola.   Beliau juga sangat popular dimata Indonesia karena beliau menjadi Ketua Tim Sukses Kampanye Pemenanga Jokowi-Maruf Amin dalam Pilpres 2019 dan beliau mensukseskan penyelenggaraan SEA GAMES 2018 Jakarta.

Erick Thohir mengaku siap dicopot dari jabatannya jika dianggap tak becus menjalankan tugasnya sebagaimana ia katakana   saat acara serah terima jabatan antara dirinya dengan Rini Soemarno di Kementerian BUMN, Rabu (23/10/2019),     Semua menteri harus siap dicopot, saya siap dicopot, karena komitmen kita untuk bangsa yang besar  ”,  Ujar SiDin Erick Thohir dengan Flabomoranya.

Presiden Jokowi mempunyai pesan khusus buat Bung Erick Thohir saat menunjuknya sebagai enteri Badan Usaha Milik Negara.  Apa pesan dan tugas khusus yang disampaikan Jokowi untuk Erick Thohir ?  Saat mengumumkan nama-nama menteri baru yang mengisi Kabinet Indonesia Maju, Jokowi berpesan membangun BUMN untuk ekspansi ke pasar modal.   "  Bapak Erick Thohir Menteri BUMN.  Membangun BUMN ekspansi ke pasar global adalah tugasnya beliau  ", Ujar SiDin  Jokowi, di Istana Negara di hari yang sama.

  Besok presiden (Jokowi) ratas (rapat terbatas) jam 10.00. Jajaran kita mulai meeting hari ini. Kita ada KPI yang harus dicapai (dalam) 3 bulan  ”, Ujar SiDin Erick Thohir.   BUMN harus jadi agen perubahan, dan ia menginginkan BUMN ke depannya semakin kompetitif  serta BUMN diharapkannya lebih mampu berbicara  di kancah internasional.      Seperti yang disampaikan Presiden, agar (BUMN) tidak jago kandang, tapi (bisa jadi) pemain global  ”, Ujar SiDin Erick. 

Rini Soemarno  meminta, perusahaan BUMN yang sudah besar mau membantu perusahaan lain yang masih merintis.  Sedangkan perusahaan BUMN yang kecil, mau belajar dengan perusahaan besar agar termotivasi bisa lebih maju lagi. “Saya titip ke Pak Erick untuk perbaiki kinerja mereka (perusahaan BUMN),” kata Rini.    Rini meminta, perusahaan BUMN yang sudah besar mau membantu perusahaan lain yang masih merintis  sedangkan yang kecil  mau belajar dengan perusahaan besar agar termotivasi bisa lebih maju lagi.
Pesan kedua, lanjut Rini, peran BUMN harus bisa mendorong perekonomian rakyat yang sudah tertuang dalam Undang-Undang BUMN.      Karena itu banyak program BUMN arahnya meningkatkan kemampuan usaha mikro dan super mikro, karena kekuatan Indonesia ada di sana. Warga Indonesia di desa-desa bisa jadi enterpreuner  ”, Ujar SiGaluh laji.  Tak hanya pesan, Rini juga meninggalkan pekerjaan rumah bagi Erick,  salah satunya masalah holdingnisasi.     Masih bahyak PR, tidak lepas dari holdingisasi. Sektor usaha cukup besar. Per sektornya ada sub holding. Nantinya sampai satu titik terbentuknya super holding  ”,  Ujar SiGaluh Rini Soemarni.

Rini pun mengaku telah mengeluarkan seluruh kemampuannya selama lima tahun menjabat.  Dia mengatakan, saat ini kondisi Kementerian BUMN sudah semakin baik.    Di sisi lain, Rini meyakini, di bawah tangan dingin Erick Thohir, Kementerian BUMN bisa lebih baik lagi dan berkembang dengan lebih pesat dan semoga segenap jajaran  lebih solit.     Saya sangat bangga diteruskan Pak Erik. Saya yakin (BUMN) makin maju dan sehat  ”, Ujar SiGaluh Rini Soemarno.

Profil singkat Erick Thohir, Menteri BUMN menurut NusanTaRa.Com  :

Nama: Erick Thohir
Tempat/Tanggal Lahir: Jakarta, 30 Mei 1970

Pendidikan

S1: Glendale Community College, California, Amerika Serikat (AS)
S2: Master of Business Administration National University, California, Amerika Serikat (AS)

Jabatan Karier :

Pendiri dan Komisaris Utama Mahaka Group: 1992-sekarang
Direktur Utama ANTV: 2014 - sekarang

Jabatan Lain

Pemegang saham Persib Bandung Mantan pemilik Inter Milan
Pemegang saham klub NBA Philadelphia 76ers
Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC)
Ketua Tim Pemenangan Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin
Mantan Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI)

Istri: Elizabeth Tjandra


Tari Lenong tari Betawi,
Erick Thohir putra Betawi  Eeeee  jadi Menteri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...