Senin, 21 Oktober 2019

JOKOWI-MARUF AMIN RESMI DILANTIK JADI PRESIDEN-WAPRES RI PERIODA 2019-2024.


NusanTaRa.Com
byBambanGBiunG, 21/10/2019


"  Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa  ",  Ujar SiDin  Jokowi.    "  Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa  ", Ujar SiDin  Ma'ruf Amin, demikian ucapan sumpah janji Presiden dan wakil yang di ucapkan Jokowi dan Maruf Amin, Minggu, 20/10/2019.

Setelah pengucapan ikrar janji tersebut Joko Widodo dan Ma'ruf Amin resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia untuk periode  2019-2024,  yang berlangsung di Gedung MPR pada Minggu (20/10/2019).   Kemudian pasaangan tersebut dilantik sebagai presiden RI periode 2019-2024  dan tak lama kemudian  menandatangani berita acara pelantikan di saksikan sebanyak 10 pimpinan MPR.

Berikutnya, giliran Ketua MPR Bambang Soesatyo yang menandatangani berita acara pelantikan diikuti oleh  sembilan wakil ketua MPR turut  menandatangani berita acara pelantikan sebagai persyaratan pengesahan.   Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin tersebut menjadi presiden dan wapres terpilih setelah menang dalam Pemilihan Presiden atau Pilpres 2019 mengalahkan  pasangan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno yang merupakan pesaing mereka yang juga hadir dalam acara pelantikan ini. 

Setelah pelantikan menjadi  Presiden RI,
Jokowi menyampaikan pidato perdananya sebagai Presiden RI periode 2019-2024.  Jokowi mengawali pidatonya dengan menekankan mimpi bahwa Indonesia keluar dari jebakan pendapatan kelas menengah mestinya bisa terpenuhi dengan menyebut 2045 dengan PDB US$7 triliun, masuk lima besar ekonomi dunia, dan kemiskininan mendekati nol persen masuk akal dan sangat memungkinkan dicapai.   "  Namun semua itu tidak datang otomatis, tidak datang dengan mudah  ",  Ujar SiDin Jokowi sembari menyebutkan diperlukan kerja keras, kerja cepat, dan kerja bangsa yang produktif.

Mengembangkan cara-cara baru, nilai-nilai baru, tidak terjebak rutinitas monoton, menjadikan inovasi bukan hanya sebagai pengetahuan melainkan sebagai budaya adalah jalan yang harus ditempuh.   Selanjutnya Jokowi menegaskan bahwa kerja jangan lagi berorientasi pada proses melainkan pada hasil yang nyata.  Jokowi mengingatkan kepada para bahwa pemerintah bukan membuat perencanaan tapi membuat masyarakat merasakan hasilnya,  program terlaksana harus dirasakan nyata oleh rakyat   "  Yang utama bukan prosesnya tapi hasilnya  ",  Ujar SiDin Jokowi.

Pelantikan Joko Widodo (Jokowi) dan KH. Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI berlangsung mulai pukul 14.30 WIB,  Minggu (20/10/2019) di Kompleks DPR/MPR Senayan, Jakarta.   Sejumlah persiapan telah dilakukan termasuk pasukan  pengamanan oleh 32.000 personel gabungan dari TNI, Polri, dan aparat Pemprov DKI   yang bertugas di sekitar Gedung DPR/MPR tempat prosesi pelantikan berlangsung, di jalan-jalan ibukota Jukarta dan strategis lainnya.

Acara pelantikan Presiden 2019 ini dihadiri Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono.     Acara pelantikan juga dihadiri undangan dari negara sahabat. Sejumlah kepala negara atau kepala pemerintahan juga datang ke Indonesia untuk menghadiri pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin diantaranya Perdana menteri Singapura, Sultan Brunei,  Sultan Frans Sanga, dll.

Sejumlah kepala daerah juga terlihat  memasuki ruang rapat paripurna I di Gedung Nusantara tempat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih.  Beberapa yang sudah hadir adalah Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.

 
Dua mempelai diatas polamin,

Presiden-Wakil Presiden 2019-2024 RI Jokowi-Maruf Amin.

1 komentar:

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...