Rabu, 23 Oktober 2019

SEJARAH KOTA PONTIANAK YANG DIGADANG AKAN MENJADI KOTA IBU KOTA RI YANG BARU.

NusanTaRa.Com
byRaisALembuduT, 23/4/2019   



Belakangan ini santer diberitakan tentang tentang rencana pemindahan Ibu kota negara RI Jukarta, dengan alasan bahwa kota ini sudah penuh sesak dengan berbagai pembangunan dan penduduk.   Sehingga Presiden Jokowi, Para Menteri dan Pakar berlomba mengeluarkan pendapat tentang kota yang layak menjadi pengganti Jukarta diantaranya Makassar, Pare-pare dan Mamuju Saran Jusuf Kalla, dan Pontianak, Palangkaraya, Tanah Bumbu, Panajam, Buton dan Lampung.  

Pontianak sebuah kota yang terletak di muara sungai Kapuas Kalimantan Barat yang kini di gadang-gadang sebagai salah satu calon Ibukota Untuk Indonesia menggantikan Jukarta.   Meski terbilang tidak muda kota Pontianak  yang diperkirakan berdiri pada 23 oktober tahun 1771 dan sekarang akan berusia ke-248 tahun namun riwayat keadaan kota khatulistiwa ini belum banyak warga Indonesia yang mengenalnya lebih jauh.   

Bahkan, berbagai sumber pun seringkali memaparkan latar belakang yang cukup berbeda tentang kota ini.  Salah satunya berhubungan dengan sosok hantu perempuan yang ada karena meninggal saat melahirkan yang disebut setan  “ Kuntilanak “.

Berikut ini kami coba paparkan latar belakang yang kami temukan.  Kota Pontianak didirikan oleh Syarif Abdurrahman Alkadrie pada Rabu, 23 Oktober 1771 (14 Rajab 1185 H) yang ditandai dengan pembukaan hutan di persimpangan Sungai Landak, Sungai Kapuas Kecil, dan Sungai Kapuas Besar, kemudian diikuti dengan pertumbuhan berdirinya perkampungan dengan balai dan rumah tinggal.  

Kemudian, pada tahun 1778 (1192 H), Syarif diangkat menjadi Sultan Pontianak pertama. Berdirinya Masjid Jami', yang kini bernama Masjid Sultan Syarif Abdurrahman dan Istana Kadariah yang terletak di Kelurahan Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur menjadi penanda letak kekuasaannya.   Dalam buku " Borneos Wester Afdeling ",  V.J. Verth, seorang sejarawan Belanda menuliskan sejarah kota Pontianak yang isinya sedikit berbeda dengan cerita yang banyak beredar saat ini. 

 Menurut Verth, Belanda masuk ke Pontianak pada tahun 1194 Hijriah (1773 Masehi) dari Batavia dan  Syarif Abdurrahman merupakan putra ulama dari Syarif Hussein bin Ahmed Alqadrie, atau dalam versi lain dikenal sebagai Al Habib Husin kemudian  Syarif meninggalkan kerajaan Mempawah dan mulai hidup merantau.  Di Banjarmasin, Syarif menikah dengan adik sultan Banjar, Sunan Nata Alam dan dilantik sebagai Pangeran. Ia berhasil dalam kegiatan berdagang dan mengumpulkan modal yang cukup banyak untuk mempersenjatai kapal pelancang dan perahunya. 

Tidak lama setelah itu, ia memulai perlawanannya terhadap penjajahan Belanda. Dengan bantuan Sultan Pasir, Syarif berhasil membajak kapal Belanda yang berada di dekat Bangka serta kapal Inggris dan Perancis di Pelabuhan Pasir.   Kemudian Syarif menjadi orang yang berkecukupan dan mencoba untuk mendirikan permukiman di sebuah pulau di Sungai Kapuas.   Ia juga menemukan cabang dari Sungai Landak yang kemudian ia kembangkan menjadi pusat perdagangan yang makmur. Wilayah inilah yang kemudian dikenal dengan nama Pontianak.

Asal Usul Pontianak

Pontianak telah dikenal sebagai kota khatulistiwa yang dilalui garis lintang nol derajat bumi. Karena berada di posisi langka, maka dibangunlah sebuah monumen atau tugu khatulistiwa di Siantan.   Tidak hanya itu, kota yang memiliki luas wilayah 107,82 kilometer persegi ini juga menyimpan sebuah legenda yang berawal dari mitos mistis masa lalu.

Berdasarkan beberapa sumber, nama Pontianak bermula dari kisah Syarif yang sering diganggu oleh hantu berwujud kuntilanak saat dirinya sedang menyusuri Sungai Kapuas.   Dulunya tempat tersebut bernama Khun Tien yang banyak dihuni oleh etnis Tionghua di sepanjang pesisir Sungai Kapuas.

Ketika sampai di daerah pertemuan Sungai Kapuas Besar dan Sungai Landak, Syarif merasa sangat terganggu dengan kuntilanak, sehingga ia melepaskan tembakan meriam untuk mengusirnya. Sosok kuntilanak ini digambarkan berwujud perempuan dengan rambut panjang dan berbaju putih.

Selain cerita tersebut, sebagian masyarakat juga percaya bahwa asal usul Pontianak berasal dari legenda masyarakat Melayu dengan mengambil nama dari kata pohon-pohon punti, yang berarti pohon-pohon tinggi. Pada masa itu, wilayah Pontianak memang dikelilingi oleh pohon-pohon tinggi.

Hal ini diperkuat dengan bukti catatan sejarah, sebuah surat antara Husein bin Abdul Rahman Al-Aidrus (Rakyat Negeri Pontianak) kepada Sultan Syarief Yusuf Al-Kadrie.  Sedangkan lainnya mengatakan bahwa Pontianak berarti " pintu anak "  karena daerah tersebut menjadi gerbang pembatas antara Sungai Kapuas dan Sungai Landak.
dr NGI, NesaAlicia, 6mei2019
 
  
Buah Kepuyan buah Ketapi,

Kota Pontianak dipersimpangan Sungai Kapuas berdiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...