Senin, 11 September 2023

TAUR MATAN RUAK PM TIMOR LESTE HADIRI KTT KE-42 ASEAN DI LABUAN BAJO NTT

NusaNTaRa.Com

byRaisALembuduT,       R   a   b   u,    1   0       M    e    i       2   0   2   3   

Taur Matan Ruak PM Timor Leste menghadiri KTT ASEAN KE-42

Taur Matan Ruak Perdana Menteri Timor Leste,  hadir dalam acara puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Hotel Meruorah Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (10/5/2023).   Hadir pada pukul 08.15 Wita,  Setelah menuruni mobil, Taur Matan Ruak yang mengenakan jas hitam dan dasi merah tampak melayangkan senyum.   Kemudian, ia berjalan menyusuri karpet merah di halaman depan Hotel Meruorah  dan terlihat  Jokowi  sudah standby menyambut kedatangan para kepala negara pada pukul 08.00 Wita.

Setelah Taur Matan Ruak  menyambut jabatan tangan Presiden Joko Widodo,   keduanya menyunggingkan senyum masing-masing  kedua  akhirnya dipersilakan masuk ke dalam ruangan tempat KTT dilaksanakan.    Diketahui, tahun ini merupakan tahun pertama Timor Leste mengikuti KTT ASEAN usai diterima secara prinsip masuk menjadi anggota ke-11 ASEAN dalam KTT di Phnom Penh sekitar bulan November 2022,   namun  negara tersebut belum menjadi anggota penuh ASEAN karena  ada beberapa tahapan yang dilalui oleh Timor Leste sebelum resmi menjadi anggota penuh.

Konferensi Tingkat Tinggi ke-40 dan ke-41 Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara atau ASEAN,    Jumat (11/11/2022),   dalam pertemuan tersebut, ASEAN secara prinsip telah menyepakati untuk menerima Timor Leste sebagai anggota ke-11.  Kesepakatan tersebut tertuang dalam pernyataan ASEAN, yang dididirikan pada 1967 oleh lima negara (Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina), ASEAN dalam usianya yang lebih dari 55 tahun terus mengembangkan keanggotaannya. Timor Leste akan menjadi anggota ke-11 ASEAN.  Lima negara ASEAN lainnya adalah  Brunei Darussalam, Vietnam,  Laos,  Myanmar  dan Kamboja.

Taur Matan Ruak PM Timor Leste

Pembahasan guna penyempurnaan rancangan Peta Jalan bagi keanggotaan penuh Timor-Leste, dikatakan Teuku, masih terus berlangsung dalam ASEAN Coordinating Council Working Group on Timor-Leste (ACC-WGTL).   Terdapat beberapa kriteria yang masih harus dipenuhi Timor-Leste, di antaranya   penyesuaian aturan nasional terkait kesepakatan dan dokumen ASEAN, serta pembentukan misi diplomatik negara tersebut untuk ASEAN,    dalam penyiapan ini, Indonesia juga telah memberikan beberapa program bantuan peningkatan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) bagi Timor-Leste.

Sebelumnya, Presiden Jokowi sempat mengucapkan selamat datang kepada Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak, dalam pertemuan bilateral di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT),   Selasa   (09/05/2023).   Ucapan itu diberikan  karena  baru  untuk  pertama kalinya PM Timor Leste ke Indonesia untuk mengikuti KTT ASEAN,  sebagaimana  diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri Retno L. P. Marsudi dalam Konferensi pers pasca pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN, Selasa.

"  Dengan Perdana Menteri Timor Leste, Bapak Presiden menyampaikan tentunya ucapan selamat datang karena untuk pertama kalinya Timor Leste berpartisipasi dalam KTT ASEAN  ",  Ujar  SiGaluH  Retno L.P. Marsudi Menteri Luar Negeri   dalam Konferensi pers usai FMM di Labuan Bajo,  Selasa (09/05/2023).   Dalam kata  sambutan  Jokowi  hanya  diberikan  kepada Menteri Luar Negeri dan Kerja Sama Timor Leste, Adaljiza Magno  yang  memang  diketahui mengikuti pertemuan para menlu kemarin.

Sambutan hangat itu juga  diberikan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD dalam pertemuan Dewan Politik Keamanan ASEAN (ASEAN Political-Security Community), kemarin.   "  Kami juga menyambut partisipasi pertama Yang Mulia Adaljiza Magno, Menteri Luar Negeri dan Kerjasama Timor-Leste, di pertemuan APSC. Ibu, saya yakin partisipasi Timor-Leste akan memberikan kontribusi yang besar pembangunan komunitas ASEAN  ",    Tutur Mahfud di  dalam pertemuan itu.

 Sebagai informasi, KTT ASEAN untuk pertama kalinya dilakukan dua kali dalam setahun secara fisik.    KTT ke-42 akan dilakukan di Labuan Bajo, 10-11 Mei 2023. Sementara itu, KTT ke-43 akan diselenggarakan di Jakarta pada 5-7 September 2023.

Jokowi menyambut Taur Matan Ruak di KTT ASEAN ke-42
di Labuan Bajo  NTT

 KTT ASEAN Pertemuan para petinggi negara Asia Tenggara.

Taur Matan Ruak PM Timor Leste di KTT ASEAN ke-42  pertamanya.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...