Selasa, 12 September 2023

TAUFIK HIDAYAT DAN KHAKAM M, WISUDAWAN UNY SEPTEMBER 2023 YANG PRESTASIUS DENGAN IPK TINGGI DAN SEJUMLAH PRESTASI

NusaNTaRa.Com

byIndaHPalloranG,      J  u  m  a  t,    0   8     S  e  p  t  e  m  b  e  r     2   0   2   3

Rektor UNY Mewisuda wisudawan terbaik Septembaer 2023
Universitas   Negeri   Yogyakarta   ( UNY )     melaksanakan  wisuda   program  Doktor, Magister, Sarjana dan Sarjana Terapan periode Agustus di GOR UNY   yang  diselenggarakan pada  Sabtu dan  Ahad,  2-3 September 2023.     Dua wisudawan  periode kali ini   yang cukup prestasius   yaitu    Taufik Hidayat   sebagai  wisudawan  terbaik    S1   Teknologi  Pendidikan dengan  IPK  sebesar   3,96   dan   Khakam Ma'rup   merupakan  mahasiswa    Program Studi Pendidikan Teknik Mesin  Fakultas Teknik UNY yang diterima  melalui jalur seleksi mandiri Prestasi Unggul  karena selama kuliah  telah meraih lebih dari 170 penghargan.

Taufik Hidayat mahasiswa berprestasi Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi  menyelesaikan kuliahnya dalam waktu 3 tahun 10 bulan  dan  tercatat  aktif menjalankan berbagai organisasi di kampusnya, seperti Sekretaris Umum UKMF Penelitian Reality 2020-2021, Menteri Pendidikan, Prestasi dan Seni Budaya BEM KM UNY 2021 serta Menteri Riset dan Data BEM KM UNY 2022.  Setelah diterima di UNY  Khakam M mulai mengikuti organisasi penelitian dan aktif lomba  serta bergabung dengan organisasi penelitian Fakultas Teknik UKMF Penelitian Matriks,     Bergabung dengan organisasi yang berfokus pada penelitian ini membuat kemampuan pola pikir saya menjadi meningkat  ”,   Ujar SiDin Khakam M dengan Soppengernya (Jumawanya).

Khakam Ma'rup wisudawan UNY Pend Teknik Mesin 2023

BEM KM UNY 2021, Taufik H menginisiasi program Pengajar Jelajah Maya untuk mengajarkan softskill  para remaja di seluruh Indonesia.  Pemuda kelahiran Klaten tersebut memanfaatkan Zoom Meeting sebagai platform implementasi program dan di akhir program  menyelenggarakan kegiatan berbagi buku di SPS Mutiara Harapan.       Mengikuti organisasi membuat saya terus berkembang dan memberikan pengalaman terjun langsung di lapangan sehingga berdampak masif pada pengembangan hardskill dan softskill   ”,  Ujar SiDin  Taufik H sebagaimana dilansir dari laman resmi UNY.

Anak Temu Winardi dan Sri Mettu  Lestari  aktif  dalam berbagai kompetisi,   pernah meraih Juara 1 Lomba Opini Ormawa Cup FIPP UNY tahun 2020, Juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional perayaan Dies Natalis UNY ke-57 tahun 2021 dan dinobatkan  pemenang Poster Setara Perunggu pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS)  ke-34 tahun 2021 oleh Pusat Prestasi Nasional.    Taufik H pun bebas Kuliah Kerja Nyata dan Praktik Kependidikan karena mengikuti ekuivalensi dari Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) tahun 2021,     Pada tahun berikutnya, jiwa pengabdian saya semakin menggelora, tidak hanya untuk memberi makna, tapi juga membuat aksi nyata di tengah-tengah masyarakat  ”,   Ujar SiDin Taufik.

2022 Taufik H lolos  Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) sebagai Ketua dan menginisiasi berdirinya sekolah perempuan Srimardikan yang berlokasi di Kalurahan Srimartani, Piyungan, Bantul, DIY.    Semester 7, Taufik H ditunjuk  Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi sebagai delegasi Festival Kampus Merdeka dalam serangkaian Presidensi G20 Indonesia di Bali. Taufik menjadi salah satu representasi program yang diikutinya di  akademi Wirausaha Mahasiswa Merdeka Universitas Brawijaya.   Taufik H Penerima Beasiswa Bidikmisi  menyelesaikan penulisan skripsinya dalam waktu 3 bulan 20 hari. Ia mengembangkan psychosocial envelope yang merupakan media psikoedukasi untuk menurunkan ansietas remaja  dan dipamerkan dalam acara MIPA Expo   Dies Natalis UNY  ke-59  2023.

Khakam Ma'rup sebelumny  banyak meraih prestasi  namun perjalanan kuliahnya  tidaklah mudah,  warga Pedukuhan I, Cerme, Panjatan, Kulonprogo, setiap hari harus menempuh lebih dari 70 kilometer untuk mencapai kampus.   Selulus SMK  Khakam ingin berkerja terlebih dahulu namun taka da perusahan yang menerima lamarannya,      Kamu  nduu belum pantas bekerja masih seperti bocah, lanjut kuliah saja.  Apa kamu tidak ingin kuliah seperti saudaramu yang lain  ",  Ujar Ibunya Khakam M.   Khakam M mendaftar di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin melalui Seleksi Mandiri (SM) jalur Prestasi Unggul dan ia diterima kuliah di UNY melalui jalur tersebut.

Terkadang Khakam Ma'rup  mengikuti  lomba sebanyak dua hingga lima kali dalam sebulan. Bahkan, seringkali ia mendapat kritik dari orang lain. Namun, hal ini justru menjadi pendorong semangat Khakam M dalam meraih kejuaraan.   Khakam M hingga saat ini telah tercatat meraih  171 prestasi tingkat Nasional dan Internasional dam  jumlah ini telah membuat Khakam Ma'rup  menjadi Mahasiswa dengan jumlah prestasi terbanyak di Web Presma UNY (Prestasi Mahasiswa).   Prestasi  pertama Khakam M berawal  ajakan kakak tingkatnya dalam lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional di Universitas Siliwangi,  kala itu ia baru tiga minggu jadi mahasiswa baru dan langsung meraih juara ketiga.

Prestasi kedua Khakam M kala mendapat juara lomba karya tulis ilmiah di USU Medan  baginya sangat mengesankan karena lomba dilaksanakan secara langsung di USU bersaing dengan universitas bergengsi lainya dan  Khakam M pun  lolos dua kali pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari KemenRis Tek.   Kejuaraan lainnya yang pernah ia peroleh antara lain Penghargaan karya terbaik Lomba Esai International Youth Summit of Renewable Energy Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tahun 2021 dengan karya teknologi sistem Energy Hybrid, Kejuaraan tingkat internasional pernah dia ikuti yaitu International Paper Competition dengan memperoleh Gold Medal di bidang teknologi dan berbagai kejuaraan internasional karya ilmiah. Pada tahun 2022 Khakam Ma'rup menjadi juara 1 Seleksi Mahasiswa Berprestasi Fakultas Teknik UNY.

Khakam Ma.rup pria kelahiran Kulon Progo  memiliki 21 karya penelitian yang diterbitkan  14 jurnal nasional dan 7 jurnal internasional terindex Scopus.  Penelitian yang dilakukannya sangat menarik karena multidisiplin keilmuan dengan beragam topik riset yang berkaitan dengan bidang pendidikan, pertanian, perikanan, mesin, energi, aplikasi, teknologi dan bidang lainnya.   Capaian lain, yaitu 6 HKI (Hak Cipta, Desain Industri dan Paten) bidang teknologi tepat guna dan aplikasi.   Khakam M juga membimbingan   mahasiswa adik tingkatnya dalam karya ilmiah dan beasiswa dan  bimbingannya telah membantu lebih  80 mahasiswa meraih prestasi dalam berbagai kompetisi nasional, internasional  dan  tingkat mahasiswa.

Pengalaman dan kemampuannya di  bidang penelitian menjadikannya  mendapat  kesempatan dan tawaran bekerja di berbagai perusahaan bahkan sebelum ia lulus sarjana  dam Khakam Ma'rup  berkerja di berbagai perusahaan atau double jobs,  salah satunya di PT Riset Prestasi Indonesia dengan jabatan Profesional Research Mentor dan menjadi Project Manager bidang HKI.   Saat ini ia berkolaborasi penelitian dengan BUMN yaitu PT. Pertamina Patra Niaga dalam bidang pemberdayaan dan pengabdian masyarakat melalui program CSR dan aktip berwirausaha  di CV. Inanri Sukses Bersama.

Taufik Hidayat wisudawan UNY Teknologi Pendidikan  2023


Belajar - berkarya akan melahirkan sarjana berkwalitas.

Taufik dan Khakam wisudawan UNY 2023 yang prestasius.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...