Rabu, 20 September 2023

GRATIS, JAJAL KERETA CEPAT DIBUKA WARGA DKI-BANDUNG DAPAT MENCOBANYA

NusaNTaR.Com

byLaDollaHBantA,      M  i  n  g  g  u,    1   7     S  e  p  t  e  m  b  e  r     2   0   2   3 

Memeriksa kesiapan rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di Joint Workshop atau
Depo Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (17/5/2023).

Kereta Api Cepat Jakarta Bandung  yang ditargetkan  mulai beroperasi pada pertengahan Agustus 2023. Pada momen tersebut, Kereta Api Cepat pertama di Asia Tenggara ini mulai dapat digunakan untuk mengangkut penumpang sebagai hadiah Kemerdekaan ke-78  Indonesia.   Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti mengatakan, pada tahap awal Kereta Api Cepat Jakarta Bandung akan dilakukan soft launching. Nantinya masyarakat dapat mencoba layanan KCJB dengan tujuan untuk memperkenalkan moda transportasi dengan kecepatan hingga 350 km/jam ini.

"  Masyarakat nantinya bisa mencoba menggunakan layanan KCJB dari Halim ke Padalarang, termasuk di dalamnya mencoba integrasi KCJB dengan LRT Jabodebek yang menghubungkan Stasiun KCJB Halim ke semua Stasiun pelayanan LRT Jabodebek serta KA Feeder yang mengintegrasikan Stasiun KCJB Padalarang dengan Stasiun KAI Bandung dan Cimahi  ",   Ungkap SiDin Emir Monti dengan Ahmadernya (Manisnya),  Kamis   (08/06/2023) lalu.

Masa pengenalan operasional KCJB tersebut direncanakan akan diterapkan sampai  30  September 2023. Adapun terkait tata cara dan skema pendaftaran untuk masyarakat dapat menggunakan jasa KCJB dalam masa pengenalan operasional tersebut sedang dibahas dan akan segera diumumkan.  Pada masa pengenalan tersebut, stasiun yang akan melayani naik turun penumpang jumlahnya masih terbatas dan akan ditambah secara bertahap.    Selanjutnya pengoperasian KCJB akan dijalankan secara normal sesuai dengan regulasi dan ketentuan yang berlaku.

Rangkaian EMU/CIT Kereta Api Cepat Jakarta Bandung,  telah  melaksanakan tahapan Hot Sliding Test di jaringan Overhead Catenary System (OCS) KCJB pada Jumat (19/05/2023) dan rencananya dilanjutkan hari Sabtu (20/05/2023).  Selanjutnya pengoperasian KCJB akan dijalankan secara normal sesuai dengan regulasi dan ketentuan yang berlaku.   Emir Monti menambahkan, saat ini KCIC sedang berfokus pada Testing dan Commissioning KCJB menggunakan CIT atau Kereta Inspeksi.

Saat ini  KCIC membuka pendaftaran uji coba operasional kereta api cepat (KA Cepat) gratis untuk masyarakat umum.   Dalam keterangan resmi KCIC yang dikutip Minggu (17/9/2023), masyarakat yang ingin mengikuti uji coba KA Cepat gratis bisa langsung mendaftar hari ini  dengan  pendaftaran dilakukan secara bertahap dengan ketentuan sebagai berikut  :   Pendaftaran akan dibuka secara bertahap, dengan ketentuan sebagai berikut   :

1. Pendaftaran tahap 1 dibuka mulai Minggu 17 September 2023 untuk jadwal keberangkata tanggal 18 s.d 24 September 2023.   2. Pendaftaran tahap 2 dibuka pada 24 September untuk keberangkatan tanggal 25 s.d 30 September 2023.   3. Setelah melakukan pendaftaran, calon penumpang akan mendapatkan email sebagai bukti pendaftaran.   4. Satu pendaftar dapat melakukan pemesanan untuk maksimal 2 penumpang.

5. Satu NIK hanya dapat melakukan pemesanan 1 kali selama masa uji coba.   6. Pemesan wajib mengisi data diri dan memilih jadwal keberangkatan serta menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku.   7. Perjalanan berlaku pulang pergi dan wajib mengikuti sesuai jadwal KA.   8. Pada hari H perjalanan, calon penumpang wajib melakukan verifikasi kepada petugas KCIC dengan menunjukkan bukti pendaftaran dan kartu identitas.

Kegiatan uji coba KA Cepat tidak berbayar bersama penumpang ini akan dilakukan hingga 30 September 2023 dengan kuota terbatas yakni 500 tempat duduk untuk setiap perjalanan KA Cepat.   Selama masa uji coba terbatas KA Cepat dengan penumpang berlangsung, setiap harinya KCIC menyediakan 4 jadwal perjalanan pulang pergi (PP) sehingga total terdapat 8 perjalanan KA yang beroperasi setiap harinya selama masa uji coba yang akan berlangsung hingga 30 September 2023.   Dari empat jadwal tersebut dua diantaranya merupakan keberangkatan Stasiun Halim dan dua lainnya keberangkatan Stasiun Tegalluar dengan waktu keberangkatan sebagai berikut:

1. Relasi Stasiun Halim - Tegalluar PP  :  Pukul 09.00 WIb dan 14.00 WIB

2. Relasi Stasiun Tegalluar - Halim PP  :  Pukul 09.00 WIB dan 14.00 WIB

"   Untuk memastikan keselamatan penumpang, masyarakat yang ada dalam manifes perjalanan dilindungi oleh asuransi perjalanan. Karena itu penting bagi calon penumpang untuk mengisi data diri dengan baik dan benar ketika melakukan pendaftaran   ",   Cakap KCIC.    Calon penumpang diimbau agar memperhatikan jadwal KA Cepat yang dipilih dan datang selambatnya satu jam sebelum jadwal keberangkatan untuk menghindari antrean pada saat proses verifikasi data calon penumpang dilakukan.

Bagi calon penumpang yang ingin menuju Stasiun KA Cepat Halim dapat melalui akses jalan DI Panjaitan yang telah dibuka untuk umum.   Sementara itu, untuk masyarakat yang berada di area Bandung, KCIC bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memudahkan masyarakat menjangkau Stasiun Tegalluar. Bersama dengan Damri, KCIC menyediakan 8 armada shuttle yang bisa digunakan masyarakat untuk menuju Stasiun Tegalluar dengan titik keberangkatan Pool Damri Soekarno-Hatta.

Selain Damri, kerja sama juga dilakukan dengan Summarecon yang menyediakan 4 unit medium bus hasil kerja sama dengan Blue Bird dengan titik keberangkatan Mall Summarecon. Kehadiran shuttle ini merupakan salah satu bagian dari integrasi antar moda yang juga akan diterapkan saat KA Cepat sudah beroperasi penuh.   Selain menggunakan shuttle, untuk kendaraan yang akan menuju Stasiun Tegalluar juga dapat melalui exit tol KM 149 arah Cileunyi yang beroperasi mulai pukul 07.00 s.d 17.00 WIB.

Rangkaian EMU/CIT Kereta Api Cepat Jakarta Bandung,  tahapan Hot Sliding Test
di jaringan Overhead Catenary System (OCS) KCJB pada Jumat (19/05/2023)

 

Kereta Cepat Jakarta Bandung proyek Nasional  akan dibuka.

Kereta Cepat JB akan uji coba gratis bagi pengguna.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PARI GERGAJI GIGI KECIL DAPAT SURVIVE DENGAN BAWAAN PARTHENOGENESIS BILA TERTEKAN

NusaNTaRa.Com byIrkaBPiranhA,         S     e    n    i     n,        0    6      M    e    i      2    0    2    4   Pari Gergaji Gigi Ke...