Senin, 11 September 2023

BAWANG DAYAK TANAMAN OBAT TRADISIONAL SUKU DAYAK KALIMANTAN YANG MUDAH UNTUK DIBUDIDAYAKAN

NusaNTaRa.Com

byKariTaLa  L A,  S  e  n  i  n,    1 1    S  e  p  t  e  m  b  e  r    2  0  2  3

Bawang Dayak  (Eleutherina bulbosa sp)

  Meskipun berasal dari Indonesia, khasiat bawang dayak masih jarang diketahui seluruh masyarakat. Padahal bawang dayak memiliki khasiat untuk membantu menurunkan tekanan darah hingga mencegah diabetes  ”,  Ujar SiDin dr. Fadhli Rizal Makarim dengan Plabomoranya (hebatnya)  - 24 Oktober 2022.   Menurut buku  " Bawang Dayak (Tiwai) Sebagai Pangan Fungsional ", by Bernatal Saragih terbitan Deepublish, bawang dayak mempunyai berbagai sebutan di berbagai kawasan di Indonesia.

Bawang Dayak atau Bawang Tiwai dengan nama ilmiah  Eleutherina bulbosa sp  tanaman  tropik yang banyak ditemukan di hutan dan di tanam  Indonesia, tepatnya di Kalimantan.   Bawang ini disebut bawang tiwai di Kutai, brambang sambrang atau bawang sabrang di Pulau Jawa  dan  simarbawang-bawang di Simalungun.   Meskipun termasuk tanaman asli Indonesia, tapi khasiat bawang dayak belum banyak dikenal,  Bawang dayak dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena mengandung senyawa alisin yang bisa menurunkan tekanan darah  serta memiliki sifat antibakteri yang  dapat dimanfaatkan untuk mencegah penyakit akibat infeksi bakteri.

Bentuk bawang dayak seperti bawang merah tetapi lebih besar dan lebih kerucut dimana umbi (buah) terdiri dari lapisan isi atau kulit berwarna merah  berada di dalam tanah.  Daun yang keluar dari  bawang dayak lebih panjang, melebar dan berserat,  umbi/buah yang layak konsumsi kira-kira tiga sentimeter dengan diameter satu sampai dua sentimeter dengan  rasa bawang dayak pahit dan baunya tidak enak.

Hingga saat ini, bawang dayak telah dimanfaat oleh masyarakat suku Dayak untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit,  contohnya penyakit darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes  dan stroke. Bagian utama bawang dayak yang banyak dimanfaatkan adalah umbinya yang berwarna merah.

Pertumbuhan bawang dayak memerlukan sinar matahari secara langsung agar anakan atau umbinya banyak. Umbi bawang dayak dapat dikonsumsi setelah berusia enam bulan.   Bawang dayak dapat tumbuh dengan maksimal di daerah pegunungan dengan ketinggian antara 600 sampai 1.500 meter di atas permukaan laut.   Dapat tumbuh disekitar perkebunan teh, kina, dan karet,  di tempat terbuka dengan tanah kaya humus dan cukup lembab bakal mendukung pertumbuhan bawang dayak.

Bawang dayak mengandung flavonoid, polifenol, dan alkaloid. Bawang ini mempunyai kadar air 62,31 persen, kadar abu 6,2 persen, dan vitamin C 16,1 mg/100 gram.   Flavonoid merupakan senyawa kimia yang mengandung beberapa golongan senyawa, salah satunya antosianin  yaitu  senyawa antioksidan yang dapat mencegah dan menanggulangi penyakit degeneratif seperti jantung koroner dan kanker.   Bawang dayak juga mengandung alisin yang dapat digunakan sebagai obat hipertensi dan diabetes dan  bermanfaat mengurangi penyakit lain seperti asam urat, rematik, gangguan pencernaan, dan bisul.

Bawang dayak yang memiliki nama ilmiah Eleutherine bulbosa merupakan salah satu yang tumbuh di seluruh hutan di Pulau Kalimantan, khususnya Kalimantan Barat, Indonesia. Meskipun berasal dari Indonesia, tapi khasiat bawang dayak belum banyak dikenal oleh seluruh masyarakat.   Padahal, tanaman herbal ini memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Bawang yang berwarna merah ini memiliki kandungan kimia yang dibutuhkan tubuh, yaitu  :   Alkaloid, Steroid, Glikosida,  Flavonoid,  Fenolik, Tanin  dam  Saponin.

Manfaat bawang dayak bagi manusia sangat banyak  diantaranya  :   menurunkan tekanan darah tinggi dengan senyawa alisinnya,  mencegah infeksi bakteri dengan kandung Etanol,  mencegah diabetes dengan kandungan Eleutherol dan Eleuthocide, melawan radikal bebas dengan kandungan triterpenoid, polifenol  dan flavonoid,  menguatkan kesehatan tulang dengan ekstrak Etanol,  mempertahankan  kolesterol normal karena eleutherinol nya, 

Bawang Dayak mudah dibudidayakan


Tekanan darah tinggi sembuhkan dengan Bawang Dayak.

Bawang Dayak tanaman Obat khas suku dayak.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...